Soloensis

Keberagaman dan Toleransi

flat-peace-day-background-with-children_23-2148255510
Sumber: Freepik

Toleransi adalah sikap yang diterapkan saat hidup dalam kebeberagaman.Toleransi memungkinkan setiap orang hidup berdampingan dan damai. Dengan toleransi,masyarakat dapat menjalani hidup tenang dan tentram. Toleransi adalah dasar untuk menciptakan kedamaian.tanpa toleransi,akan terjadi konflik,peperangan dan perpecahan antar bangsa dan masyarakat.Toleransi harus diajarkan dari kecil baik dirumah maupun disekolah agar anak dapat menghargai orang lain.

Toleransi harus dimiliki semua warga karena indonesia memiliki keyakinan dan budaya yang beragam.Manfaat toleransi adalah membangun masyarakat yang terhindar dari kebencian,perpecahan dan konflik. Secara etimalogi, toleransi berasal dari bahasa latin yakni,’tolerance’ yang artinya menahan diri. Secara terminologi toleransi adalah sebuah sikap saling menghargai,menghormati,membiarkan pendapat,pandangan,kepercayaan kepada antar manusia yang bertentangan dengan diri sendiri.

Toleransi juga dimaknai dengan kemampuan seseorang bersabar dan menahan diri  dari hal-hal yang berbeda pendapat atau tidak sejalan dengan dirinya.Salah satu bentuk toleransi adalah dengan menghargai,menghormati,perbedaan pendapat,budaya dan ras dari kelompok atau seseorang .Dengan toleransi,diskriminasi dapat dihindari.

Toleransi tidak hanya menciptakan kedamaian. Dengan toleransi kita dapat membuka pikiran seseorang  terhadap cara berpikir lain dan membantu menggembangkan pribadi yang baik. Agar rasa ingin tahu dan kesiapan untuk mempelajari dunua baru,ide dan cara membantu orang lain agar menjadi lebih toleran.

Toleransi bisa menunjukkan seberapa besar rasa nasionalisme seseorang.orang dengan toleransi yang tinggi,biasanya lebih cinta tanah air. Dikarenakan dia menyadari indonesia memiliki keberagaman yang banyak.

Setiap orang yang memiliki rasa toleran dapat menahan diri dari memaksakan pendapat pribadi dari orang lain membuat rasa damai dan tenang dari permusuhan. Cerita dari pengalaman saya, saya memiliki teman yang berbeda agama saya muslim sementara ada beberapa teman saya yang non muslim walaupun berbeda kepercayaan semisalnya ada teman yang non muslim bertanya kami juga akan mejawab dengan senang hati begitu bula sebaliknya kami saling tolong menolong walaupun berbeda kepercayaan kami juga berteman tanpa membeda bedakan.

Menurut pendapat saya                                                                                                                           walaupun kita berbeda kepercayaan agama dan ras kita masih dapat saling berteman dengan adanya perbedaan kita juga bisa belajar budaya lain dengan begitu kita dapat saling menghargai dan mengormati seperti yang saya ceritakan dari pengalaman saya perbedaan tidak akan menghalangi kita untuk saling membantu dan saling tolong menolong.

 

Nama              : Bahtiar al mu’min

Sekolah           : SMPN 5 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment