Soloensis

Penyebab dan Perbaikan Saat PC Tidak Menyala

images - 2024-03-12T202519.186

Power supply biasanya menjadi salah satu penyebab paling utama ketika PC Anda tidak bisa menyala. Bagaimana jika sudah benar-benar sehat dan komputer Anda masih tidak mau menyala? Walaupun masalahnya mungkin akan aneh pada awalnya, maka penyelesaiannya tidak selalu sesulit kelihatannya. 

Penyebab 1: Dasar-Dasarnya

Terkadang solusinya ada, namun Anda memilih mengabaikannya karena kedengarannya sederhana. Sebelum beralih ke masalah yang lebih serius, pastikan menyingkirkan kemungkinan penyebab berikut:

  • Kabel listrik. Pastikan kabel listrik berfungsi dan sehat dengan memeriksa secara fisik apakah ada tanda-tanda kerusakan. Selain itu, pastikan kabel terpasang dengan benar ke stopkontak karena dapat lepas seiring waktu.

  • Sakelar power supply. Power supplynya sendiri memiliki tombol on/off yang berbeda dengan tombol power pada PC. Letaknya di bawah atau di samping output daya PSU. Periksa apakah itu tidak dimatikan secara tidak sengaja.

  • Stopkontak. Apakah Anda mendapatkan listrik dari stopkontak? Colokkan komputer ke stopkontak lain untuk mengesampingkan kemungkinan ini.

  • Tombol power. Anda mungkin tidak melihat adanya kesalahan yang terlihat pada tombol daya, namun kabel internal mungkin kendor atau terputus. Buka casing dan periksa semua kabel untuk memastikan Anda tidak kehilangan koneksi apa pun.

  • Pelindung lonjakan arus. Jika Anda menyambungkan sistem ke pelindung lonjakan arus, pastikan sistem tidak rusak. Anda dapat menyambungkan peralatan lain ke pelindung lonjakan arus atau mencolokkan komputer Anda ke stopkontak dan lihat apakah Anda dapat menyalakannya.

  • Kipas. Anda mungkin tidak pernah menduga bahwa kipas yang rusak dapat menyebabkan masalah daya, namun kipas memiliki tugas penting untuk mendinginkan CPU dan keseluruhan sistem. Jika CPU terlalu panas, CPU akan mati dengan sendirinya, jadi sebaiknya pastikan semua kipas, terutama kipas CPU, berfungsi dengan baik.

Penyebab 2: Motherboard

Motherboard adalah komponen penting yang menghubungkan semua komponen di PC Anda. Jika tidak berfungsi dengan baik, CPU, GPU, RAM, dan hard drive tidak dapat berkomunikasi. Dalam kebanyakan kasus, PC Anda tidak mau hidup. Jika masalahnya adalah motherboard yang rusak, Anda akan kesulitan mendiagnosis dan memperbaiki masalahnya karena banyaknya komponen yang terhubung dengannya.

Salah satu komponen ini dapat menyebabkan kesalahan dan menyebabkan masalah daya pada PC. Itu sebabnya Anda harus memeriksa setiap komponen satu per satu. Ingatlah untuk mematikan komputer dan mencabut semua kabel daya untuk menghindari kemungkinan sengatan listrik. Hal pertama yang harus Anda periksa adalah apakah Anda baru saja menambahkan komponen baru ke motherboard PC.

Putuskan sambungan pada komponen tersebut dan coba hidupkan PC Anda kembali. Semua kabel dan sambungan pada motherboard tentunya perlu diperiksa dengan cermat karena kesalahan sekecil apa pun pada sambungan ini dapat menimbulkan berbagai masalah. Kabel ini juga mencakup koneksi SATA, IDE, dan SCSI, yang harus Anda putuskan satu per satu, nyalakan komputer, dan lihat apa yang terjadi.

Penyebab 3: RAM

RAM adalah salah satu komponen paling penting pada motherboard yang dapat menimbulkan masalah dan menyebabkan masalah daya. Namun, masalah pada RAM mungkin tidak akan seserius yang Anda bayangkan sebelumnya dan hanya disebabkan oleh kotoran dan serpihan yang menumpuk atau koneksi yang longgar. PC dan laptop juga memiliki tempat yang berbeda untuk memasang stik RAM, jadi Anda mungkin ingin merujuk ke situs web produsen atau panduan pengguna untuk menemukan lokasi RAM.

Cabut stik RAM dengan menekan klip yang menahan modul RAM di tempatnya hingga modul keluar. Saat melepas modul RAM, berhati-hatilah agar tidak menyentuh kontak logam apa pun. Sekarang, periksa modul dengan hati-hati untuk mengetahui adanya debu dan serpihan, tiup modul dan slotnya. Setelah Anda membersihkan slot dan modul RAM, maka Anda dapat memasangnya kembali, yang seharusnya tidak menjadi masalah karena klip penahan ini dapat dipasang dengan mudah di dalam slot.

Anda akan mendengar bunyi klik tanpa memberikan banyak tekanan pada motherboard. Sekarang, colokkan kabel daya ke stopkontak dan lihat apakah Anda dapat menghidupkan sistem. Ingatlah untuk tidak menyentuh apa pun di dalam casing, jika tidak, Anda dapat tersengat listrik. Jika memasang kembali stik RAM tidak membantu, Anda belum bisa mengesampingkan kemungkinan RAM rusak. Itu karena salah satu modul RAM mungkin rusak, dan Anda perlu menemukannya melalui proses eliminasi. 

Di sini, Anda perlu melepas setiap modul RAM satu per satu, lalu menyalakan PC kembali, dan melihat apa yang akan segera terjadi. Jika PC Anda menyala dengan normal, maka stik RAM yang Anda lepas adalah penyebabnya. Jika tidak, Anda harus mencabut tongkat lainnya. Jika Anda akhirnya mengetahui bahwa RAM yang rusak menjadi penyebab masalah daya, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Demikian ulasan tentang Penyebab dan Perbaikan Saat PC Tidak Menyala seperti yang dilansir slot alexistogel, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment