Soloensis

Keberagaman Talenta

people-playing-with-their-pets-illustration-collection_23-2148530652
Gambar: Freepik

     Hari-hari yang cerah ini ,mungkin sebentar lagi akan digantikan dengan awan mendung yang amat gelap dan burung-burung yang awalnya berterbangan dengan bebas, harus mencari tempat yang teduh bersama dengan anaknya. Sering sekali kita menemukan teman-teman sepantaran dengan talenta masing-masing yang tentunya unik dan spesial. Menari dan bermain gamelan contohnya.

     Namun, tak menutup kemungkinan bahwa talenta lainnya juga begitu menarik dan menjadi daya tariknya sendiri. Sayangnya, di beberapa talenta tersebut yang jarang diperkenalkan selalu diremehkan dan dianggap rendah.

Pada saat aku masih duduk di bangku sekolah dasar, aku tidak bisa melakukan gerakan olahraga satupun. Aku tak pernah bisa memegang bola voli dengan benar, apalagi memainkannya. Namun, aku sangat senang karena ada temanku yang bisa voli menyempatkan waktunya untuk mengajariku beberapa teknik bermain voli.

     Temanku yang sedang kubicarakan bernama Titis, dia memiliki tubuh yang tinggi dan rambutnya sedikit bergelombang. Aku betul-betul bersyukur memiliki teman sepertinya. Pada saat pelajaran seni budaya berlangsung, Titis mendapatkan tugas kelompok seni budaya dan kebetulan dia sekelompok denganku. Tugas tersebut berisi tentang perintah guru untuk membuat logo sebuah perusahaan berupa restoran. Senangnya, aku memiliki talenta menggambar. Namun, aku juga mengerti bahwa temanku tak bisa menggambar. Jadi aku membantunya dengan sabar dan menggambar bersama dengan senang.

     Aku juga tak lupa mengajarinya sedikit tentang dunia seni, walaupun wajahnya sudah kelihatan kelaparan karena aku menjelaskannya 8 menit. Awan yang mendung tadi seketika menghilang. Burung-burung berkicauan dengan senang. Hanya langit biru dan tanaman hijau asri yang menghiasi dunia ini. Membuatnya terlihat menyejukkan dan harmonis. Begitu juga dengan keberagaman.

     Keberagaman yang tercipta dalam dunia ini telah menciptakan kesadaran para manusia untuk lebih mengedepankan sikap saling menghormati, menghargai, serta toleransi. Begitu juga dengan sikap menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan. Hal ini bisa terjadi karena keberagaman.

 

Fazila Tatyana Azalia

SMPN 19 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment