Soloensis

Tips Sukses untuk Startup dan Pengusaha

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Sebuah startup bisa sukses dengan belajar dari brand-brand besar yang telah mencapai tujuannya. Artinya, pengusaha muda harus mencari kiat sukses dari bisnis yang sudah mapan.

Di sisi lain, mungkin tidak mudah untuk menemukan guru bisnis pribadi yang dapat membimbing Anda melalui perjalanan kewirausahaan. Oleh karena itu, artikel ini memberi Anda tips sukses dari Medan Prima untuk membantu Anda memulai.

Miliki Keyakinan pada Diri Sendiri: Anda harus percaya pada diri sendiri terlebih dahulu kemudian mencari cara untuk melewati rintangan yang akan Anda temui dalam perjalanan kewirausahaan Anda. Keyakinan didasarkan pada prinsip yang menyatakan bahwa apakah Anda berpikir Anda bisa atau tidak, Anda benar. Karena itu, jika Anda percaya bahwa Anda mampu, maka Anda tidak akan punya alasan.

Kenali Pelanggan Anda: Salah satu dari tiga keberhasilan seorang pengusaha adalah mengenal pelanggan mereka . Ketika Anda mengenal orang yang Anda layani dengan lebih baik, Anda akan dapat memberi mereka solusi yang mereka butuhkan. Misalnya, 80 persen penjualan Anda harus berasal dari 20 persen pelanggan Anda. Untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan ini, Anda perlu memberi mereka layanan yang luar biasa dan layanan pelanggan yang luar biasa, selain memahami kebiasaan membeli, keinginan, dan keinginan mereka.  

Jaringan dengan Orang yang Tepat: Anda harus menyadari bahwa Anda akan menjadi orang yang bersama Anda. Salah satu pendiri LinkedIn, Reid Hoffman, menyatakan bahwa jika Anda ingin mengubah diri sendiri, maka ubahlah orang yang bergaul dengan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memiliki tenaga ahli, pengusaha mapan, inkubator, dan investor sebagai mentor Anda. Mintalah mereka untuk memberikan tips sukses yang dapat mendongkrak bisnis Anda karena Anda ingin menjadi seperti mereka. 

Bertindak Cepat: Cara termudah untuk meluncurkan ide bisnis Anda atau membuat keputusan adalah berhenti berbicara dan mulai bertindak. Alasannya, dunia punya banyak ide, tapi yang berhasil adalah yang sudah diaktualisasikan. Jadi, Anda perlu bertindak dan menghindari penundaan.

Kembangkan Tim Anda: Anda tidak dapat berhasil dalam bisnis sendirian. Jadi, berinvestasilah dalam tim Anda untuk meningkatkan kesuksesan Anda sebagai startup dan di masa depan, ketika Anda menjadi merek ikonik. Untuk itu, tanamkan rasa misi di antara karyawan Anda.

Belajar dari Kesalahan: Kesalahan tidak bisa dihindari, dan Anda bisa berteman dengan kegagalan. Namun, mengabaikan kecelakaan kecil dapat memiliki konsekuensi besar, karena Anda akan terus mengulanginya. Jadi, berusahalah untuk belajar dari kesalahan Anda; itu akan membawa Anda lebih dekat ke kesuksesan.

Kenali Industri Anda: Pengusaha sukses tidak memainkan permainan yang tidak mereka pahami. Namun, Mark Zuckerberg dan John D. Rockefeller telah membuktikan bahwa Anda tidak memerlukan gelar untuk sukses sebagai wirausaha. Namun demikian, Anda harus memahami bagaimana mengembangkan rencana dan menindaklanjutinya. Ini akan memposisikan startup Anda dengan baik untuk berkembang.

Manfaatkan Kekuatan Karyawan Anda: Pengusaha mapan memahami bahwa mereka hanya dapat memberikan pengalaman pelanggan kelas dunia dengan dukungan karyawan mereka. Ini adalah duta merek Anda karena mereka berinteraksi dengan pelanggan Anda. Tanpa ragu, ketika pelanggan Anda senang, mereka menyebarkan berita tentang perusahaan kepada orang lain. 

Tawarkan Lebih dari yang Diharapkan: Anda bisa mendapatkan perhatian di industri Anda ketika Anda memberikan melebihi harapan pelanggan Anda. Ini akan membangun reputasi Anda dan kelompok pendukung setia Anda. Namun, Anda perlu menyadari bahwa seorang pengusaha sukses membutuhkan banyak visi, kerja, dan ketekunan. 

Dapatkan Masukan Pelanggan: Selain produk dan harga, pengalaman pelanggan adalah pembeda merek teratas lainnya. Sebagian besar pengusaha fokus pada faktor ini karena meningkatkan kepuasan pelanggan dan tingkat retensi. Oleh karena itu, pertimbangkan semua umpan balik yang Anda terima dari pelanggan melalui kotak umpan balik, survei, dan aktivitas pengguna. Pengusaha sukses menganalisis umpan balik dan membuat perbaikan yang diperlukan untuk kualitas layanan pelanggan, produk, dan layanan. 

Rencana Pendanaan: Meningkatkan modal adalah salah satu tugas yang paling menantang bagi seorang pengusaha. Namun, pengusaha sukses merencanakan proses ini karena bisa memakan waktu lebih lama dari yang Anda harapkan.

Investasikan Waktu dalam Bisnis Anda: Kesuksesan mungkin tidak segera datang, dan bahkan perusahaan multinasional raksasa seperti Apple, Microsoft, Walmart, Google, Amazon, dan Facebook pernah menjadi pemula. Pada saat yang sama, para pengusaha di balik merek-merek ikonik ini menginvestasikan waktu dan energi di perusahaan mereka. Jadi, agar Anda sukses sebagai startup atau pengusaha, Anda harus mengikutinya.

Ambil Risiko: Agar Anda mengetahui hasil dari upaya Anda, Anda harus menerapkannya ke dalam tindakan. Oleh karena itu, Anda harus mengkomersialkan ide bisnis Anda untuk mengetahui nilainya. Anda dapat mendaftar di program inkubator untuk meminimalkan risiko karena program ini akan memberi Anda pendidikan, akses ke nasihat profesional dari para ahli, dan pemodal ventura. Di sisi lain, Anda akan menyesal tidak mencoba daripada gagal jika Anda tidak mengambil tindakan.

Tantang Diri Anda: Pengusaha sukses terus mencari tantangan berikutnya. Mereka memahami bahwa tugas-tugas yang sulit membuat mereka gesit dan waspada. Ini membantu mereka untuk bersiap menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Have Passion: Anda perlu melakukan apa yang Anda sukai agar berhasil sebagai startup atau pengusaha. Alasan di balik prinsip ini adalah karena pemilik bisnis menghabiskan banyak waktu di perusahaan. Mereka juga banyak berkorban agar bisnis dapat berkembang; dengan demikian, tanpa gairah, seorang wirausahawan akan kekurangan motivasi untuk melanjutkan ketika lelah atau stres.

Visualisasikan Tujuan: Tentukan dengan jelas tujuan Anda sehingga nyata dan nyata. Misalnya, jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses, Anda harus meluncurkan bisnis yang dapat memecahkan masalah di pasar sasaran. Akibatnya, tujuan Anda akan dapat dicapai jika Anda memvisualisasikan dan mengartikulasikannya.

Carilah Kemitraan: Pemilik bisnis yang hebat tidak beroperasi dalam ruang hampa. Mereka memiliki jaringan pendukung yang hebat di sekitar mereka. Mitra dengan melakukan lebih banyak upaya seperti yang Anda lakukan serta berpartisipasi dalam membuat keputusan yang membuat stres. Oleh karena itu, pengusaha sukses mencari mitra dengan kepribadian yang hebat karena mereka dapat mengajari mereka keterampilan tetapi bukan karakter.

Tingkatkan Pengetahuan Bisnis Anda: Alih-alih membaca fiksi atau buku apa pun hanya untuk hiburan, Anda dapat membaca studi kasus. Baca biografi dan kiat sukses dari pengusaha yang telah berkembang pesat di dunia usaha. Pelajari tentang kesalahan mereka sehingga Anda tidak mengulanginya. Anda juga bisa belajar dari diri sendiri dengan mempertimbangkan kesalahan yang Anda buat di masa lalu.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Nando Rifky

Blogger

Add comment