Soloensis

Ide 10 Bisnis Kuliner Terbaik dengan Modal Minim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Makanan merupakan kebutuhan utama setiap harinya. Hal itulah yang menjadi alasan banyak orang untuk menjadikanya sebagai peluang usaha dalam rangka meraup keuntungan. Ada ide 10 bisnis kuliner terbaik  yang cukup menjanjikan.

Maraknya Bisnis Kuliner

Saat ini, berbagai macam bisnis kuliner semakin menjamur saja. Sebagian kalangan mulai berlomba-lomba mencari peruntungan melalui usaha tersebut. Tidak sedikit di antara mereka yang menjadi sukses dan membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain.

Beberapa bisnis kuliner yang banyak ditekuni masyarakat mulai dari bentuk gerobak, food court, warung tepi jalan, angkrigan hingga restoran tempat nongkrong hits di kota-kota besar. Di dalamnya disajikan bermacam-macam seperti minuman, camilan ringan sampai hidangan utama. 

Berbagai macam ide bisnis kuliner terbaik bisa Anda jalani dengan membuat inovasi menu baru di tempat-tempat menarik. Namun, pemasaran juga menentukan kesuksesan dari sebuah peluang usaha. Di sisi lain, berikan harga terbaik untuk konsumen (jangan terlalu mahal).

Bisnis Kuliner Terbaik Tahun 2020

Berikut ini akan diberikan referensi mengenai jenis usaha kuliner, terutama bagi Anda yang masih tahap pemula. Ini dilakukan agar mendapatkan inspirasi cemerlang dan dapat dikembangkan. Seperti:

1. Kedai Bubur dan Es Kacang Hijau

Sebagian besar orang di Indonesia suka makan bubur dan es kacang hijau, sehingga hal tersebut menjadi salah satu hidangan favorit keluarga. Selain kandungan gizi yang komplit dan tinggi, proses membuatnya juga terbilang mudah. Nah, kesempatan ini bisa Anda gunakan sebagai ajang bisnis.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis hanyalah sekitar Rp.1.000.000,- saja. Ini digunakan untuk membeli bahan, panci serta mangkok pembeli. Bubur kacang hijau ini dapat dijual di sekitar kampus, sekolah, pabrik, depan rumah atau berjualan di pinggir jalan.

2. Bisnis Roti Bakar

Saat ini, sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar dan terbukti sudah laku keras di pasaran.  Usaha ini dapat Anda lakukan dengan bermodalkan uang Rp.2.000.000,- untuk mempeli kompor, gerobak, pemanggangan roti serta bahan-bahanya.

Jika Anda tidak mau repot berjualan roti bakar hingga jauh, lakukan saja di depan rumah supaya lebih efektif serta efisien. Buatlah inovasi menarik yang unik dan berbeda dari penjual lainya. Sehingga, usaha tersebut akan lebih dilirik oleh pembeli.

3. Bisnis Jus Buah Kekinian

Siapa sih yang tidak suka dengan jus buah atau sayuran, apalagi ketika cuaca sedang panas. Untuk membuatnya, tidak harus memiliki keterampilan tertentu dan semua orang pasti bisa. Yang terpenting yaitu, menjaga kebersihan serta cita rasanya.

Untuk menghasilkan jus yang nikmat, Anda bisa melihat berbagai resep yang sudah tersedia di internet. Modal untuk memulai bisnis ini cukup Rp.1.000.000,- saja, guna membeli bahan dan perlengkapan seperti blender, buah, es batu serta gula. Cukup murah, bukan?

4. Bisnis Lapak Gorengan

Membuat gorengan sangatlah mudah, karena hanya memerlukan bumbu yang sederhana saja. Anda  jangan menganggap remeh usaha yang satu ini, sebab keuntungannya juga menjanjikan walaupun modal bisnisnya sangat kecil. Sekitar Rp.500.000,- saja.

Meskipun makanan yang satu ini dianggap kurang sehat, tapi penikmatnya masih cukup banyak. Sehingga, Anda tak perlu khawatir ketika gorengan tidak laku. Untuk menjajakan, biasanya pada waktu sore hari sampai malam hari.

