Soloensis

Suhu AC untuk Tidur agar Kesehatan Terjaga

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Penggunaan Air Conditioner kini semakin meningkat, pasalnya banyak orang yang lebih nyaman menggunakannya karena dinginnya lebih alami daripada kipas angin. Apalagi fiturnya jauh lebih banyak, namun sebelum menyalakannya ada baiknya Anda mengetahui berapa suhu AC untuk tidur agar tidak mengurangi tingkat kesehatan.

Berapa Suhu AC Untuk Tidur?

Tidur malam yang nyenyak dan berkualitas, tentu saja akan menyehatkan tubuh Anda, sistem saraf bahkan kulit sekalipun. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu dengan mengatur suhu AC untuk tidur yang tepat. Jadi, supaya tidak dingin maupun sebaliknya.

Penelitian dari salah satu jasa service ac Malang telah menemukan hasil bahwa untuk menggunakan Air Conditioner ini supaya nyaman untuk Anda gunakan tidur adalah sekitar 25ºC. Namun, setiap orang pastilah memiliki suhu idealnya masing-masing.

Untuk menemukan suhu kamar secara tepat pastikan pintu dan jendela semuanya tertutup. Jangan lua juga untuk mengatur suhu secara bertahap. Maksudnya atur di suhu awal terlebih dahulu, lalu bila masih kurang dingin kurangi lagi suhunya sekitar 1 hingga 2 derajat.

Tips Sehat Dalam Mengatur Suhu AC untuk Tidur

Setiap orang pastilah memiliki suhu ideal pada AC nya masing-masing. Namun, Anda tetap harus mengikuti prosedur supaya suhu tersebut tidak akan membahayakan kesehatan. Akan tetapi, justru sebaliknya.

Mengingat sebelum tidur suhu setiap orang akan turun, jadi saat tertidur akan mudah merasa dingin. Lalu apa saja tips mudahnya?

1.     Mengatur Suhu Awal AC Tepat pada 25ºC

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan, yaitu dengan mengatur suhu awal Air Conditioner pada angka 25ºC. Banyak informasi yang mengatakan bahwa suhu tersebut adalah suhu yang paling tepat ketika hendak menyalakan AC. Itu karena pemilik akan lebih cepat merasa suhu dingin serta juga bisa menghemat tenaga listrik.

Dengan mengikuti cara satu ini, Anda sudah menerapkan prosedur dalam menyalakan AC dengan baik dan benar. Apalagi tidak akan mempengaruhi kesehatan, mengingat ketika hendak tidur suhu tiap orang akan menurun. Itulah mengapa saat tertidur akan mudah merasakan dingin, jadi harus mengatur suhu dengan baik dulu.

2.     Menaikkan Atau Menurunkan Suhu AC Secara Perlahan

Biasanya setiap orang seringkali melakukan pengaturan suhu yang langsung mereka atur sangat tinggi, tujuannya supaya ruangan di dalamnya akan menjadi lebih cepat dingin. Namun, hal tersebut merupakan cara yang salah. Jadi, jangan sampai Anda menerapkan hal ini di rumah jika tak ingin mengganggu kesehatan.

Cara lain dalam mengatur suhu Air Conditioner di rumah supaya tak mengganggu kesehatan, yaitu dengan menaik turunkan suhu yang Anda atur. Bila memang merasa masih kurang dingin di awal, atur suhunya lagi secara perlahan-lahan sampai menemukan suhu yang paling tepat / ideal.

3.     Mematikan AC saat Bepergian

Kemudian, ketika Anda sedang bepergian keluar rumah. Jangan lupa Air Conditioner yang masih menyala di rumah, segera matikan saja. Biasanya sebagian besar orang akan membiarkannya begitu saja, dengan alasan supaya ruangan tersebut tetap bersuhu dingin. Jadi, akan nyaman bila mereka pulang ke rumah, ruangannya sudah dingin / tidak panas.

Jika memang begitu, Anda hanya perlu menaikkan suhu Air Conditionernya sekitar 2 sampai dengan 3 derajat celcius saja. Jangan terlalu rendah, apalagi cara satu ini tidak hanya membuat kesehatan terjaga. Akan tetapi bisa menghemat tenaga listrik dari penggunaan AC secara berlebihan.

4.     Jendela Harus Dalam Kondisi Terbuka Setelah 3 Jam AC Nyala

Selanjutnya, tips sehat dalam mengatur suhu Air Conditioner adalah dengan membuka jendela setelah AC sudah nyala selama sekitar 3 jam. Alangkah baiknya jika jendela tersebut terbuka, karena biasanya ruangan ber-AC akan berlangsung pada ruangan tertutup. Tujuannya, agar ruang itu menjadi lebih segar karena ada udara masuk.

Seperti contohnya saja, jika ada teman Anda yang sakit di rumah sakit. Virus akan lebih mudah menyebar dalam ruangan ber-AC karena hanya berada di dalam satu tempat saja. Jadi, ada baiknya jendela yang ada di ruangan tersebut harus dalam kondisi terbuka saja. Dengan begitu, virus akan mudah keluar dan berganti dengan udara segar.

5.     Tidak Menyalakan Air Conditioner Setelah Masuk Ke Dalam Ruangan

Biasanya akan ada banyak orang yang menggunakan teknik ini, mereka akan lebih mudah menyalakan Air Conditioner setelah masuk ke dalam ruangan. Padahal hal tersebut sangat tidak peneliti anjurkan, apalagi akibatnya justru akan membuat kesehatan tubuh Anda menjadi terganggu.

Bayangkan saja jika langsung menyalakan Air Conditioner dengan suhu yang dingin, maka saat itu juga suhu tubuh masih belum beradaptasi dengan suhu sekitar. Justru hal tersebut akan menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat. Hal ini akan menjadi buruk bagi orang yang memiliki kondisi jantung yang lemah.

6.     Mengatur Kembali Suhu Air Conditioner

Tidak hanya mengatur suhu Air Conditioner di awal saja, akan tetapi Anda juga harus kembali mengaturnya ketika hendak pergi tidur. Hal ini bukan tanpa tujuan, dengan mengatur kembali maka tubuh akan menjadi lebih rileks saat tertidur. Jadi, ada baiknya untuk menaikkan sekitar 2 sampai dengan 3 derajat celcius lagi.

Dengan menaikkan suhu Air Conditioner sekitar 2 sampai dengan 3 derajat celcius, saat Anda tertidur maka tubuh akan terasa lebih rileks serta tak akan membutuhkan suhu yang rendah. Contohnya saja, suhu awal yang sudah Anda atur 24, maka sebelum tidur kembali atur suhunya menjadi 24 atau 25.

Demikian penjelasan secara singkat dari suhu AC untuk tidur. Beserta dengan pembahasan suhu Air Conditioner sebelum tertidur serta tips suhu yang baik bagi kesehatan. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda dalam mengatur suhu secara baik dan dapat membuat tidur menjadi rileks.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

Add comment