Soloensis

Membangun Sikap Toleransi untuk Menghadapi Keragaman di Indonesia

hand-drawn-philippine-people-with-traditional-clothing_23-2149407098
Sumber: Freepik

Di Indonesia toleransi menjadi penting. Ini karena bangsa Indonesia memiliki cukup banyak suku, ras, dan agama. Perbedaan tersebut tentu memberi pembawaan bagi setiap individu di negeri tercinta ini. Namun perbedaan tersebut juga bukan menjadi kendala dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Karena para bapak bangsa dan pahlawan sudah banyak memberi contoh tentang budaya toleransi.

Contoh nyata adalah pada masa mempertahankan kemerdekaan semua pasukan yang berasal dari berbagai elemen pejuang, laskar, dan masyarakat bahu membahu dalam mempertahankan kemerdekaan. Contoh Pengalaman Pribadi saya mempunyai soudara yang beragama krosten dan pada hari natal saoudra saya merayakan hari besar natal dan saya mengucapkan kepada soudara saya. Toleransi yang saya lakukan adalah toleransi secara berkomunikasi antara unat non islam dan umat muslim.

Dalam perjuangan diplomasi pun presiden pertama IndonesianSoekarno selalu berunding dengan berbagai tokoh dalam kabinet pemerintahannya, yang tentu berasal dari banyak suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

 

Nama              : Monica Octa Sismey Maharani

Sekolah           : SMPN 5 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment