Soloensis

Pantai Bersejarah Sawarna Srikandi Banten

1675625578263-5ce1b3f1
Pantai Sawarna

Banten beruntung memiliki pantai-pantai indah karena berbatasan dengan lautan. Salah satunya adalah Pantai Sawarna yang terkenal sebagai surga tersembunyi dan selalu menjadi tujuan wisata.

Pantai indah di Banten selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan liburan panjang. Terkenal sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Banten, pantai ini menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin berlibur.

Sebagai Tinjauan Singkat tentang Pantai Sawarna

Desa Sawarna di Banten menjadi rumah bagi Pantai Sawarna. Desa ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, termasuk pegunungan, goa, sungai, dan beberapa pantai yang populer sebagai tempat wisata.

Pantai Sawarna memiliki garis pantai yang sangat panjang, mulai dari Pantai Pulo Manuk hingga Pantai Karang Taraje. Semua pantai-pantai indah yang ada di Desa Sawarna terletak di wilayah Lebak, Banten.

Pantai ini kerap dikunjungi wisatawan lokal yang berasal dari sekitar JABODETABEK. Tak hanya itu, banyak juga wisatawan mancanegara yang datang jauh-jauh hanya untuk menikmati keindahan pantai yang sama seperti di Pantai Pasir Putih Tangerang.

Daya Tarik Pantai Sawarna

Ketika berkunjung ke pantai ini, kamu bisa menemukan banyak hal menyenangkan yang membuat tempat ini terkenal. Mulai dari sejarah pantai, keindahan alam, hingga aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Cek ulasannya lebih lanjut untuk tahu lebih detail :

Pantai yang Memiliki Sejarah

Jarang banget yang tahu kalau pantai ini memiliki sejarah yang panjang sebelum jadi destinasi wisata terpopuler di Banten. Di sini, ada kuburan tua dari orang Belanda bernama Jean Louis van Gogh.

Dia adalah sepupu dari Vincent van Gogh, pelukis pasca impresionis Belanda terkenal. Jean Louis sendiri adalah tokoh yang membuka hutan di Sawarna.

Ada lahan seluas 54 hektar yang jadi salah satu perkebunan kelapa terbesar di Banten. Perkebunan itu juga yang menjadi awal adanya destinasi wisata di sana.

Pantai yang Tenang

Pantai ini jadi pilihan bagi yang mau menjauh dari keramaian kota. Suasananya tenang dan alami, cocok untuk meresapi kedamaian dan menenangkan diri.

Tempat ini juga merupakan pantai dengan pemandangan spektakuler, terdiri dari perbukitan hijau dan goa-goa sekitarnya. Perpaduan warna hijau dan biru membuat pikiran terasa segar.

Pasir pantai yang putih berkilauan membuat tempat ini sempurna untuk bersantai bersama keluarga atau bermain bagi anak-anak. Suasana yang tenang membuat ini seperti pantai pribadi.

Berdampingan dengan Banyak Pantai Indah Lainnya

Saat mengunjungi pantai ini, Anda bisa mengejar keindahan pantai lain di sekitarnya. Desa Sawarna memiliki beberapa pantai yang indah dengan pasir putih yang membentang sepanjang batas desa.

Di antaranya adalah Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Karang Taraje, Pantai Legon Pari, dan Pantai Goa Langir. Keindahannya membuat pantai-pantai ini layak masuk dalam jajaran pantai terindah di Indonesia.

Pemandangan yang Sangat Indah

Pasir putih bersih, ombak yang membentang, pepohonan hijau rindang, dan air biru jernih seperti lukisan menjadi daya tarik utama pantai ini. Sambil menikmati suasana, Anda bisa menikmati pemandangan indah sampai ke ujung pandangan.

Di sekitar pantai ini juga terdapat goa-goa besar yang siap diterokai. Bahkan tidak jauh dari sana, Anda bisa menikmati panorama Bukit Cariang yang membuat pemandangan semakin memukau.

Bisa Untuk Berselancar 

Salah satu daya tarik di tempat ini adalah ombak laut yang sempurna untuk berselancar. Anda bisa bersenang-senang berselancar bersama gelombang laut yang aman meski untuk pemula.

Banyak wisatawan mancanegara yang memilih untuk berkunjung ke pantai ini untuk berselancar. Ombak yang asyik dan pemandangan indah membuat olahraga ekstrem ini semakin menyenangkan.

Namun sebelum berselancar, ada baiknya jika Anda mempelajari teknik dasar agar lebih aman. Anda bisa menyewa instruktur untuk belajar cara berselancar dengan benar.

Tracking Goa

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menjelajahi goa-goa di sekitar pantai. Pantai ini terkenal dengan goa besar yang bisa Anda kunjungi bersama teman-teman saat liburan.

Goa yang sejuk dan gelap memiliki daya tarik tersendiri yang membuat kunjungan Anda semakin mengesankan. Gunakan jasa pemandu wisata untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

Untuk membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan dan berkesan, sebaiknya Anda bekerja sama dengan pemandu wisata. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan terhindar dari kebingungan saat menjelajahi goa, namun juga bisa mempelajari berbagai informasi menarik dan sejarah unik tentang tempat tersebut.

Sunrise dan Sunset

Menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di pantai adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Karena itu, pastikan untuk memilih waktu yang tepat untuk menikmati keindahan momen singkat ini.

 Anda bisa memilih untuk bangun lebih awal dan menikmati matahari terbit dari timur saat berada di pantai. Atau, datang saat sore menjelang petang untuk menikmati matahari terbenam yang romantis tanpa menunggu terlalu lama.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Sawarna

 Pantai ini menjadi primadona dengan fasilitas memadai seperti penginapan. Ada beberapa opsi pilihan harga untuk penginapan yang terjangkau.

Villa sebagai penginapan biasanya lebih mahal dibandingkan homestay. Selain itu, di sekitar penginapan juga tersedia oleh-oleh khas Tangerang yang bisa dibeli.

Barang-barang seperti souvenir dan jajanan khas Banten tersedia untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Untuk mempermudah kunjungan wisata, manfaatkan layanan paket wisata yang tersedia.

Layanan paket wisata mempermudah Anda menikmati akomodasi, transportasi, dan lainnya tanpa khawatir. Banyak biro perjalanan yang juga menyediakan catering dengan pilihan menu makanan khas Tangerang.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna

Tiket masuk Pantai Sawarna terjangkau, hanya Rp5.000 per orang. Sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam setelah membayar tiket.

Ada beberapa lokasi yang bisa dicapai untuk menuju Pantai Sawarna, seperti dari Pantai Tanjung Layar, Pasir Putih, Goa Langir, Karang Bokor, Legon Pari, Goa Lalay, dan Pantai Pulo Manuk.

Tiket masuk belum termasuk biaya sewa peralatan wisata. Pastikan untuk menyiapkan biaya tambahan sebelum berlibur.

Rute Untuk Menuju Lokasi Pantai Sawarna

Pantai Sawarna berada di Jl. Pantai Pasir Putih, Sawarna, Bayah, Lebak, Banten. Meski sekitar 230 KM dari Jakarta, akses jalan ke sana mudah dan bagus.

Anda Bisa menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi, atau menyewa mobil untuk sampai ke lokasi.

Layanan rental mobil murah seperti Salsa Wisata bisa jadi pilihan. Tak perlu repot mencari rute, karena siap mengantarmu. Atau, manfaatkan Google Maps untuk rute tercepat.

Jam Buka Pantai Sawarna

Pantai Sawarna buka setiap saat sepanjang hari, tetapi biasanya paling ramai pada pagi dan sore hari. Saat liburan, banyak wisatawan yang berkunjung sehingga harus bersiap-siap untuk mengantri untuk memanfaatkan fasilitas di pantai.

Pantai Sawarna jadi opsi yang cocok buat kamu yang mau bersantai selama liburan di Banten. Banyak hal menyenangkan yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke pantai yang indah ini.

Salsa Wisata bisa jadi pilihan yang cocok bagi Anda yang mau menikmati liburan di Pantai Sawarna dan destinasi wisata lain di Banten. Dengan berbagai layanan yang ada, seperti paket untuk perjalanan bersama keluarga, liburanmu pasti akan jadi kenangan yang tak terlupakan.

Referensi : Ruqyah Cirebon 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment