Soloensis

Apakah Setiap Casing PC Telah Dilengkapi Dengan Kipas? Berikut Jawabannya

images (26)

Apakah Anda telah memutuskan untuk merakit PC gaming pertama Anda?. Sebelum merakit PC Anda harus memilih semua perangkat keras mulai dari motherboard dan CPU hingga kit RAM yang akan Anda gunakan untuk merakit PC. 

Sekarang saatnya memilih casing yang akan mengabadikan komputer buas ini. Karena pendinginan merupakan masalah penting pada komputer berperforma tinggi, Anda akan bertanya-tanya apakah sebaiknya membeli kipas casing. Apakah casingnya sendiri memiliki kipas angin?

Apakah Casing PC Modern yang Ada Pada Saat ini Telah Dilengkapi Kipas Angin?

Hampir semua casing komputer yang ada pada saat ini dilengkapi dengan setidaknya satu kipas di bagian belakang. Banyak pabrikan menyertakan dua kipas dalam casingnya: satu di depan dan satu lagi di belakang. 

Casing gaming kelas menengah dan kelas atas bahkan dapat dilengkapi hingga enam slot kipas di depan, belakang, atas, dan samping. Mereka memiliki 2 kipas, dan dapat memasang kipas tambahan. 

Sebaiknya Anda harus membelanjan lebih banyak uang untuk membeli casing yang berventilasi baik untuk melindungi komponen dalam jangka panjang. Anda harus memeriksa jumlah maksimum kipas yang didukung casing Anda jika Anda perlu meningkatkan mekanisme pendinginan di masa mendatang.

Berapa Banyak Kipas Angin yang Anda Butuhkan dalam Sebuah Kasus?

Konsensusnya adalah semakin banyak kipas angin yang Anda miliki, maka semakin baik. Namun, hal ini biasanya tidak benar karena peningkatannya berkurang seiring dengan penambahan lebih banyak Kipas angin. Minimalnya adalah Anda memerlukan kipas di atas CPU Anda. 

Kipas biasanya disertakan dalam paket CPU, namun Anda dapat membeli kipas yang lebih canggih dengan heatsink besar jika Anda khawatir akan panas berlebih. Anda tidak dapat mengharapkan pendingin stok saja akan sangat efektif.

Jika Anda menyimpan komputer di ruangan dingin, Anda dapat menjalankannya beberapa saat sebelum suhu melebihi 100°C. Jika Anda tidak berencana untuk memasukkan lebih banyak kipas ke dalam casing Anda, Anda memerlukan pendingin canggih seperti Cooler Master Hyper T4. 

Dengan pendingin ini saja, Anda dapat mengharapkan CPU Anda bekerja pada suhu sekitar 70°C, dan GPU kemungkinan juga akan mencapai 90 derajat. Opsi kedua adalah menambahkan satu kipas ke casing Anda serta pendingin CPU.

Kipas itu bisa diletakkan di depan, belakang, samping, atau atas casing. Tergantung pada tata letak casing Anda dan apakah Anda memiliki kartu grafis yang besar atau tidak, posisi kipas dapat membuat sedikit perbedaan hingga beberapa derajat. 

Anda dapat mengharapkan kipas di depan memberi Anda sedikit pendinginan ekstra dibandingkan kipas di belakang. Situasi yang ideal adalah memiliki satu kipas di depan dan satu lagi di belakang, tetapi jika Anda hanya ingin memasang satu kipas, letakkan di depan.

Apakah Setiap Casing PC Modern yang Ada Pada Saat ini Telah Dilengkapi dengan Kipas RGB?

Kebanyakan casing PC kelas menengah yang ada saat ini tidak dilengkapi dengan kipas RGB karena tidak semua orang ingin memiliki tampilan seperti itu. Mereka lebih umum terjadi di kalangan gamer yang ingin menyesuaikan tampilan PC. 

Kipas ini juga dilengkapi LED yang dapat diprogram dan memerlukan pengontrol tambahan agar dapat berfungsi. Namun, produsen casing ternama, seperti Corsair dan Antec, menawarkan casing PC dengan kipas berkemampuan RGB dan pengontrol pencahayaan internal. 

Selain kipas RGB, Anda bisa mendapatkan RAM RGB, soket ekstensi, dan PSU. Tidak akan ada batasan mengenai apa saja hal yang dapat dicapai dengan produk RGB. Namun, Anda perlu memastikan casing, motherboard, dan PSU mendukung utilitas RGB dan kompatibel satu sama lain. Beberapa casing ini bahkan dilengkapi dengan pencahayaan RGB terintegrasi dan kipas RGB yang sudah diinstal sebelumnya. 

Anda juga memerlukan PSU yang bertenaga karena aksesori tambahan menghabiskan banyak daya. Membangun rig RGB juga memerlukan perangkat lunak khusus untuk mengontrol bagaimana berbagai aksesori dan periferal berinteraksi. 

Program yang paling umum adalah Open RGB dan Jacknet RGB Sync. Motherboard mungkin juga memiliki utilitas perangkat lunak yang memberi Anda fleksibilitas luar biasa.

Pabrikan Corsair ini sendiri memiliki aplikasi khusus bernama iCUE yang akan memungkinkan Anda untuk menggunakan skema warna preset atau menyesuaikan pola di semua perangkat Corsair yang Anda miliki pada sebelumnya. 

Sementara pabrikan lainnya juga akan menawarkan aplikasi serupa, akan tetapi kelemahannya ini adalah Anda harus membeli semua komponen RGB dari perusahaan yang sama.

Demikian ulasan tentang Apakah Setiap Casing PC Telah Dilengkapi Dengan Kipas? Berikut Jawabannya seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    mediacirebon

    Add comment