Soloensis

TIPS-TIPS UNTUK MENCEGAH TERJADINYA PENULARAN COVID-19

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1171

Virus corona atau severence acute respitory syndrome corona virus ( SARS-Cov-2) adalah virus yang menyerang sistem pernafasan. penyakit ini karena infeksi virus disebut covid-19. Virus corona juga bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernafasan, infeksi paru-paru yang berat, dan bahkan bisa mengakibatkan kematian bagi manusia.

Severence acute respitory syndrome corona virus ( SARS-COV-2) yang dikenal dengan istilah virus corona yaitu jenis baru dari corona virus yang menular kemanusia. virus ini bisa menyerang siapa saja seperti: orang dewasa, anak –anak dan bayi, lansia ( golongan usia lanjut ). Termasuk ibu hamil, dan juga ibu menyusui. Bahkan bisa menyebabkan kematian jika penyakit covid-19 yang diderita sudah parah.

Selain virus SARS –CoV-2 Atau  virus corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab severe acute respitory syndrome ( SARS) dan penyebab Middle-East Respiratory syndrome (MERS). Meski di sebabkan oleh virus kelompok yang sama, yaitu corona virus atau covid-19 memiliki beberapa perbedaab dengan SARS dan MERS  antara lain dalam hal peyebaran  dan  keparahan gejala.

            Coronavius atau covid 19 adalah kumpulan  yang bisa menginfeksi sistem pernafasan. pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernafasan ringan seperti flu. namun virus ini juga bisa menyebabkan infeksi paru – paru (pneumonia).

Infeksi virus corona sering juga disebut dengan istilah covid-19 ( corona virus diseases 2019 ) dan pertama kali di temukan di kota wuhan, china pada akhir desember 2019. virus corona ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar hampir keseluruh  negara di asia dan bahkan termasuk negara Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Menurut data terakhir yang dipublikasikan oleh Menteri Kesehatan (MenKes) pada tanggal 11 Agustus 2020 di Indonesia telah mencapai 128.776 orang yang terjangkit virus corona (Covid-19), 83.710 orang yang telah dinyatakan sembuh dari covid-19, dan ada 5.824 orang yang telah meninggal dunia akibat dari virus corona (covid-19).

Hal terebut membuat beberapa negara di asia menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka untuk dapat mencegah sistem penyebaran virus corona tersebut . Bahkan Presiden dan  Pemerintah  di Indonesia juga memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB ) dan juga menerapkan sistem sosial distancing dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter kepada masyarakat.

Setelah beberapa bulan pemerintah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada bulan Juni pemerintah telah menerapkan kebiasaan normal baru (new normal) yaitu beraktivitas seperti biasa. Tetapi, dengan menerapkan protokol kesehatan. Bukan berarti virus corona belum sepenuhnya sirna.

Nah, untuk mencegah bertambahnya orang yang terjangkit virus corona (covid-19) kita harus membantu pemerintah dengan cara menerapkan protokol kesehatan. Ada beberapa tips yang perlu kita lakukan pada masa new normal dalam masa pandemi covid-19 yaitu:

1. Cuci tangan dengan menggunakan sabun yang benar selama 20 detik atau gunakan handsanitizer

Langkah ini efektif dalam mencegah penularan virus corona, mengapa kita harus cuci tangan atau menggunakan handsanitizer? Karena ketika kita menyentuh barang apapun yang kita tidak ketahui bahwa suatu barang tersebut terdapat virus corona atau tidak, ada baiknya kita mencuci tangan untuk menghindari penularan tersebut, dan menggunakan handsanitizer, nah ketika kita sudah mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir, jangan menggunakan handsanitizer, gunakan lah handsanitizer ketika kita dalam kondisi jauh dari air mengalir, seperti di dalam bis, di pasar atau di dalam kondisi apapun yang jauh dari air.

 

2. Gunakan masker atau face sheild

Menggunakan masker atau face shield efektif untuk mencegah penularan virus corona, mengapa kita harus menggunakan masker atau face sheild? Karena apabila kita bersin atau batuk itu tidak akan menjangkiti orang lain. Bersin dan batuk merupakan salah satu penyebab penularan virus corona.

 

3. Selalu menjaga jarak

Menjaga jarak merupakan langkah yang efektif untuk mencegah penularan virus corona, mengapa kita harus menjaga jarak? Agar tidak terjadinya kontak fisik antara satu orang dengan yang lain, karena kontak fisik merupakan salah satu penyebab penularan virus corona.

4. Selalu berolahraga

Kita harus berolahraga, agar tubuh kita tetap fit dan selalu berstamina kalau tubuh kita fit dan berstamina pasti sistem imun kita bertambah kuat.

5. Jangan mengkonsumsi alkohol

Mengapa kita tidak boleh mengkonsumsi alcohol? Karena ketika kita mengkonsumsi alkohol apalagi dalam jangka waktu yang terlalu sering kita akan semakin rentan terkena penyakit atau tertular virus corona, karena terdapat berbagai macam alkohol baik dalam kadar rendah (1-5%), sedang (5-20%) sampai kadar yang tinggi (20-45%).

 6. Jangan merokok

Jangan merokok karena merokok tidak hanya merugikan diri kita sendiri tetapi, juga merugikan orang di sekitar kita, karena di dalam merokok mengandung zat nikotin yang merupakan zat yang berbahaya bagi kesehatan dan tubuh, karena rokok juga termasuk pemicu berbagai macam penyakit termasuk covid-19.

7. Makan-makanan yang bergizi

Memakan makanan yang bergizi dapat mencegah penularan virus corona, karena ketika kita mengkonsumsi makanan yang bergizi contohnya vitamin C dapat menambah kekebalan tubuh tetapi jangan hanya vitamin C saja yang dikonsumsi tetapi, zat gizi yang lain juga harus dikonsumsi agar mencegah penularan virus corona. Selalu mengkonsumsi air putih agar tubuh selalu fit dan sehat dan terhindar dari dehidrasi dan mencegah penularan virus corona.

8. Jangan stress

Pada masa pandemi covid-19 ini kita jangan stress, karena stress juga merupakan salah satu pemicu berbagai macam penyakit termasuk covid-19 sebaiknya untuk menghindari stress dengarkan musik, bermain game atau lakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stress dan penat, dan jika ada masalah ceritakan kepada orang-orang terdekat agar terhindar dari stress.

 9. Bersihkan Lingkungan Sekitar

Selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, baik di dalam rumah maupun diluar rumah dengan menggunakan cairan disinfektan, karena di dalam cairan disinfektan terdapat suatu zat yang membunuh virus corona.

Nah agar pandemi ini cepat berakhir di Indonesia. Selalu lakukan protokol-protokol kesehatan, agar mencegah penularan virus corona. Tetap di rumah saja, jangan keluar jika tidak ada yang penting atau mendesak. Ayo perangi virus corona agar bumi kita dan negara kita terbebas dari cengkraman virus corona.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1171

Muthia Salsa Bila Lubis

Seorang Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat UIN Sumatera Utara

Add comment