5. Membuka Kedai Aneka Pepes

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis makanan tradisional, dan saat ini masih kebingungan dalam menentukan jenisnya, maka pepes dirasa menjadi alternatif yang tepat. Kuliner satu ini memang cukup kuno, tetapi peikmatnya masih sangat membludak mulai kalangan muda hingga orang dewasa.

Untuk memulai bisnisnya, pertamakali Anda hanya perlu menyediakan modal sebesar Rp.500.000,- saja. Ini untuk membeli bahan seperti kelapa, cabe, udang, tahu, ayam serta keperluan lainya. Terkait dengan tempatnya, bisa dijajakan di depan rumah atau dititipkan terlebih dahulu (warung terdekat).

6. Usaha Nasi Kuning dan Tumpeng

Nasi kuning memiliki rasa yang khas dan meningkatkan selera sarapan di pagi hari. Kita bisa perhatikan makanan satu ini, hanya beberapa jam saja pasti sudah ludes. Nah, sepertinya hal tersebut cocok bila dijadikan sebagai ladang bisnis berprospek dengan modal hanya sekitar Rp.500.000 saja.

Salah satu ide bisnis ini sangat cocok buat yang mau mengawali sebuah usaha kuliner tanpa takut rugi. Untuk menjajakanya, gunakan waktu pagi hari sekitar pukul setengah 6 sampai 8. Ini karena, saat tersebut banyak orang ingin sarapan.

Selanjutnya, tumpeng juga berpeluang besar untuk meraup keuntungan, sebab makanan ini sering digunakan untuk acara-acara seperti tasyakuran, ulang tahun, kenduri dan lain sebagainya. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu memiliki keterampilan menghias yang unik.

7. Bisnis Minuman Dingin

Usaha satu ini cocok dijalankan di mana saja, karena siang hari sudah pasti panas (kecuali pas musim hujan). Namun, Anda harus berjualan minuman dingin kekinian seperti es krim, es buah, es cokelat, susu racik dan lain sebagainya.

Modal yang diperlukan dalam memulai bisnis ini hanya sekitar Rp.2.000.000,- saja. Untuk membeli blender, cup es, bahan serta gerobaknya. Kualitas harus tetap dijaga, jangan sampai menggunakan bahan-bahan tidak sehat (menimbulkan penyakit bagi pembeli).

8. Bisnis Makanan Sehat

Jenis usaha satu ini sudah mulai digeluti, ini karena tingkat kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meningkat. Kita bisa memulai usaha makanan sehat seperti masakan organik dan tanpa bumbu penyedap (penyebab munculnya bibit penyakit).

Meskipun bisnis ini tidak sebanyak penikmat gorengan, bisa jadi akan memiliki pelanggan setia karena mereka punya komitmen untuk mengkonsumsi makanan alami setiap hari. Modalnya untuk memulai usaha ini sebesar Rp.500.000,-.

9. Bisnis Minuman Kopi

Sejak dahulu, masyarakat Indonesia identik minuman bernama kopi. Hal ini menjadi kesempatan untuk dijadikan sebuah peluang bisnis, sasaran utama anak muda di desa maupun perkotaan. Namun, tidak jarang juga orang dewasa yang ikut nongkrong di warung kopi.

Bisnis ini biasanya dibuka pada malam hari. Untuk memulainya sediakan modal sebesar Rp.2.500.000,- guna membeli bahan, bangku serta pemasangan WiFi. Langkah ini dilakukan agar tempat tersebut semakin banyak dikunjungi kopi mania.

10. Bisnis Makanan Ringan

Wanita mana yang tidak mempunyai hobi ngemil, pasti kebanyakan dari mereka gemar melakukan aktivitas tersebut. Dari sini Anda bisa melihat peluang emas bisnis dan memulai dengan menjual makanan ringan.

Bisnis ini, bisa berupa makaroni, kacang, krupuk atau keripik dengan aneka rasa. Terkait pemasarannya, Anda dapat mempromosikanya melalui media online atau dijual secara langsung di pinggir jalan. Soal modalnya, jangan khawatir karena Rp.1.000.000,- saja sudah bisa digunakan untuk berjualan.

Dari jenis-jenis usaha makanan dari berita jateng hari ini di atas, pilihlah yang sesuai dengan minat Anda. Namun, kebanyakan orang merasa malu untuk mengawali bisnis tersebut. Hilangkan rasa itu, dan mulailah menjalankan ide 10 bisnis kuliner terbaik.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment