Soloensis

Islam dan Budaya Jawa (Benda Pusaka Keris)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Islam dan Budaya Jawa (Benda Pusaka Keris)

 

Museum keris Solo, Museum yang baru saja diresmikan pada tanggal 9 Agustus 2017 yang lalu oleh Presiden Joko Widodo ini beralamatkan di jl. Bhayangkara no. 02 Sriwedari , Laweyan, Kota Surakarta. Dulunya Museum ini merupakan gedung rumah sakit jiwa Mangunjayan yang berada tepat bersebelahan dengan stadion Sriwedari. Museum ini menampilkan warisan budaya Jawa dengan seni, artefak, dan senjata daerah terutama keris.

 

Pada kesempatan kali ini saya bertemu Mas Ujang selaku konservator (perawat keris) di museum keris ini. Saya berkesemptan menanyakan beberapa hal tentang benda pusaka Keris. Dari beberapa pertanyaan yang saya ajukan sayan mendapat jawaban bahwa keris itu adalah merupakan senjata tikam dan sudah diverifikasi oleh UNESCO. Keris memiliki tuah berupa dampak positif kepada manusia. Masyarakat Indonesia sekarang merupakan masyarakat peralihan dari masyarakattradisional ke masyarakat modern, kurangnya wawasan dan transfer ilmu membuat masyarakat Indonesia terjebak dalam mitos karena orang dulu menceritakan sesuatu terlalu kiasan dan menganggap keris itu bendan mistis. Musrik itu ketika seseorang menyembah sesuatu tanpa dasar, selama kebudayaan itu tuntunannya bagus dan tidak merugikan manusia itu bagus bagus saja. Jadi wawasan dan keilmuan tentang keris yang tidak tertransferkan dengan baik membuat salah kaprah.

Bentuk keris lurus itu merupakan simbol permohonan kepada tuhan yang maha esa, jika kamu punya keinginan mintalah vertikal lurus ke atas kepada tuhan yang maha esa. Bentuk-bentuk keris dan mantra-mantra jawa itu jika dipahamiitu terdapatpujian-pujian kepada Tuhan yang maha esa, dan merupakan doa dalam wujud benda. Untuk masalah kemusrikan itu tentang masalah konsep bagaimana individu menyikapinya. Apabila yang disembah adalah kerisnya itu harus kita luruskan.

Semoga dengan ini kita dapat menambah wawasan tentang Islam dan Budaya Jawa terutama dengan benda pusaka keris itu sendiri dan tidak salah mengartikan keris sebagai benda mistis yang dapat menyesatkan manusia.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pekik Jalu

I do what i want

Add comment