Soloensis

Jumlah Kipas yang Anda Butuhkan di PC Anda

images (27)

Anda akan menghabiskan banyak uang untuk membangun PC yang semurna, dan Anda juga tidak ingin bagian-bagiannya rusak karena suhu panas yang berlebih. Anda mungkin menyukai RGB dan memamerkan kipas Anda. Pertanyaannya terbesarnya adalah, berapa banyak kipas yang harus dibeli? 

Berapa Banyak Kipas yang Anda Butuhkan di PC?

Idealnya, Anda memerlukan satu kipas buang pada bagian belakang dan dua kipas agar bisa masuk di bagian depan casing untuk menciptakan aliran udara yang sempurna. Pasang dua kipas masuk di slot atas dan bawah (yaitu, biarkan slot tengah kosong) untuk memaksimalkan aliran udara ke CPU, GPU, dan chipset motherboard Anda. Minimal, Anda harus memasang satu kipas angin di bagian belakang untuk menarik panas dari casing dan kipas masuk di bagian depan untuk menarik udara dingin masuk.

Bukan ide baik untuk menyertakan kipas karena tidak menghasilkan aliran udara yang cukup untuk mengeluarkan panas. Kombinasi terburuknya adalah memiliki 3 kipas masuk di depan karena panas CPU tidak dapat keluar dari casing. Jika hanya memiliki 1 kipas, meletakkannya di depan casing akan lebih efektif, sedangkan meletakkannya di belakang akan mendinginkan CPU lebih efektif. Anda juga dapat menempatkan 1 kipas di slot atas casing jika mencari jalan tengah untuk mendinginkan CPU dan GPU.

Namun, pastikan bahwa kipas bagian atas merupakan saluran pembuangan karena jika kipas tersebut meniupkan udara ke dalam casing Anda, aliran udara tersebut akan bertabrakan dengan aliran udara buang GPU sehingga mengurangi pendinginan GPU. Memiliki lebih dari tiga kipas dalam casing Anda tidak akan memberi Anda pendinginan ekstra karena hukum hasil yang semakin berkurang akan berlaku.

Anda dapat menghemat uang dengan cara menghindari lebih dari tiga kipas dalam casing PC Anda. Jika Anda bersikeras untuk mengisi semua slot kipas yang ada di casing Anda, maka pasanglah tiga kipas masuk di bagian depan dengan dua kipas buang di panel atas dan satu lagi kipas buang di bagian belakang. Anda juga harus mempertimbangkan bahwa pengaturan multikipas juga bisa menjadi bising.

Terkadang, tingkat kebisingan kipas melebihi manfaat termalnya, terutama jika dipasanng  di panel atas. CPU, kartu grafis, dan PSU harus dilengkapi dengan cooler khusus dan dalam banyak kasus, Anda dapat mengupgrade cooler CPU. Untuk mengoptimalkan aliran udara di PC, Anda perlu mempertimbangkan tata letak casing serta ukuran dan posisi komponen, terutama kartu grafis dan juga heatsink pada CPU.

Kemudian pilih lokasi dan arah putaran kipas sesuai kasus. Desain dan bahan casing juga berdampak signifikan terhadap cara Anda menerapkan pendinginan. Di bawah ini, kita akan membahas berbagai jenis kipas yang dapat digunakan di komputer dan pengaruhnya terhadap pendinginan dan kebisingan.

Memilih Kipas yang Tepat Untuk PC Anda

Banyak yang terobsesi dengan jumlah dan jenis kipas yang ingin dipasang pada rig mereka. Seperti yang telah Anda lihat, banyak pilihan dalam hal kipas. Pilihannya tidak sulit karena teknologi pendinginan telah berkembang, dan juga bisa mendapatkan pendinginan yang memadai dengan hampir semua kipas. 

Sebagai aturan praktis untuk merakit PC yang sempurna, maka pilihlah kipas angin yang sesuai dengan anggaran Anda dan memberikan tampilan yang Anda inginkan. Jika Anda ingin menggali lebih dalam, berikut beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan pada saat memilih kipas untuk rakitan PC Anda.

Estetika

Produsen perangkat keras game seperti Corsair berusaha keras untuk merancang kipas keren. Kipas RGB juga akan memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan rig Anda, namun memiliki beberapa kelemahan:

  • Harganya lebih mahal.

  • Anda memerlukan perangkat lunak dan pengontrol khusus untuk penyesuaian yang sebenarnya.

  • Tergantung pada jumlah dan jenis kipas yang Anda gunakan, kipas tersebut mungkin memerlukan kabel yang rumit.

  • Beberapa kipas RGB dilengkapi dengan konektor berpemilik yang mungkin tidak kompatibel dengan motherboard Anda.

Terlepas dari kekurangan ini, tidak dapat disangkal kipas RGB membawa penampilan PC ke tingkat baru.

Lingkungan

Tidak semua kipas PC modern dapat beroperasi di lingkungan yang berdebu atau lembab. Jika Anda tinggal di daerah dengan banyak debu atau Anda harus menyimpan PC di ruang bawah tanah dengan tumpukan debu yang berlebihan, maka kipas yang mengandung cairan bukanlah pilihan yang baik karena debu akan cepat bercampur dengan cairan dan mencegah kipas untuk berputar dengan normal. 

Sebagai gantinya, Anda sebaiknya harus membeli kipas yang tertutup rapat dan tahan debu ini dengan peringkat IP55. Kipas angin ini juga relatif tahan air sehingga dapat bertahan lebih lama di area lembap. Jika masalah debu atau kelembapan Anda lebih parah, Anda juga dapat memilih peringkat IP67, yang harganya lebih mahal namun ini memberi Anda perlindungan total terhadap debu dan partikel di udara.

Demikian ulasan tentang Jumlah Kipas yang Anda Butuhkan di PC Anda seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    mediacirebon

    Add comment