Soloensis

Cara Gunakan Total Station Topcon Dengan Benar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Total station dirancang untuk mengukur jarak horizontal dan miring, sudut horizontal dan vertikal dan elevasi dalam pekerjaan survei topografi dan survei geodesi, serta solusi pengukuran. Hasil pengukuran dapat direkam dalam memori total station dan dapat ditransfer ke komputer pribadi.

Kemampuan dasarnya adalah mampu melakukan pengukuran jarak jauh, cepat dan akuratTotal station dikembangkan dengan mengutamakan kenyamanan kerja maksimal pengguna.

Total station mengukur sudut dan jarak ke setiap titik pengukuran melalui titik pengamatan (x, y, dan z atau utara, timur dan elevasi) relatif terhadap koordinat total station yang dihitung menggunakan fungsi trigonometri/geometris.

 

Baca Juga : Harga Total Station

Alat ukur yang paling umum digunakan saat ini adalah total station. Total station adalah kombinasi dari teodolit elektronik, pengukur jarak elektronik (EDM) dan mikroprosesor dengan unit penyimpanan.

Theodolite digital elektronik pertama kali diperkenalkan oleh Carl Zeiss Inc. pada akhir 1960-an untuk membantu meletakkan dasar bagi pengumpulan dan pemrosesan data lapangan modern.

Ketika teodolit elektronik digunakan dengan unit EDM built-in, konsep baru pengukuran otomatis penuh mulai lahir. Nama asli alat ini adalah tachometer elektronik.

Tapi HP memperkenalkan nama menggunakan total station lebih dari 30 tahun yang lalu. Nama itu kemudian disebut profesi.

Dengan menggunakan perangkat ini, Anda dapat menentukan sudut dan jarak dari instrumen ke titik yang akan diukur. Dengan bantuan trigonometri, sudut dan jarak dapat digunakan untuk menghitung posisi sebenarnya dari titik pengukuran (x, y, dan z atau utara, timur, dan ketinggian) dalam nilai absolut.

Baca Juga : Total Station Topcon

Transmisi standar pada dasarnya adalah teleskop dengan crosshair untuk mengamati target. Sebuah skala dipasang pada teleskop untuk mengukur sudut rotasi teleskop (biasanya 0 derajat relatif terhadap utara) dan kemiringan teleskop (0 derajat relatif terhadap horizontal). Setelah teleskop berputar diarahkan ke target, sudut rotasi dan sudut kemiringan titik referensi dapat dibaca. Semua total station memiliki peralatan EDM dan pemindaian sudut elektronik.

Pindai skala kode lingkaran horizontal dan vertikal secara elektronik, lalu tampilkan sudut dan jarak secara digital.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Helmi Fadlilah

abijalmi anu nujudiajar ngalaacis

Add comment