Soloensis

Mengenali Definisi, Tujuan, Dan Jenis Anggaran Usaha

images (27)

Membuat Anggaran usaha yang tepat tentu dapat membantu menjaga bisnis Anda dari utang atau mengurangi utang yang akan Anda hadapi. Tanpa anggaran dalam usaha anda tentu tidak akan dapat memahami bagaimana kinerja bisnis Anda. 

Sebelum membuat anggaran usaha, pahami dulu apa itu anggaran usaha dan fungsinya, serta langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membuat anggaran usaha yang baik. Yuk simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Anggaran Usaha.

Definisi Anggaran Usaha

Anggaran bisnis, juga dikenal sebagai anggaran usaha yang merupakan rencana pengeluaran yang dibuat untuk bisnis berdasarkan pendapatan dan pengeluaran yang diharapkan perusahaan selama periode waktu tertentu. 

Anggaran dapat mengidentifikasi modal yang tersedia dalam bisnis Anda, memperkirakan pengeluaran dan membantu memprediksi pendapatan, serta mengatasi kendala jangka pendek dan perencanaan jangka panjang. Selain itu Anggaran juga dapat membantu Anda merencanakan aktivitas bisnis dan bertindak untuk  menetapkan tujuan keuangan.

Pentingnya Anggaran Usaha

Dengan membuat anggaran, Anda dapat memahami berapa banyak uang yang dimiliki bisnis Anda, berapa banyak yang telah Anda habiskan, dan berapa banyak uang yang Anda perlukan di masa depan. Bagi pengusaha, anggaran berfungsi sebagai rencana tindakan bagi para manajer serta titik perbandingan di akhir periode. 

Anggaran tidak hanya digunakan oleh perusahaan, tetapi juga digunakan oleh pemerintah dan rumah tangga. Anggaran adalah bagian integral dari menjalankan bisnis atau rumah tangga secara efisien. Anggaran ini juga dapat mendorong keputusan bisnis seperti mengurangi pengeluaran yang tidak diinginkan, menambah staf, atau membeli peralatan baru. Jika perusahaan Anda tidak memiliki cukup uang, anggaran dapat memandu Anda dalam memprioritaskan pengeluaran untuk aktivitas. 

Dengan rencana penganggaran yang tepat, Anda dapat mempertahankan bisnis Anda atau menemukan cara untuk mengurangi hutang saat ini. Anggaran yang komprehensif dapat digunakan untuk mendapatkan pinjaman usaha dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Ada beberapa alasan mengapa penting untuk menyusun Anggaran Usaha, antara lain:

  • Anggaran dapat membantu perusahaan melacak kinerja keuangan mereka dengan mengidentifikasi jumlah keuntungan yang mereka hasilkan.

  • Anggaran dapat membuat organisasi tetap pada jalur pembayaran regulernya, seperti pembayaran sewa, gaji, dan asuransi, sehingga perusahaan dapat meminimalkan dan mencegah kemungkinan pembayaran yang terlewat atau menimbulkan hutang.

  • Anggaran memungkinkan perusahaan memperkirakan pengeluaran di masa mendatang, yang dapat membantu Anda mengidentifikasi area di mana Anda dapat menghemat uang. Misalnya, jika perusahaan Anda membayar pembayaran sewa yang sama setiap bulan, Anda mungkin memiliki gagasan yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang mampu Anda hemat.

Jenis Anggaran

Banyak bisnis menggunakan lebih dari satu jenis anggaran. Jenis anggaran yang digunakan oleh suatu perusahaan tergantung pada kebutuhan, ukuran, dan operasi yang dilakukan oleh perusahaan. Beberapa jenis anggaran yang paling umum digunakan oleh perusahaan antara lain:

1. Anggaran Induk

Anggaran induk atau anggaran induk adalah anggaran yang menggabungkan anggaran individu untuk memberikan perusahaan gambaran keuangan secara keseluruhan. Anggaran induk lebih umum untuk bisnis besar yang perlu memecah keuangan mereka berdasarkan departemen atau kategori. Anggaran induk dapat membantu manajer untuk melihat bagaimana anggaran mereka sesuai dengan rencana keuangan perusahaan secara keseluruhan.

2. Anggaran Operasional

Anggaran operasional ini dapat menguraikan dana yang dibutuhkan bisnis untuk beroperasi secara efisien. Anggaran ini dapat mencakup semua pengeluaran dan pendapatan selama periode penganggaran. Dengan begitu ada Beberapa perusahaan yang menggunakan anggaran operasional ini untuk membandingkan angka aktual dan proyeksi.

3. Anggaran Keuangan

Anggaran keuangan memberikan perincian tentang aset, kewajiban, dan ekuitas. Anggaran keuangan dianggap sebagai barometer kesehatan dan stabilitas keuangan perusahaan. Jika perusahaan Anda sedang mencari investor atau berencana untuk menjual saham, anggaran keuangan ini sala satu alat yang berharga untuk dibuat.

4. Anggaran Tunai

Anggaran kas atau anggaran arus kas adalah anggaran yang mencakup perkiraan uang yang dibelanjakan dan diinvestasikan selama periode anggaran usaha. Anggaran ini memberikan perincian yang dapat digunakan untuk membuat keputusan keuangan, mendeteksi kekurangan, dan mencegah pengeluaran berlebihan.

5. Anggaran Penjualan

Anggaran penjualan atau anggaran penjualan memproyeksikan pendapatan, pengeluaran, dan perkiraan penjualan untuk periode anggaran. Anggaran ini membantu perusahaan memastikan bahwa bahan dan persediaan tersedia untuk memenuhi permintaan pelanggan.

6. Anggaran Produksi

Anggaran produksi adalah anggaran yang merinci biaya untuk memproduksi barang atau jasa. Perusahaan dapat menetapkan harga produk yang sesuai dengan menggunakan anggaran produksi. Komponen yang dapat dimasukkan dalam anggaran produksi meliputi tenaga kerja langsung, bahan baku langsung, dan overhead.

7. Anggaran Tenaga Kerja

Anggaran tenaga kerja digunakan untuk menentukan berapa banyak karyawan yang dibutuhkan untuk menyediakan barang atau jasa. Anggaran tenaga kerja juga membantu merencanakan biaya penggajian.

8. Anggaran Modal

Anggaran modal adalah anggaran modal. Anggaran modal digunakan untuk membantu perusahaan merencanakan pembelian atau pengeluaran besar, seperti mesin, kendaraan, atau properti. Anggaran ini juga dapat menguraikan biaya aset, periode pengembalian yang diharapkan, dan potensi pengembalian pembelian.

Demikian ulasan tentang Mengenali Definisi, Tujuan, Dan Jenis Anggaran Usaha, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment