Soloensis

Apa Itu Reksadana? Ini Pengertian Dan Jenis-Jenisnya

apa itu reksadana

Akhir akhir ini kalian pasti sering dengar kata “reksadana”. Banyak iklan yang mengajak kita untuk berinvestasi reksadana dengan iming iming untung yang besar dan mudah. Tapi sebenarnya apa itu reksadana? Apakah aman? Apakah benar menguntungkan? Cari tahu lebih lengkap tentang reksadana di bawah ini.

Apa Itu Reksadana

Reksadana adalah sebuah wadah keuangan yang mengumpulkan aset dari pemegang saham untuk berinvestasi dalam sekuritas seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang, dan aset lainnya. Reksadana dioperasikan oleh manajer keuangan profesional dan terpercaya yang mengalokasikan aset dana dan berupaya menghasilkan keuntungan modal atau pendapatan bagi investor.

Reksadana memberi investor kecil akses ke portofolio ekuitas, obligasi, dan sekuritas lainnya yang dikelola secara profesional. Kita coba gunakan ilustrasi supaya mudah difahami, misal aplikasi A menawarkan reksadana ke si B dan C. Ketika si B dan C ikut berinvestasi reksadana di aplikasi A, nanti aplikasi tersebut akan mencarikan saham Indonesia untuk menaruh investasi si B dan C tadi. Aplikasi A akan mengelola semuanya dan si B dan C tinggal menerima untungnya saja.

Jenis-Jenis Reksadana

Reksadana Pendapatan

Reksadana jenis ini diberi nama reksadana pendapatan karena tujuan dari investasi reksadana ini adalah untuk memberikan pendapatan saat ini secara tetap bagi para investor. Reksadana pendapatan mengutamakan berinvestasi di perusahaan berkualitas tinggi. Tujuan utama dari reksadana pendapatan adalah untuk memberikan arus kas yang stabil kepada investor. 

Reksadana Saham

reksadana ini pada prinsipnya berinvestasi pada ekuitas atau saham. Didalam grup ini tedapat berbagai subkategori. beberapa ekuitas diberi nama untuk ukuran perusahaan tempat mereka berinvestasi, seperti kapitalis kecil, menengah, atau besar. Sehingga terdapat banyak rekomendasi saham yang bisa di investasikan dari berbagai kalangan.

Reksadana Indeks

Apa itu reksadana indeks? Ini adalah reksadana yang berinvestasi pada saham yang sesuai dengan indeks pasar utama, seperti yang biasa ada didalam berita IHSG hari ini. Strategi ini membutuhkan sedikit penelitian dari analis dan penasihat, sehingga investor bisa mendapatkan lebih banyak hasil investasinya karena tida kepotong oleh biaya analis dan penasihat itu.

Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang terdiri dari instrumen utang jangka pendek yang aman dan bebas resiko. Investor reksadana pasar uang tidak akan mendapatkan pengembalian yang substansial, tetapi prinsipal dijamin. Pengembalian tipikal sedikit lebih banyak daripada jumlah yang diperoleh dalam rekening giro atau tabungan biasa dan sedikit kurang dari rata-rata sertifikat deposito (CD).

Reksadana Internasional

Reksadana Internasional atau reksadana asing hanya berinvestasi pada aset yang terletak diluar negara asal investor. Volatilitas investor reksadana internasional sering bergantung pada ekonomi dan resiko politik negara yang unik. Namun, reksadana ini dapat menjadi bagian dari portofolio yang seimbang dengan meningkatkan diversifikasi, karena pengembalian di luar negeri, mungkin tidak berkolerasi dengan pengembalian di dalam negeri.

Kelebihan Dan Kekuragan Reksadana

Kelebihan:

  • Likuiditas
  • Diversifikasi
  • Persyaratan investasi minimal dan mudah
  • Manajemen keuangan yang profesional
  • Mempunyai banyak penawaran investasi

Kekurangan:

  • Biaya komisi dan biaya lainnya yang tinggi
  • Kehadiran uang tunai yang besar dalam portofolio
  • Tidak ada cakupan FDIC
  • Kesulitan dalam membandingkan dana
  • Kurangnya transparansi dalam kepemilikan

Itulah penjelasan tentang reksadana. Dengan bantuan aplikasi dan pihak ketiga berinvestasi saham menjadi lebih mudah di zaman sekarang. Namun, setiap hal yang menjanjikan keuntungan, pasti ada kerugiannya. Jadi, Jangan langsung tergiur dan pilihlah aplikasi investasi reksadana yang terpercaya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment