Soloensis

Toleransi Keberagaman Suku

3b4593fe53d5904ea7265e36ef149d50
Toleransi Keberagaman Suku (bhinneka tunggal ika)

Indonesia adalah negara dengan sejuta keberagaman. Keberagaman yang ada telah menjadi simbol persatuan dan disatukan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

 

*Keberagaman suku*

 

Indonesia adalah negara kepulauan. Dari geografis yang berbeda-beda,  Indonesia memiliki banyak sekali suku. Suku bangsa atau biasa disebut juga etnik, diartikan sebagai pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan. Selain itu, kelompok suku bangsa ditandai dengan adanya kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku atau ciri-ciri biologis yang dimiliki.

 

Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku, lebih tepatnya 1.340 suku bangsa. 

 

Meskipun Indonesia adalah negara yang kaya akan perbedaan dan keberagaman, hal tersebut membuat Indonesia rentan terpecah-belah akibat perbedaan yang ada. Perpecahan di masyarakat bisa memicu konflik yang menimbulkan kerugian banyak pihak.

 

Oleh karenanya, diperlukan sifat toleran dan juga tenggang rasa terhadap perbedaan di masyarakat. Sifat toleransi harus ditanamkan sejak dini supaya bisa menerima perbedaan yang ada.

 

  1. Contoh perilaku toleransi yang saya terapkan di lingkungan sekolah dan di masyarakat seperti tidak mengganggu teman yang sedang beribadah,  membantu teman tanpa melihat suku/ras/agama, menghargai perbedaan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Dinda Lativa Arifianto

    Add comment