Soloensis

Investor GOTO Mau Bawa Perusahaan Ini IPO, Valuasi Setara BRI

76ad452e-720a-41c7-9abe-5e094e0f2432_169

Jakarta, Indonesia – Produsen chip asal Inggris Arm Ltd. berencana untuk melakukan Initial Public Offering (IPO). Salah satu pemegang saham utama Arm Ltd. diketahui juga merupakan investor dari raksasa teknologi Tanah Air, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Dalam penawaran publik perdana, Arm dikabarkan mengincar valuasi US$50-55 miliar atau sekitar Rp825 triliun di bursa Nasdaq dua minggu lagi. Besaran target valuasi, bila disandingkan setara dengan kapitalisasi pasar Bank BRI (BBRI) yang saat ini bernilai Rp 836.49 triliun.

Dikutip dari Wall Street Journal, Arm berencana untuk mulai bertemu dengan calon investor pada Selasa, (5/9/2023), menjelang debut pasar sahamnya di bursa Nasdaq pada minggu berikutnya.

Arm diketahui dimiliki oleh Softbank, perusahaan pendanaan yang juga memiliki GOTO. Grup SoftBank diperkirakan akan menjual sekitar 10% dari total saham yang beredar dalam penawaran tersebut. Aksi ini akan menguji kebangkitan pasar IPO Nasdaq. Pasalnya, nilainya dianggap sebagai yang terbesar tahun ini, melebihi IPO jaringan restoran Cava Group dan penjual Make Up Oddity Tech, yang baru-baru ini terjadi.

SoftBank mengakuisisi Arm, yang chipnya digunakan di sebagian besar ponsel pintar dan perangkat seluler, dengan nilai sekitar $32 miliar pada tahun 2016. SoftBank kemudian mengalihkan seperempat bisnisnya seharga $8 miliar kepada Vision Fund, unit modal ventura flagship milik investor teknologi Jepang tersebut.

Namun, kisaran harga yang ditargetkan Arm masih jauh di bawah nilai pasar US$ 64 miliar yang tersirat dalam kesepakatan SoftBank Group baru-baru ini untuk membeli sisa 25% saham Arm dari unit Vision Fund-nya.

Sumber WSJ mengatakan bahwa target penilaian yang lebih rendah bukanlah suatu hal yang pasti. Mereka memperkirakan permintaan yang kuat dan mendorong harga lebih tinggi. Dalam banyak IPO yang sangat dinanti, perusahaan dan penjamin emisi memulai dengan target penilaian yang lebih rendah dan kemudian menetapkan harga yang jauh lebih tinggi.

IPO Arm memberi SoftBank cara untuk menjual posisinya sebagai perancang chip seiring waktu. Jika sahamnya naik dalam beberapa bulan mendatang, hal itu bisa memberikan return yang lebih besar.

Investor Jepang bisa memanfaatkan kemenangan ini. Dipimpin oleh miliarder pendirinya Masayoshi Son, SoftBank telah menghabiskan sebagian besar dari dua tahun terakhirnya menjual investasinya yang telah matang untuk membayar utang.

IPO Arm ini akan memberi SoftBank modal segar untuk memulai kembali investasi besarnya di startup teknologi lain. Perusahaan tersebut baru-baru ini mengatakan ingin melakukan investasi skala besar di bidang kecerdasan buatan.

SoftBank sebelumnya mencoba menjual Arm seharga US$40 miliar kepada Nvidia, pembuat kecerdasan buatan dan chip grafis, tetapi kesepakatan tersebut gagal terkendala oleh aturan di AS.

Arm adalah pemain kunci dalam industri semikonduktor dunia, dengan perusahaan-perusahaan termasuk Apple, Qualcomm, dan Advanced Micro Devices mengandalkannya untuk beberapa chip mereka. Mereka bangga menjadi pihak netral dalam industri chip, menjual desainnya kepada semua orang tanpa memihak produsen mana pun.

Dalam pengajuan IPO ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS, Arm mengatakan labanya turun lebih dari 50% pada kuartal terakhir, akibat melambatnya penjualan ponsel pintar.

Perusahaan ini telah memperluas jangkauannya ke chip lain yang lebih kuat dalam beberapa tahun terakhir dan didorong oleh hype kecerdasan buatan, yang dapat membawa peluang penjualan baru. Lebih dari 30 miliar chip berbasis Arm dikirimkan pada tahun fiskal terakhir perusahaan, naik 70% dari tujuh tahun lalu, kata Arm dalam pengajuan SEC.

Di sisi lain, Eksposur Arm ke Tiongkok adalah risiko utama yang mungkin membebani penilaian akhir perusahaan dalam penawaran tersebut karena ketidakpercayaan antara AS dan negara adidaya saingannya.

Sekitar 25% pendapatan Arm berasal dari Tiongkok pada tahun fiskal terakhirnya, menurut pengajuan SEC, sehingga “sangat rentan terhadap risiko ekonomi dan politik” yang mempengaruhi negara tersebut.

Arm mengatakan pihaknya memperkirakan akan terjadi penurunan pendapatan royalti dari Tiongkok, dan menambahkan bahwa pendapatan tersebut telah melambat karena masalah ekonomi dan kontrol ekspor yang diberlakukan terhadap negara tersebut.

Tiongkok menunjukkan kemampuannya untuk melakukan intervensi dalam pengembangan industri chip AS bulan lalu, setelah regulator Tiongkok gagal menyetujui tawaran Intel senilai lebih dari $5 miliar untuk membeli pembuat chip kontrak Israel, Tower Semiconductor. Kelambanan ini menyebabkan kedua perusahaan membatalkan kesepakatan mereka.

Arm aka4d telah mengadakan pembicaraan dengan beberapa mitra dan pelanggannya untuk penjualan saham kecil dalam IPO yang masing-masing bernilai hingga $100 juta, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Belum diketahui investor mana, jika ada, yang berencana untuk berpartisipasi.

romanobet Perusahaan terkadang mengundang investor keuangan strategis dan ternama untuk berinvestasi dalam IPO mereka karena hubungan yang sudah ada atau untuk membantu mendapatkan kredibilitas di pasar guna meningkatkan permintaan terhadap saham tersebut.

 

Kesepakatan ini merupakan kabar baik bagi para bankir Wall Street yang kesulitan menghadapi kemerosotan pasar IPO baru-baru ini. Barclays, Goldman Sachs, JPMorgan dan Mizuho termasuk di antara bank-bank yang menjamin penawaran tersebut.

SUMBER CNBC INDONESIA

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment