Soloensis

KEUNIKAN PENJUAL JAMU TRADISIONAL DI PASAR MANGU

Boyolali_  Pasar Mangu adalah  sebuah pasar tradisional  yang terletak  di Keluharan Ngesrep  , Kecamatan Ngemplak  , Kabupaten Boyolali. Dalam pengamatan saya ternyata pasar mangu beroprasi hampir 24 jam. mayoritas di pagi hari para pedagang menjual sayur mayur, siang sampai sore para pedagang mayoritas menjual jajan pasar seperti gorengan, gethuk, pukis, dll. dan pada malam khusus untuk pemasok sayuran yang akan dijual pada pagi harinya oleh pedagang sayur biasanya harga sayuran lebih murah di malam hari.

 

Pasar Mangu ini salah satu pasar yang letaknya dekat dengan  Bandar Udara lnternasional  Adi Soemarmo  Boyolali.  Di dalam  pasar  ini para pedagangnya   menjual  seperti halnya kulineran  pasar seperti jajanan  pasar,   sayur mayur, daging sapi ,  daging ayam ,   bumbu – bumbu •  buah – buahan   tahu ,  tempe •  jamu dan masih banyak lainnya  seperti  pasar tradisional  lainnya.  Nah  disini  saya akan membahas tentang Jamu

 

Tradisional  mbah sukarto yang sudah 20 tahun  berjualan di  pasar mangu tepatnya  di  sebelah masjid mangu.   Mbah sukarto setiap harinya  berjualan  dari subuh sampai jam 12 siang.  Beliau menjual  bermacam  macam jamu tradisional   seperti jamu untuk pegel  linu,  jamu untuk melancarakan  peredaran darah,  jamu rapet, jamu kunir asem dll. Untuk membeli  jamu mbah sukarto kita cukup membayar 3rb samapi 5rb saja, dan ada yang unik,  sebelum  meminum jamu mbah sukarto  akan memijat  tangan kita dan membacakan  doa untuk  setiap pembeli jamu tersebut. Ada salah  satu warga sekitar yang menjadi  pelanggan jamunya  mbah sukarto  ” saya setiap  hari mbk  beli jamunya  mbah  sukarto, saya membeli  jamu kunir asem untuk  membantu menghilangkan   bau keringat, menghilangkan  pegel  linu. Jamunya  mbah sukarto  ini memang menjadi langganan  bagi  ibu  ibu disini  mbk ” kata bu Rini.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment