Soloensis

Teori Elliott Wave, Teknik Analisis Saham Supaya Cuan Terus!

teori elliott wave
ketahui teori elliott wave untuk menganalisis grafik saham supaya untung terus.

Teori elliott wave adalah salah satu teknik analisa di dunia trader saham. Suatu trend saham sulit untuk ditebak jika tidak menggunakan teknik. Seorang trader saham tidak bisa asal-asalan menebak nilai saham akan naik atau turun karena gelombang trend saham sering bergerak secara tidak terduga.

Ada banyak teknik untuk membaca gelombang trend saham dan salah satunya adalah teori elliott wave. Yang menarik dari elliott wave adalah teknik yang dilakukan dengan menggabungkan teori matematika dan psikologi. Para trader saham Indonesia harus coba menggunakan teori ini supaya mendapat keuntungan besar. Ketahui lebih dalam teori elliott wave di bawah ini.

Pengertian Teori Elliott Wave

Teori elliott wave adalah bentuk analisis teknis yang umum digunakan dan diterapkan pada pasar saham grafik untuk tujuan meramalkan arah harga di masa depan. Prinsip elliott wave didasarkan pada konsep bahwa pergerakan harga pasar saham bukan hasil dari berita terbaru, tetapi merupakan hasil langsung dari jiwa massa pasar peserta.

Teori elliott wave ditemukan oleh Ralph Nelson Elliott, tahun 1930an. Ia adalah seorang akuntan terkemuka yang mempunyai penyakit yang semakin memburuk. Untuk memenuhi pikirannya, Elliot menghabiskan waktu untuk mempelajari pergerakan indeks pasar saham dan terciptalah teori elliott wave ini.

Prinsip Dasar Teori Elliot Wave

 prinsip elliott wave                                                                                                               elliottwave.com

Dalam pembentukan gelombang dasar, gelombang impulsif diberi label dengan angka 1,2,3,4,5 dan gelombang korektif dieberi label huruf A,B,C seperti yang bisa dilihat pada gambar grafik di atas, gelombang impulsif mendapatkan banyak kenaikan sedangkan di gelombang korektif, harga pasasr saham cenderung berjuang untuk mendapatkannya.

Gelombang korektif lebih kesamping konsolidasi atau pergerakan terikat rentang yang terjadi ketika pasar ingin bertahan pada tingkat harga yang telah diperoaleh. Perlu diingat bahwa grafik di atas menunjukan 5 gelombang naik dan 3 gelombang turun pada saat pasar sedang positif. Namun, gelombang impulsif juga dapat terjadi ketika pasar sedang negatif atau menurun. Sebuah gerakan impulsif di pasar yang menurun akan berbentuk 5 gelombang turun dan 3 gelombang naik.

Penerapan Teori Elliott Wave

Sama seperti teknik analisis lainnya, trader saham harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menerapkan teori elliot wave di grafiknya. Teori elliot wave diterapkan bukan untuk mengetahui jumlah gelombang, tetapi untuk supaya trader saham bisa melihat apakah kedepannya saham itu akan mendapatkan untung atau rugi tanpa melihat berita IHSG hari ini.

Tips Menerapkan Teori Elliott Wave Yang Menguntungkan

  1. Selalu patuhi aturan Elliott Wave
  2. Selalu pertimbangkan pedoman Elliott Wave
  3. Cepat menerima ketika analisis kamu salah
  4. Gunakan stop loss
  5. Pertimbangkan jumlah gelombang alterenatif
  6. Hubungkan teori Fibonacci kedalam analisis elliott wave
  7. Pertimbankan entry trading potensial dalam beberapa kerangka sebelum masuk
  8. Ingat kerangka yang kamu tradingkan
  9. Selalu punya trading plan
  10. Coba mengukur sentimen saat ini untuk mengevaluasi apakah itu mengkonfirmasi analisis

Buat para trader saham Indonesia bisa cari rekomendasi saham yang sedang naik dan mulai menerapkan teori elliott wave supaya saham selalu bisa diprediksi dengan tepat pergerakannya. Dengan begitu trader bisa tahu apa yang harus dilakukan kedepannya dan mulai menyusun rencana trading selanjutnya.

Untuk pertama kali pasti tidak mudah menerapkannya, namun, kalau sudah terbiasa menerapkannya trader akan banyak mendapat keuntungan dan bisa mencegah kerugian yang besar.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment