Soloensis

Perbedaan Total Station dan Theodolite

Total Station

 

total station geomato

Total Station (TS) adalah alat pengukur jarak dan sudut (sudut horizontal dan vertikal) secara otomatis. TS dilengkapi dengan chip memori, sehingga data pengukuran sudut dan jarak dapat disimpan untuk kemudian di download dan diolah. Total station merupakan semacam theodolite yang terintegrasi dengan komponen pengukur jarak elektronik atau biasa disebut sebagai Electronic Distance Meter (EDM) untuk membaca jarak dan kemiringan dari instrumen ke titik tertentu.

Theodolite

theodolite topcon dt 207

Theodolite adalah salah satu alat ukur tanah yang digunakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut horizontal dan vertikal. Berbeda dengan waterpass yang hanya memiliki sudut mendatar saja. Di dalam theodolit sudut yang dapat di baca bisa sampai pada satuan sekon (detik). Theodolite merupakan alat yang paling canggih diantara alat yang digunakan dalam survei. Pada dasarnya alat ini berupa sebuah teleskop yang ditempatkan pada suatu dasar berbentuk membulat (piringan) yang dapat diputar-putar mengelilingi sumbu vertikal, sehingga memungkinkan sudut horisontal untuk dibaca. Teleskop tersebut juga dipasang pada piringan kedua dan dapat diputar putar mengelilingi sumbu horizontal, sehingga memungkinkan sudut vertikal untuk dibaca. Kedua sudut tersebut dapat dibaca dengan tingkat ketelitian sangat tinggi (Farrington 1997).

Sehingga kesimpulan untuk membedakan Total Station dan Theodolite

Total Station adalah alat ukur sudut dan jarak yang terintegrasi dalam satu unit alat (EDM) . Total station juga sudah dilengkapi dengan processor sehingga bisa menghitung jarak datar (HD), jarak vertikal (VD), jarak miring (SD), koordinat, dan beda tinggi secara langsung tanpa perlu dihitung manual dengan alat bantu hitung lagi. Selanjutnya Teodolit adalah alat pengukur sudut saja dan data primer yang dihasilkan dari theodolite hanya sudut horizontal, sudut vertikal, dan bacaan rambu ukur. Untuk mendapatkan jarak diperlukan data pendukung seperti data dari EDM, meteran, tachymetri, juga diperlukan perhitungan secara manual dengan alat bantu hitung.

Baca juga : Total Station

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment