Soloensis

Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud: Karakteristik, Daya Tarik, dan Fasilitas

ubud

Sumber Gambar denpasar360

Bali, pulau yang tidak akan pernah habis untuk dibahas. Selalu ada tempat baru, pemandangan baru yang lengkap dengan budayanya. Di Bali, terdapat desa wisata Nyuh Kuning Ubud yang jadi primadona wisatawan domestik dan mancanegara. 

Mengenal Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Desa wisata yang satu ini terletak di jl Raya Nyuh Kuning, MAS, Ubud, Bali. Hampir setiap hari tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Bagaimana tidak pesona desa yang indah dan tradisional. Memberikan sensasi tersendiri untuk pengunjung Bali. 

Menjadi salah satu wisata primadona, Nyuh Kuning Ubud sangat rekommended untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga. Tidak hanya sekedar berwisata, Anda juga bisa belajar sedikitnya tentang Bali dan keragaman budayanya. 

Salah satu yang menjadi daya tarik desa wisata Ubud adalah kawasannya yang belum tersentuh modernisasi. Kearifan lokal, keseharian, serta bangunannya yang begitu tertata. Tata Ruangnya mengikuti konsep Tri Hita Karana yang amat menjunjung keselarasan sera keharmonisan. 

Daya Tarik Nyuh Kuning Ubud

Berkunjung ke Gianyar Bali, tidak lengkap rasanya bila belum berkunjung ke Nyuh Kuning Ubud. Daya tarik yang begitu kuat membuat turis tidak dapat melewatkannya begitu saja. Selain masyarakatnya yang begitu tradisional, ini dia daya tarik Nyuh Kuning Ubud Gianyar. 

1. Mengusung Konsep Tri Hita Karana 

Seperti penjelasan sebelumnya bangunan di desa ini masih mengambil konsep tradisional Tri Hita Karana. Semboyan tersebut mengandung makna palemahan berarti hubungan manusia dengan alam, pawongan yaitu manusia dengan sesamanya. 

Di tingkat tertinggi bermakna parhyangan yakni hubungan manusia dengan Tuhan. Masuk dalam destinasi wisata di Ubud. Desa ini sama sekali belum terjamah oleh modernisasi. Masih amat kental dengan budaya lokal. 

2. Nuansa Asri untuk Bersepeda

Selain bercengkerama dengan penduduk desa yang begitu ramah. Nyuh Kuning Ubud menawarkan ragam aktivitas seperti bersepeda mengelilingi desa. Rasakan nuansa alam yang masih alami. Di sepanjang jalan nampak pula pepohonan hijau yang bisa jadi obat jenuh. 

Pengunjung bisa menyewa sepeda lalu ikut trekking menyusuri pematang sawah yang jauh dari polusi. Memahami budaya lokal, seni tradisi dan sebagainya. 

3. Jalanan Desa Bersih

Sebagai desa wisata kebanggaan di Kabupaten Gianyar, Nyuh Kuning Ubud terkenal bersih dan rapi. Bahkan untuk jalan setapak pun tidak dipenuhi sampah. Saat berkeliling, di kanan kiri Anda akan menemukan tumbuhan kamboja hang jadi ciri khas Bali. 

Rumah dengan unsur artistik lengkap dengan aura spiritual memberikan nuansa tersendiri. Suara hewan ternak warga juga jadi melodi yang tidak akan bisa Anda temui di kota besar.

4. Suguhan Seni Tari

Tidak hanya menyaksikan alamnya yang indah, di desa ini Anda bisa menikmati pertunjukan tari khas Bali. Biasanya pentas ini digelar pada malam hari. Beberapa tarian persembahan seperti tari Barong, Kecak, Ballet Ramayana, dan Tari Legong. 

Salah satu restoran desa Nyuh Kuning juga kerap menggelar pertunjukan tari di hari-hari tertentu. Wisatawan bisa menyaksikan secara gratis sejumlah tari tradisional tersebut. Kurang nyaman apalagi melihat pertunjukan sambil bersantap ria. 

5. Dekat dengan Monkey forest

Perlu Anda ketahui bahwa Nyuh Kuning Ubud dekat dengan objek wisata terkenal lainnya yaitu Monkey forest. Jadi, jangan heran apabila sering mendapati kera lalu lalang di jalanan. Bagaimana tidak hanya butuh beberapa menit saja melalui jalan setapak ke hutan kera tersebut. 

Fasilitas dari Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Meski masuk ke kawasan pedesaan, lokasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang aktivitas pengunjung. Tentunya ini demi kenyamanan wisatawan yang rela datang jauh-jauh dari tempat tinggal. Inilah fasilitas di desa wisata Nyuh Kuning Ubud yang sebelumnya telah ditulis Jejak Traveling

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas yang tidak boleh absen untuk sebuah tempat wisata populer adalah area parkir. Di tempat inilah kendaraan berhenti lanjut dengan berjalan kaki agar sampai di desa. 

2. Warung Makan

Lelah berkeliling menikmati pemandangan indah dan asri di Ubud, tutup dengan menyantap makanan lezat. Tidak perlu bingung, desa Nyuh Kuning memiliki warung makan dengan berbagai menu.

3. Penginapan

Menjadi desa wisata yang populer, Nyuh Kuning Ubud termasuk dekat dengan berbagai penginapan. Pengunjung tidak perlu bingung akan bermalam dimana. Mulai dari resort, vila maupun hotel. Coba rasakan suasana malam dengan gemerlapnya lampu.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya Kertiyasa Bungalow, Villa Sonia, Bali Garden View, Ubud Wana Resort, dan lainnya. Jika memilih penginapan di daerah Kuta, Anda bisa menyaksikan hingar bingar pertunjukan musik. 

4. Toko Souvenir 

Tidak lengkap rasanya kalau pulang tanpa bawa oleh-oleh khas Bali. Di desa wisata edukatif Nyuh Kuning ada toko souvenir yang menjual barang pajangan cantik. Selain itu, ada barang konsumtif lainnya seperti tas rajut, topi, kain, dan lain-lain.

5. Penyewaan Motor dan Sepeda

Untuk menunjang aktivitas pengunjung di desa wisata Nyuh Kuning, ada tempat sewa motor dan sepeda. Tarifnya sendiri menyesuaikan dengan waktu pemakaian. Semakin lama sewa maka makin tinggi pula harganya. 

Lokasi Desa Wisata Nyuh Kuning Ubud

Berlokasi di dusun Nyuh Kuning, desa Mas, Gianyar, Bali. Bagi wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan sendiri. Sebab kawasan Ubud tergolong rawan macet. Jika naik angkutan umum tentu tidak bisa leluasa. 

Apabila kesulitan membawa kendaraan pribadi, pengunjung dapat memanfaatkan jasa rental mobil Bali. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi lokasi wisata lainnya. Selain itu biayanya lebih murah dari pada memesan taksi yang tarifnya sesuai argometer. 

Itulah berbagai hal mengenai desa wisata Nyuh Kuning Ubud, mulai dari karakteristik, daya tarik, fasilitas, hingga lokasi dan rute menuju kesana. Bagaimana, tertarik mengunjunginya juga?

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment