Soloensis

6 Makanan Ini Haram Buat Penderita Asam Urat, Ini Alasannya

asam-urat-dan-nyeri-kaki_169

Jakarta, Indonesia – Beberapa orang memasuki usia tua cenderung mengidap penyakit asam urat. Asam urat atau gout adalah zat sisa yang tubuh hasilkan saat mencerna makanan tertentu. Jika kadar asam urat naik dan membentuk kristal, maka akan membuat penderitanya merasa sakit.

Biasanya, gejala yang muncul berupa nyeri tiba-tiba dan pembengkakan pada persendian. Kondisi ini umumnya mempengaruhi area seperti jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit.

Adapun pemicu asam urat naik adalah konsumsi makanan yang kaya akan purin. Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan pantangan yang dilarang bagi pengidap asam urat.

Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab asam urat yang perlu dihindari:

1. Roti

Karbohidrat olahan seperti roti putih, kue kering, dan kue dapat membuat gula darah Anda melonjak dan tidak bagus untuk asam urat.

2. Madu

Madu mengandung fruktosa tinggi, pemanis alami yang melepaskan purin saat terurai di tubuh Anda. Batasi minuman atau makanan yang mengandung fruktosa seminimal mungkin untuk menghentikan atau mengurangi serangan asam urat.

3. Alkohol

Minuman beralkohol, terutama bir, juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain mengandung banyak purin, bir juga memperlambat membuat proses pembuangan asam urat melalui urine.

Bir meningkatkan asam urat sebesar 6,5%. Bahkan bir non alkohol menaikkannya sebesar 4,4%.

4. Makanan Laut

Penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut yang mengandung banyak purin, seperti kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, atau kepiting. Konsumsi seafood berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat dan memperburuk gejala asam urat.

Jika ingin mengkonsumsi makanan laut yang kaya akan nutrisi tetapi rendah purin, belut laut atau ikan gindara bisa menjadi pilihan yang tepat.

5. Jeroan

hoki303 Jeroan seperti hati dan lidah tinggi akan purin, senyawa yang cenderung diubah tubuh Anda menjadi asam urat. Hindari ini dari diet Anda.

6. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memang tinggi protein. Namun, daging-daging ini tergolong sebagai makanan penyebab asam urat karena kadar purinnya yang tinggi mpo138.

 

Jika ingin menjaga kadar asam urat darah, Anda bisa mengganti daging merah dengan daging ayam atau sumber protein nabati, agen777 seperti kacang kedelai yang dapat ditemukan pada tempe dan tahu.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment