Soloensis

Indahnya shalat tarawih berjamaah

IMG-20230401-WA0010

Saya Ahmad Hasan. Saya mempunyai satu kakak laki-laki dan dua adik laki-laki. Saya akan menceritakan kisah saya tentang pengalaman sholat tarawih di salah satu masjid yang berada di Kabupaten Sukoharjo tepatnya di Desa Telukan Kecamatan Grogol.

 

Saya melaksanakan ibadah salat tarawih yang ditetapkan kemarin pada tanggal (22/3/2023). di salah satu masjid yang bernama Masjid At-taubah yang menyelenggarakan ibadah shalat tarawih ini. Di Majid At-taubah ini pula setiap tahunnya tepatnya di bulan Ramadan pasti menyelanggarakan kegiatan-kegiatan keislaman seperti kultum subuh buka bersama dan shalat tarawih secara berjamaah. 

 

Shalat tarawih di masjid At-taubah diikuti oleh ratusan jamaah. Ada pun masjid ini penuh oleh jamaah baik didalam Masjid maupun diserambin masjid. Baik jamaah putra maupun jamaah putri. Saf jamaah putra di dalam masjid dan jamaah putri di serambi masjid. 

 

Jamaah terdiri dari berbagai lokasi seperti warga setempat sekitaran masjid ataupun warga yang mengekos disekitaran masjid. Adapun jamaah yang datang dari luar daerah, seperti karyawan pabrik yang mengingat masjid ini dikelilingi juga banyak pabrik disekitarnya. Saya sering salat di Masjid At-taubah untuk berjamaah bersama. Dan saya senang dengan masjid ini, dikarenakan tempat yang tidak begitu panas dan juga lumayan luas. 

 

Saya pun kagum dengan konsep masjid ini dikarenakan jamaahnya dari berbagai golongan dan keyakinan “saya senang dengan melihat masjid yang jamaahnya penuh dengan harmonis dan tidak saling menyalahkan  satu sama lain karena perbedaan pendapat.”

 

Yang menarik, shalat tarawih dan shalat witir ini agak berbeda dengan masjid yang lain. Masjid At-taubah ini memfasilitasi bagi jamaah yang menginginkan shalat tarawih 8 rakaat dan 20 rakaat. Teknisnya jamaah memulai shala isya secara berjamaah lalu dilanjuttkan dengan shalat ba’diyah 2 rakaat lalu dilanjutkan dengan kultum singkat oleh petugas/ustad yang sudah ditunjuk sesuai jadwalnya. 

 

Di mulailah shalat tarawih setelah kultum dengan diawali seorang bilal membacakan tarkhim untuk memulai shalat tarawih, yang menarik adalah masjid attaubah memfasilitasi bagi jamaah yang jamaah yang mau ikut 8 atau 20 rokaat salat tarawih. Ketika sudah 8 rakaat bilal membacakan salawatan singkat bagi jamaah yang ingin pulang terlebih dahulu, baik yang mau istirahat ataupun punya kegiatan lain, setelah itu dilanjut shalat taraihnya samapai 20 rakaat dan witir 3 rakaat terdiri dari 2 rakaat salam dan 1 rakaat salam. 

 

Menurut salah satu imam Masjid At-taubah yaitu Joko Suparno hal ini sudah biasa dilakukan setiap bulan ramadhan nya “kami sebagai imam saling menghargai satu sama lain tidak egois, sehingga bagi jamaah yang menginginkan salat tarawih 8 rakaat maupun 20 rakaat tetap bisa dilakukan” hal itu yang membuat salah satu penyebab perdamaian antara perbedaan golongan tetap damai dan rukun, sehingga toleransi ini tetap ada dan tidak saling membeda-bedakan satu sama lain.IMG-20230401-WA0010

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment