Soloensis

Pengertian Saham Syariah, Jenis, dan Cara Belinya

antam

Di pasar saham ada berbagai jenis saham tersedia. Anda bisa dengan bebas membeli saham mana yang Anda inginkan. Berinvestasi saham merupakan langkah yang paling tepat untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa depan. Salah satu jenis saham yang tersedia adalah saham syariah. Secara pengertian saham syariah tentunya Anda sudah langsung bisa menebak saham seperti apa saham syariah itu.

Produk saham syariah sekarang bisa Anda beli dengan mudah di berbagai perusahaan sekuritas atau investasi. Namun tentu saja, tidak akan ada embel-embel syariah di nama sahamnya. Anda harus mencari tahu informasi mengenai saham syariah sendiri. Selanjutnya, barulah Anda membeli produk saham tersebut dengan bantuan kolom pencarian.

Inilah Panduan Lengkap Mengenai Saham Syariah bagi Investor Saham Pemula

Bagi Anda yang berminat untuk berinvestasi di saham syariah tentunya harus mempelajari saham syariahnya lebih dulu. Karena saham syariah dengan saham pada umumnya berbeda. Pengetahuan yang mendalam mengenai saham bisa membantu Anda untuk memilih produk saham terbaik dan mendapatkan potensi keuntungan maksimal.

Nah, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai pengertian saham syariah yang bisa membantu investor saham pemula seperti Anda. Pengetahuan mengenai saham syariah ini sangat penting bagi investor pemula karena saham syariah tak kalah menguntungkan daripada saham pada umumnya. 

Apa Itu Saham Syariah?

Mudahnya, saham syariah adalah saham yang selama ini Anda kenal namun tidak bertentangan dengan prinsip syariah ajaran ekonomi Islam. Saham syariah ini dekat kaitannya dengan agama Islam karena keberadaannya sendiri ada untuk mewadahi investor-investor Islam di Indonesia. 

Namun, Anda tidak harus beragama Islam hanya untuk berinvestasi di pasar saham syariah BFI. Pembelian dan proses investasi saham syariah sama seperti saham-saham lain. Jadi, label syariah pada saham ini menggambarkan pengelolaan dana dari saham-saham syariah tersebut. Sebagai salah satu contohnya, sebuah saham bisa tergolong dalam pengertian saham syariah apabila emiten tidak menjalankan kegiatan judi dan keuangan yang berbau riba. 

Jenis-Jenis Saham Syariah

Saham syariah yang ada di BFI terdapat dua jenis, yaitu saham yang memang dicatatkan sebagai saham syariah oleh emiten dan saham yang memenuhi kriteria saham syariah. Untuk jenis saham pertama, perusahaan yang mengajukan ke BFI untuk mengategorikan sahamnya menjadi saham syariah.

Emiten perlu memenuhi peraturan OJK No. 17/POJK.04/2015 yang mengatur tentang penerbitan saham syariah. Sedangkan untuk jenis saham yang memenuhi syarat kriteria syariah ini biasanya berdasarkan hasil penilaian dari BFI.

Cara Beli Saham Syariah

Setelah mengetahui pengertian saham syariah dan jenis-jenisnya, Anda pastinya memiliki ketertarikan untuk mencoba berinvestasi di pasar saham syariah, bukan? Tata cara pembelian saham syariah secara garis besar sama dengan pembelian saham pada umumnya, tetapi tidak pada semua perusahaan sekuritas. Dengan kata lain, ada kemungkinan perusahaan sekuritas Anda yang sekarang tidak mendukung dan menyediakan pasar saham syariah. 

Bagi Anda yang ingin mencoba saham syariah bisa mencari tahu perusahaan sekuritas yang menyediakan pembelian saham syariah. Salah satu perusahaan sekuritas yang memiliki jasa jual beli saham syariah adalah Bibit. Di aplikasi ini Anda bisa beli saham-saham yang menerapkan prinsip syariah dengan mengaktifkan Bibit Syariah di laman profil. 

Fitur ini akan memfilter saham-saham yang ada di aplikasi Bibit dan menyisakan saham syariah saja. Selanjutnya, Anda bisa membeli saham syariah dengan mudah di aplikasi Bibit ini. Tentu sebelum membeli, Anda harus tahu, misalnya tentang prospek saham Antam.

Keunggulan Saham Syariah yang Wajib Diketahui Investor Pemula 

Ternyata saham syariah memiliki keunggulan-keunggulan tersendiri yang tidak ada di saham pada umumnya. Dari pengertian saham syariah, Anda mungkin mengira bahwa saham syariah ini justru lebih merepotkan dan kurang menguntungkan. Berikut ini adalah penjelasan-penjelasan mengenai poin-poin keunggulan saham syariah.

Saham Sesuai dengan Prinsip Ekonomi Islam

Kesesuaian saham dengan prinsip ekonomi Islam dapat membantu para investor muslim untuk lebih yakin dan tenang menginvestasikan uangnya. Bagi Anda yang Islam, Anda tentu mengetahui bahwa menghasilkan keuntungan dari hal-hal yang haram menurut Islam itu terlarang. Saham syariah tidak akan ada hubungannya dengan praktik bisnis yang terlarang menurut Islam dan terhindar dari segala bentuk riba. 

Punya Potensi Keuntungan Lebih Tinggi

Potensi keuntungan saham tergantung pada bagaimana pengelolaan pada perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut. Bila bisnis perusahaan sedang ramai, maka harga sahamnya juga bisa meningkat secara signifikan.

Hal ini berlaku sebaliknya dan perubahannya bisa terjadi secepat kedipan mata. Oleh karena itu, mencari saham dengan potensi keuntungan tertinggi merupakan tujuan utama investor saham baik itu saham biasa maupun syariah. 

Ada study di Malaysia yang mencari tahu mengenai tingkat keuntungan dari indeks saham di negara tersebut. Dari penelitian itu, hasil menunjukkan bahwa  saham syariah memiliki tingkat keuntungan yang relatif lebih tinggi dari saham biasa. 

Transparansi Saham Lebih Tinggi

Urusan keuangan dalam Islam memang sangatlah ketat apalagi untuk saham yang memiliki tingkat fluktuasi tinggi. Saham-saham yang menganut prinsip syariah akan memiliki transparansi yang lebih tinggi terhadap kondisi keuangan di perusahaan. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang menyukai saham-saham yang termasuk pada kriteria syariah. Hal ini memudahkan investor memprediksi pasar saham dan mengambil langkah investasi dengan bijak.

Itulah pembahasan mengenai pengertian saham syariah dan panduan lengkap tata cara pembelian dan sebagainya. Potensi saham syariah yang sedemikian bagusnya tentu tidak boleh terlewat oleh calon investor pemula. Pantau terus pasar saham syariah dan temukan saham-saham syariah yang punya potensi keuntungan terbaik. 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment