Soloensis

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Kopi?

pexels-content-pixie-2836945
Kopi Susu. Sumber: Content Pixie (Pexels).

Bagi mereka yang menderita masalah asam lambung, pertimbangan makanan dan minuman menjadi sangat penting. Asam lambung membuat sensitivitas mereka terhadap beberapa jenis makanan meningkat. Sementara banyak orang menikmati secangkir kopi sebagai pembuka pagi, penderita asam lambung sering kali ragu apakah mereka boleh minum kopi atau tidak.

Kopi terkenal sebagai minuman yang mengandung kafein dan memiliki cita rasa yang nikmat. Namun, kopi juga dapat memicu gejala asam lambung, seperti sensasi terbakar, rasa tidak nyaman, dan nyeri di perut bagian atas. Pertempuran antara kesehatan dan keinginan sering kali terjadi di hati para penderita asam lambung ketika menimbang soal kebolehan minum kopi.

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Kopi?

Kandungan kafein dalam kopi memiliki potensi untuk meningkatkan asam lambung. Namun, ini tidak berarti bahwa penderita asam lambung tidak dapat menikmati kopi yang lezat. Mereka masih tetap bisa mengonsumsi kopi dengan sedikit catatan.

Baik kopi dengan kadar kafein rendah maupun tinggi tetap dapat merangsang produksi asam lambung. Ini sebabnya minum kopi saat perut kosong dapat menyebabkan rasa mulas. Orang yang memiliki lambung sehat dapat mentoleransi 200 mg kafein dalam sehari tanpa mengalami efek tertentu, setara dengan dua hingga tiga cangkir.

Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, menyatakan bahwa pH asam lambung berkisar antara 1-2, sedangkan kerongkongan dapat mentoleransi pH sekitar 4-5. Menurutnya, penderita asam lambung pada dasarnya dapat minum kopi jika kondisinya stabil, terutama dengan bantuan obat pereda.

Namun, jika penderita mengalami refluks yang tinggi dan asam lambung sering naik ke kerongkongan, minum kopi tidak disarankan. Beberapa penderita asam lambung mungkin suka minum kopi dekaf, meskipun rendah kafein, tetap perlu berhati-hati ketika gejala refluks muncul, karena tetap ada potensi menyebabkan gejala. Dari penjelasan tersebut, diambil kesimpulan, asam lambung boleh minum kopi dengan batas aman.

Alternatif untuk Penderita Asam Lambung

Sebagai alternatif, penderita asam lambung dapat mengonsumsi kopi bubuk panggang gelap atau dark roast. Pilihan lainnya adalah kopi dekaf dan kopi cold brew, yang terbukti mengandung lebih sedikit asam.

Solusi lainnya, penderita asam lambung dapat menambahkan susu ke dalam kopi. Susu dapat mengikat asam klorogenik yang dapat menekan produksi asam lambung. Untuk hasil maksimal, penggunaan susu kambing etawa sebagai campuran dapat membantu.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment