Soloensis

Cara Menggunakan GPS Geodetik

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Anda tak perlu bingung, untuk cara pemasangan dan pengoperasian dari GPS Geodetik.

Simak uraian di bawah ini:

Pastikan terlebih dahulu akan kelengkapan alat yang meliputi Base Station, Epoch Receiver, Recon Data Collector, Kabel antena-receiver. Dan untuk Rover Epoch GPS Receiver, Recon Data Collector, Tripod, Tribrach, Kabel recon-epoch, GPS Garmin dan Pengunci Recon.

cara menggunakan gps geodetik

Carilah lokasi pada titik koordinat atau bisa juga menggunakan Google untuk menentukan lokasi, namun apabila Anda menemukan lokasi yang tidak memungkinkan, seperti pada dalam rumah orang, dalam sungai atau di tengah jalan raya ketika Anda akan survey maka Anda dapat menggeser lokasi pengukuran. Hal ini dilakukan dengan mencatat selisih jarak antara data asli dengan jarak yang sesungguhnya sebagai pengoreksi data.

Gunakan tripod pada permukaan yang datar lalu levelling.

Kemudian pasang Tribrach dan epoch GPS dan kunci.

Pasanglah juga Recon data Collector dibawah epoch receiver dengan menggunakan sebuah pengunci recon. Ini berfungsi agar terlindung dari sinar matahari.

Pasang pula kabel yang menghubungkan recon dengan epoch. Dan jangan lupa untuk memastikan level water tidak berubah.

Selanjutnya ukur ketinggian dari dasar tanah ke epoch GPS Receiver lalu bisa Anda catat Pengukuran tersebut Menggunakan GPS Geodetik

Lalu nyalakan epoch GPS dengan menekan tombol power pada Recon, aturlah waktunya pada home dan mainkan program Field Surveyor.

cara menggunakan gps geodetik

Setelah itu ganti default name pada kolom file dan pastikan pula bahwa satelit telah mencukupi (minimal 4) untuk proses pengambilan data lebih lanjut. Gunakan info gps dengan klik tombol info. Hal yang mempengaruhi ialah ketinggian gedung akan menghambat penerimaan satelit. Namun jika Anda klik MSR maka fungsinya untuk memulai perekaman data.

Jangan lupa pula untuk memastikan 3 receiver pastikan ketiga receiver karena menggunakan sistem data statistik. Caranya dengan menekan tombol MSR secara bersama-sama. Setelah selesai klik tombol REC secara bersama-sama dari ketiga receiver maka data akan secara otomatis tersimpan.

Jika telah selesai semua maka segera matikan Recon dengan cara klik tombol OFF. Pastikan juga GPS Geodetik/GPS Pemetaan berada dalam keadaan rapi.

Apabila Anda bingung untuk menjalankan program ini, ada beberapa aturan yang harus Anda ketahui, yaitu untuk mengatur satuan, Anda perlu memilih device, menu, setting unit. Dan untuk mengatur koordinat pilih setting, coordinate, system.

Dan yang terakhir untuk memulai pengukuran statik maka Anda dapat memilih pada statis menu. Isi pada data akan meliputi:

Point: filename pengukuran.

Code: kode pengukuran (boleh tidak diisi).

Height: ketinggian dasar tanah dgn epoch receiver.

 

Baca juga : GPS Geodetik FOIF A90

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Setitik

Add comment