Soloensis

Apakah CPU atau GPU Lebih Penting untuk Gaming? Berikut Penjelasannya

images (23)

Anda perlu membeli kartu grafis kelas atas jika menginginkan FPS tinggi saat bermain game. Terkadang, bahkan GPU terbaik pun memberikan Anda frame rate yang rendah dan gambar yang lamban. Jika Anda bertanya kepada pakar game, mereka pastinya akan memberi tahu Anda bahwa PC Anda mengalami hambatan pada CPU, sehingga akan membuat Anda bertanya-tanya apakah saran umum tersebut salah.

Apakah CPU atau GPU Lebih Penting untuk Gaming?

GPU adalah salah satu perangkat keras yang paling penting untuk bermain game dengan lancar tanpa kendala. Namun, Anda mendapatkan pengalaman bermain game terbaik jika Anda memiliki CPU, GPU, RAM, dan monitor yang tepat yang bekerja bersama-sama secara kesatuan. Konfigurasi yang seimbang juga akan menghindari kemacetan dan memberi kecepatan frame rate yang optimal saat bermain game.

Pada umumnya, Anda memerlukan GPU yang kuat (misal, seri GeForce seri RTX 30 atau 40 series) dengan setidaknya CPU Ryzen 5 atau Core i5, RAM 16 GB, dan monitor yang mendukung resolusi Full HD (1920 x 1080) dengan setidaknya 60 Kecepatan refresh Hz. Anda juga perlu mempertimbangkan judul yang ingin dimainkan karena beberapa game, seperti Civilization, memberikan beban lebih pada CPU ini.

Di sisi lainnya juga, sebagian besar game triple A, termasuk Shadow of the Tomb Raider dan Red Dead Redemption akan membutuhkan banyak GPU. Di bawah ini, kita juga akan mempertimbangkan beberaoa peran berbagai komponen perangkat keras yang ada di komputer Anda ini dan pengaruhnya terhadap gameplay. CPU ini adalah prosesor serba guna yang dapat menjalankan berbagai jenis operasi.

Otak di komputer Anda memungkinkan Anda membuka spreadsheet, menjelajah online, mengedit video, dll.Saat bermain game, hal ini terutama bertanggung jawab untuk menangani logika dan fisika game. Ini menangkap interaksi, menghitung pengaruhnya terhadap adegan game,  dan mengirimnya ke GPU. Ini juga menjelaskan bagaimana setiap objek dalam game ini seharusnya terlihat dan berperilaku.

Kartu Grafis

GPU adalah prosesor yang dapat melakukan beberapa operasi dengan baik. Ia dapat melakukan jutaan perhitungan terkait grafik secara paralel. GPU bertanggung jawab atas visual game dengan mengambil detail bingkai dari CPU dan merendernya menjadi bentuk dan pemandangan yang dapat Anda lihat. Ini juga menghasilkan bentuk, pantulan, corak, efek cahaya, pola, dan bahkan badan air dalam permainan.

GPU yang lebih bertenaga dapat menampilkan poligon yang jauh lebih halus, yang berarti akan ada jauh lebih banyak detail dan kualitas gambar lebih tinggi yang akan dihasilkan. Kartu grafis ini juga akan memengaruhi resolusi pada saat Anda memainkan game. Beberapa game modern ini juga menerapkan frame rate ini untuk memberikan kesan tertentu pada adegan tersebut (misalnya futuristik atau suram).

  • Catatan : Istilah GPU dan kartu grafis sering digunakan secara bergantian, dan sering kali, hal itu tidak menimbulkan masalah apa pun.

Namun, keduanya adalah komponen yang sedikit berbeda. GPU ini sendiri adalah chip yang bertanggung jawab untuk melakukan penghitungan, tetapi Anda tidak dapat membeli GPU yang berdiri sendiri. Anda juga akan memerlukan kartu grafis dengan memori virtual, konektor PCI express, dan kipas pendingin.

RAM

RAM adalah memori sementara yang menyimpan data terkait game untuk akses cepat oleh CPU. CPU hanya dapat melakukan satu operasi dalam setiap siklus. Mengeksekusi seluruh permainan melibatkan triliunan operasi dan jutaan variabel. RAM bertanggung jawab untuk menyimpan sementara semua variabel tersebut sehingga ketika CPU membutuhkannya, ia dapat dengan cepat mengambil nilainya.

RAM yang disarankan untuk bermain game modern seperti Shadow of the Tomb Raider adalah 16 GB. Anda mungkin dapat menjalankan game-game ini jika Anda memiliki RAM 8 GB saja, namun kemungkinan besar Anda akan mengalami beberapa kelambatan atau lag. Anda mungkin juga harus menghentikan beberapa proses di task manager untuk mengosongkan ruang RAM untuk game Anda ini.

8 GB tidak cukup karena Windows 10/11 memakan sekitar 3 GB. Terlebih, 8 GB hanyalah nilai nominal RAM, artinya Anda hanya akan memiliki akses ke RAM 7,8 hingga 7,9 GB. Itu secara efektif membuat Anda memiliki RAM kurang dari 5 GB. Jika Anda tidak memiliki cukup RAM, maka dua hal dapat terjadi:

  • Game ini tidak dapat melakukan pramuat pada bagian alam semesta yang cukup besar, sehingga menyebabkan seringnya layar menjadi hitam.

  • Data permainan harus ditransfer masuk dan keluar dari hard drive karena tidak ada cukup ruang di RAM. Hal ini menciptakan kerja ekstra untuk CPU dan membuang siklus clock yang dapat digunakan untuk menjalankan game.

Anda juga akan melihat waktu muat yang lebih lama dan lebih sering mogok tanpa RAM yang cukup.

Demikian ulasan tentang Apakah CPU atau GPU Lebih Penting untuk Gaming? Berikut Penjelasannya seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment