Soloensis

Ingin Mengumpulkan Tabungan Kurban? Ini Dia Tipsnya

images (24)

Idul Adha merupakan salah satu hari raya besar yang dirayakan umat Islam setiap tahunnya. Perayaan hari raya ini ditandai dengan kegiatan kurban alias penyembelihan hewan ternak seperti sapi, kambing, atau unta. Tentunya bagi umat Islam, berkurban merupakan salah satu ibadah yang dapat memberikan banyak manfaat dan dianjurkan untuk dilakukan jika mampu.

Hanya saja, bagi sebagian besar orang, berkurban merupakan ibadah yang sulit terlaksana karena alasan finansial. Tanpa menabung terlebih dahulu, niat Anda untuk berkorban mungkin tidak akan terwujud. Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai niat untuk melaksanakan ibadah ini pada hari raya Idul Adha mendatang, pastikan Anda mampu mempersiapkan keuangan Anda sebaik mungkin dengan mengatur tabungan kurban.

Lantas, tips apa saja yang bisa Anda gunakan agar bisa mengumpulkan Tabungan Kurban secara maksimal sesuai rencana? Nah jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini. 

Tips Mengumpulkan Tabungan Kurban

Jadikan Tabungan Kurban Sebagai Tujuan Finansial

Agar tabungan kurban bisa tercapai sesuai rencana, Anda tentu perlu menjadikannya sebagai tujuan finansial. Ketika sudah dijadikan tujuan maka niat untuk terus mengumpulkannya akan selalu ada hingga tercapai. Utamanya, sesuaikan jenis hewan yang dipilih dan harganya dengan kondisi finansial Anda sehingga menjadi tujuan finansial yang realistis untuk dicapai.

Menentukan Alokasi Dana Khusus

Setelah menetapkannya sebagai target keuangan, penting untuk mengalokasikan dana secara khusus guna mencapainya sesuai rencana yang telah ditetapkan. Ketahui kondisi keuangan Anda dan hitung berapa jumlah uang yang bisa Anda sisihkan untuk kebutuhan tersebut, misalnya 10 persen dari gaji Anda. 

Jika jumlah tersebut ternyata belum cukup untuk mencapainya, tidak ada salahnya menunda rencana berkorban hingga tahun depan demi menjaga kondisi keuangan. 

Gunakan Uang THR Dan Bonus Tahunan

Lalu, bagaimana jika ternyata dengan kondisi keuangan Anda saat ini Anda tidak bisa menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk tabungan kurban tanpa membuat kekacauan? Solusinya bisa dengan mengalokasikan uang THR atau bonus tahunan yang Anda dapatkan. Daripada digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu, tentu akan lebih bijak jika mengalokasikannya untuk tabungan kurban bukan? 

Yang penting pastikan dulu kondisi keuangan Anda prima dan tidak ada lagi tanggungan penting yang masih menunggak, misalnya utang atau cicilan. Jika Anda masih memiliki tanggungan, usahakan untuk memenuhinya terlebih dahulu dengan menggunakan bonus tahunan agar kondisi keuangan Anda tetap terjaga.

Tanam Di Instrumen Investasi

Jika tabungan kurban disimpan pada rekening bank biasa maka nilai dananya akan stagnan dan tidak mempunyai peluang untuk berkembang terlepas dari uang yang disetorkan secara rutin. Selain itu, karena pencairannya yang mudah, risiko dana tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak penting atau tidak sesuai fungsinya akan semakin tinggi.

Oleh karena itu, akan lebih aman dan menguntungkan jika Anda menginvestasikan dana kurban pada instrumen investasi. Mengapa berinvestasi? Sebab dana yang tersimpan di dalamnya berpeluang terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Tentunya pilihlah instrumen investasi berbasis syariah dengan tingkat risiko yang sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya, jika Anda berencana berkurban di tahun depan, usahakan memilih instrumen investasi syariah yang berisiko rendah, misalnya reksa dana pendapatan tetap atau deposito. 

Ajukan Patungan Kurban

Ketika dana yang terkumpul belum cukup untuk bisa berkorban secara mandiri, memilih metode joint venture bisa menjadi solusinya. Karena ditanggung bersama, maka dana yang dikeluarkan untuk ibadah kurban akan jauh lebih ringan. Yang terpenting adalah mengetahui aturan mengenai kurban ini agar Anda bisa mendapatkan keberkahannya.

Buat Rekening Tabungan Qurban

Selain itu, tips menabung dana kurban adalah dengan menyimpannya di rekening khusus yang sulit untuk ditarik. Contohnya adalah pengajuan rekening bank yang tidak menyediakan layanan ATM. Dengan begitu, dana akan tersimpan lebih aman dan Anda tetap bisa memantau perkembangannya dari waktu ke waktu.

Pilihlah Jenis Hewan Kurban Sesuai Dengan Kemampuan Bayar Anda

Tips terakhir, sesuaikan jenis hewan kurban yang dipilih dengan kemampuan bayar Anda. Jangan sampai karena terlalu memaksakan diri dengan mengorbankan seekor sapi dengan harga yang terlalu mahal, kondisi keuangan menjadi berantakan dan tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok.

Ingatlah bahwa hukum berkurban adalah sunnah dan hanya dianjurkan jika Anda benar-benar mampu secara finansial. Jadi, pastikan memilih jenis hewan kurban dan harganya sesuai dengan kemampuan membayar dan menghemat dana secara realistis.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Ingin Mengumpulkan Tabungan Kurban seperti yang dilansir Indobet88 login. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment