Soloensis

Mengenali Jenis Ban Mobil Yang Tepat

Ban Mobil

Saat ini mobil menjadi alat transportasi yang dapat memudahkan manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, terutama untuk ke wilayah yang berjarak cukup jauh. Mobil membuat orang yang berada di dalamnya tidak kehujanan maupun kepanasan. Oleh karena itu, penjualan mobil terus menerus meningkat setiap tahunnya.

Tetapi terkadang dalam membeli suatu barang kita sering kurang teliti, lebih tepatnya tidak mempelajari fungsi-fungsi atau spesifikasi dari barang tersebut. Seperti halnya mobil, biasanya kita hannya melihat mobil tersebut dari tampak depannya saja., tampilannya menarik maka langsung membeli. Ubah pola fikir kita, dan mulailah membeli barang-barang yang tepat dengan teliti, dengan memperhatikan mesin mobil yang memiliki peforma tinggi serta awet, konsumsi bahan bakar yang hemat, dan mobil ban yang cocok untuk mobil dengan trek jalan yang akan kalian lalui setiap harinya.

Ban mobil yang tidak sesuai bisa menjadi salah satu problem yang serius bagi kita loh, karena ban mobil terus berputar dan bekerja sama dengan mesin untuk melaju menghantarkan kalian ke tempat tujuan.

Berikut ini tips memilih ban mobil yang tepat untuk mobil kalian, agar lebih memahaminya.

1. Ban Bias

Ban Bias merupakan jenis ban yang sering digunakan, memiliki sifat yang kuat dilengkapi dengan tapak ban yang sangat tebal dan termasuk jenis ban yang keras. Mempunyai sifat yang keras membuat jenis ban ini kurang maksimal dalam meredam getaran, maka membuat jenis ban ini tidak terlalu cocok untuk mobil penumpang. 

Tetapi meskipun begitu, jenis ban mobil ini sering digunakan untuk kendaraan komersil atau niaga yang berukuran besar, yaitu truk single, bus, hingga truk yang memiliki roda lebih dari enam.

2. Comfort Tire

Ban dengan karet tebal yang memiliki celah alur rapat, ban tersebut adalah jenis comfort tire. Mengutamakan kenyamanan, sehingga ban ini cocok bagi mobil yang diperuntukan untuk penumpang.

3. Ban Radial

Memiliki ciri yang begitu mencolok, yaitu terdapat serat yang menyilang pada lingkar bannya. Ban dengan kontruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat pada keliling lingkaran, membuat ban dengan jenis ini cocok digunakan pada mobil penumpang dan truk ringan, untuk truk tronton atau kendaran berat yang lain masih jarang menggunnakan jenis ban radial ini.

4. Performance Tire

Memiliki kendali mobil yang lebih stabil, sehingga dipakai untuk mengoptimalkan performa, jadi cocok digunakan untuk jenis mobil balap. Dan jenis ban mobil ini lebih sering digunakan dibanding dengan jenis ban mobil Highway Terrain. 

5. Spare Tire

Dalam berkendara, terkhusuya mobil sudah pasti membawa ban serep. Karena sangat disarankan agar memudahkan kita jika terjadi ban mobil yang bermasalah, namun tak banyak yang tau jenis ban mobil serep apa yang sesuai.

Spare Tire adalah jenis ban mobil serep yang sering digunakan, dan terdapat dua jenis yaitu, temporary space saver and full size. 

6. Ban Tubeless

Jenis ban yang mampu menahan udara tanpa perlu menggunakan ban dalam lagi, jenis ban ini adalah ban tubeless. Lapisan dalam yang dimiliki ban ini mampu menahan kebocoran, meskipun tidak memakai ban dalam lagi, sehingga jenis ban ini sangat banyak digunakan mobil pada saat ini. 

Masih banyak jenis-jenis ban mobil yang terdapat diluaran sana, namun meski begitu semoga penjelasan singkat tips memilih ban mobil ini dapat menambah informasi serta pengetahuan yang berguna, agar mobil Anda tidak hanya menarik di lihat tetapi juga kuat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment