Soloensis

Mengenal Apa itu Backlink dan Cara Mendapatkannya

What-is-Backlink-5392cc5a

Saat Anda berpikir tentang pengoptimalan mesin telusur (SEO), penting untuk melihat semua aspek yang menyusun strategi yang berhasil, konten, kata kunci, tag meta, dan backlink. Meskipun kedengarannya mudah, backlink sangat penting untuk SEO.

Apa itu Backlink

Backlink, juga dikenal sebagai tautan masuk atau tautan satu arah hanyalah tautan yang mengarah ke situs web Anda dari situs web lain. Bagian terbaik dari backlink adalah mereka membantu mempromosikan blog atau situs Anda hanya dengan menjadi hyperlink ke Anda dari sumber lain. Cukup mudah, bukan? Yah, tidak secepat itu. Dalam hal backlink, kualitas itu penting.

Backlink dan SEO

Backlink memengaruhi SEO Anda dan peringkat SERP (halaman hasil mesin pencari) Anda. Mesin pencari menggunakan algoritme untuk mengumpulkan informasi dan memberi peringkat halaman, dan mereka menggunakan bot dan spider untuk merayapi situs Anda untuk konten dan backlink.

Mesin pencari mengumpulkan volume dan relevansi semua halaman yang terhubung ke situs Anda yang memengaruhi peringkat halaman Anda. Jadi semakin baik backlink, semakin baik SERP Anda.

Backlink Tertinggi dan Terendah

Saat seseorang melakukan pencarian di Google, misalnya, mesin pencari menggunakan peringkatnya untuk memberikan hasil terbaik. Ketika datang ke backlink, Anda menginginkan tautan dari halaman berperingkat tinggi sebagai lawan dari situs berperingkat rendah. Anggap saja seperti referensi: Anda menginginkan referensi dari sumber yang dihormati, bukan karakter yang dipertanyakan karena itu memengaruhi persepsi Anda.

“Backlink berkualitas adalah tautan yang mengarah ke situs web Anda dari situs web lain dengan otoritas halaman lebih tinggi daripada situs Anda saat ini. Untuk tujuan SEO, tidak ada bedanya (dan benar-benar dapat merugikan Anda) jika situs yang terhubung ke Anda semuanya adalah situs kecil dengan peringkat halaman rendah.”

Cara Mendapatkan Backlink yang Tepat

Karena ada berbagai jenis backlink dan berbagai cara untuk mendapatkannya, penting untuk memiliki rencana. Memperoleh backlink tidak memerlukan keterampilan teknis apa pun, ini lebih tentang membangun jaringan dan hubungan.

Cara terbaik untuk mendapatkan backlink organik adalah melalui konten berkualitas karena situs lain hanya akan menautkan ke Anda jika Anda memberi mereka alasan kuat untuk itu. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan peluang Anda:

  • Tulis artikel, siaran pers, studi kasus, posting blog, dan konten lain yang dapat dibagikan. Jangan lupakan infografik—backlink juga bisa dari gambar!
  • Secara teratur tambahkan konten blog baru dan posting tamu di blog lain.
  • Tetap aktif di media sosial dan selalu tautkan kembali ke konten yang relevan di situs Anda.
  • Manfaatkan direktori pencarian dan situs direktori berkualitas
  • Permudah orang untuk membagikan apa yang Anda buat dengan alat dan tautan berbagi sosial.
  • Gunakan layanan backlink. Saat ini, sudah banyak jasa backlink yang bisa kamu manfaatkan untuk menggaet banyak backlink berkualitas dengan mudah.

Salah satu elemen mendapatkan backlink yang sangat penting—jangan gunakan teknik topi hitam atau taktik tidak pantas lainnya untuk mendapatkannya. Para ahli setuju bahwa lebih baik membangunnya dengan mantap dari waktu ke waktu, daripada mendapatkan 100 dalam semalam dengan membelinya. Jenis skenario ini hampir selalu ditandai oleh Google dan mesin telusur lainnya, yang akan merusak reputasi Anda dan dapat membuat Anda diblokir.

Itu selalu merupakan praktik yang baik untuk mendapatkan backlink secara bertahap ke situs web Anda daripada mendapatkan seribu sekaligus. Ini membantu Anda untuk akhirnya membangun kepercayaan di antara mesin pencari dan membantu peringkat situs web Anda yang lebih baik di SERP.” (Bloggerstack).

Backlink adalah salah satu elemen terpenting dari persamaan SEO. Jangan lupa untuk memperhitungkannya ketika ingin meningkatkan peringkat Anda dan meningkatkan keunggulan Anda.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment