Soloensis

6 Tips Agar Belajar Online Semakin Lebih Optimal Bagi Anda

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Merangkum dari halaman resmi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Berbagi, 6 tips ini adalah: 

1. Motivasi diri 

Buat motivasi untuk belajar dengan cara-cara berikut: Buat perjanjian dengan diri sendiri jika Anda hanya dapat melakukan kegiatan favorit Anda (seperti menonton atau bermain game) setelah semua target pembelajaran telah tercapai. Tulis dan tampilkan ungkapan motivasi favorit Anda di dekat meja. Anda juga dapat meminta bantuan dari keluarga atau teman untuk mengingatkan Anda. 

 

 

2. Atur waktu 

Gunakan waktu belajar Anda secara efektif dengan teknik Pomodoro berikut. Tetapkan target harian Anda dan jam belajar setiap pagi. Buat daftar tugas dan komunikasikan jadwal belajar Anda dengan keluarga atau teman sehingga Anda dapat memantau dan membantu Anda. Mulailah bekerja dengan mengikuti teknik manajemen waktu Pomodoro berikut: Buat daftar tugas yang harus dilakukan Lakukan tugas selama 25 menit Periksa daftar tugas yang telah dilakukan Istirahat selama 5 menit Kembali bekerja selama 25 menit + 5 menit istirahat. Ini adalah kegiatan Pomodoro. Setelah menerapkan teknik Pomodoro 4, istirahat panjang (30 menit). Setelah semua tugas dalam daftar Anda selesai, lakukan kegiatan lain untuk pengembangan pribadi Anda. 

 

3. Kerjakan tugas dan hobi 

Pastikan Anda dapat melakukan tugas dengan benar dengan langkah-langkah berikut: Baca tugas dari guru dengan cermat. Jika Anda tidak mengerti, tanyakan kepada guru atau teman Anda melalui obrolan, SMS, atau aplikasi telepon. Untuk pembelajaran online, pastikan Anda memiliki ponsel atau laptop Anda, koneksi internet yang stabil, kuota yang cukup, dan aplikasi pembelajaran yang diperlukan. Untuk pembelajaran berbasis proyek, pastikan alat dan bahan tersedia di rumah Anda. Jika ada kendala, laporkan langsung ke orang tua, guru, atau berkomunikasi dengan teman. Setelah selesai, laporkan atau kirim pekerjaan Anda ke guru dan orang tua Anda. Agar Anda tidak bosan, setelah mengerjakan tugas sekolah, Anda bisa menyegarkan diri dengan berolahraga, memasak, atau melakukan aktivitas favorit Anda. 

 

4. Tanyakan orang-orang 

Meskipun Anda tidak bertemu langsung, itu tidak berarti Anda tidak berinteraksi dengan orang lain. Anda dapat tetap berhubungan dengan orang-orang terdekat Anda untuk membantu proses belajar Anda dan memastikan Anda tahu apa yang terjadi di sekitar Anda. Orangtua: Anda dapat mendiskusikan tentang proyek Anda atau masalah saat ini. Guru: Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang tugas atau meminta masukan tentang hasil pekerjaan yang dilakukan. Teman sekelas: Anda dapat berbagi berita satu sama lain, mendiskusikan tugas dan masalah saat ini. Situs web sumber belajar dan platform berita: Anda dapat menemukan referensi pekerjaan dan membaca berita terbaru. 

 

5. Ulangi materi lagi 

Melakukan tugas kadang-kadang tidak cukup untuk memahami materi pembelajaran. Cara berikut ini bisa Anda coba untuk benar-benar memahami pelajaran dengan mengulangi materi lagi. Tonton video pembelajaran online. Diskusikan materi yang dipelajari dengan teman Anda dalam obrolan grup. Buat ringkasan atau peta konsep materi yang dapat membantu Anda mengulangi materi di masa mendatang. Kerjakan pertanyaan tambahan jika Anda membutuhkan lebih banyak tantangan. 

 

6. Lanjutkan dan tingkatkan 

Setelah mencoba strategi pembelajaran ini, renungkan kembali apakah pola ini bekerja untuk Anda: Jika berhasil, bagaimana cara membuatnya lebih optimal? Baca juga: Siswa Kembali Diingatkan tentang Beberapa Hal yang Harus Dihindari Covid-19 Jika belum berhasil, faktor apa yang mungkin menjadi alasannya? Bagaimana memperbaikinya?

 

Kunjungi juga : https://www.cergaz.com

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

fernando

seorang blogger

Add comment