Soloensis

Pentingnya Toleransi Antar Sesama

cultural-diversity_52683-9473 (2)
Gambar: Freepik

     Di Indonesia banyak sekali kita temukan adanya berbagai macam keberagaman. Keberagaman yang dapat kita temukan di Indonesia antara lain, keberagaman suku, budaya, adat istiadat, warna kulit, ras, ciri fisik, pendapat.

     Selain itu di Indonesia juga memiliki 6 keberagaman kepercayaan yang di anut oleh warga masyarakat Indonesia, antara lain Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Namun, akhir akhir ini banyak kita temukan adanya Masyarakat Indonesia yang kurang adanya toleransi dalam menghadapi perbadaan tersebut.

     Kalian tau ngak sih apa makna dari toleransi? Toleransi merupakan sikap saling menghargai, menghormati, dan menerima perbedaan antar individua atau kelompok dalam menghadapi adanya perbedaan diantara kita sesama. Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai perbedaan ini sering kali mengalami konflik mengenai kurangnya toleransi antar sesama.

     Kurangnya toleransi ini dapat sering kita temukan dari pertemanan anak anak di berbagai sekolah. Anak anak tersebut menganggap bahwa perbedaan adalah hal yang mencolok dan mereka menjadikan perbedaan tersebut menjadi bahan bercanda dan ejekan.

     Banyak kasus pembullyan yang masalah utamanya adalah adanya perbedaan antar kita, baik di kalangan masnyarakat maupun dikalangan anak anak. Masyarakat Sebagian besar menganggap keberagaman sebagai hal yang sensitive dan menimbulkan perpecahan di antara kita sesama.

     Menangani permasalahan perbedaan agar tercipta kedamaian menjadi tugas kita sebagai warga negara Indonesia untuk mencari cara supaya adanya kerukunan dan terciptanya keharmonisan di antara kita. Toleransi, saling menghargai, saling menghormati salah satu cara untuk kita membangun keharmonisan. Kita harus dapat menumbuhkan sikap toleransi kepada Masyarakat Indonesia, terutama anak anak yang masih duduk di bangku sekolah.

     Toleransi adalah kata yang tidak jarang kita dengar atau temukan dalam kehidupan sehari hari kita. Kalian yang seharusnya tidak jarang mengenal atau mengetahui hal hal mengenai toleransi setidaknya mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

     Lebih baik lagi jika kalian mengajarkan atau sekedar mengingatkan pada orang yang kalian kenal mengenai pentingnya toleransi untuk mencapai Indonesia yang harmonis anti membeda beda kan satu sama lain.

     Padahal untuk memeluk kepercayaan yang kita anutti dalam masing masing individu adalah hak kita setiap orang dalam memilihnya. Kita sebagai orang lain patutnya sikap yang kita tunjukkan adalah mendukung pilihannya dan menjaga persahabatan dengannya dengan salah satu cara yaitu toleransi.

     Namun sering kali orang menanggap hal tersebut adalah hal yang sepele dan tidak perlu adanya sikap sadar untuk saling toleransi. Salah satu pokok permasalahan yang sering dijadikan permasalahan adalah dengan adanya perbedaan agama atau kepercayaan yang dianut oleh warga Masyarakat di Indonesia.

    Banyak orang orang yang menganggap perbedaan kepercayaan adalah suatu keberagaman yang mencolok dan mereka menganggap kepercayaannya lah yang paling unggul dari kepercayaan yang dianut oleh orang lain. Kalian tahu ngak sih apa pentingnya toleransi dalam menghadapi perbedaan? Jika setiap orang memiliki sikap toleransi yang tinggi, maka meminimalisir terjadinya konflik antar kita yang memiliki berbagai macam keragaman.

     Manfaat toleransi yang lain adalah memelihara dan mempererat persaudaraan umat manusia. Tali persaudaraan yang erat sangat dibutuhkan dalam kehidupan, bagian dari bangsa yang majemuk, atau plural dengan kehidupan keberagaman.

     Toleransi merupakan modal utama kita dalam menghadapi adanya berbagai perbedaan. Toleransilah yang menjadikan rakyat Indonesia tidak melihat keberagaman tersebut menjadi sebuah perbedaan. Janganlah kita memandang rendah dan menyalahkan perbedaan keberagaman yang ada.

     Terakhir, jangan pernah memandang rendah orang lain hanya karena perbedaan yang ada. Hindari memberikan komentar merendahkan yang hanya akan memecah belah persatuan. Berkomentarlah tentang perbedaan keberagaman memakai Bahasa yang hormat dan sikap bijaksana. Mari kita bangun negara dengan kehidupan yang tentram, damai, dan harmonis dengan menjunjung tinggi nilai toleransi.

 

Fayola Elysa Putri

SMPN 9 Solo

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment