Soloensis

MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN

 Dikutip dari shopback.co.id Kurma adalah jenis tanaman palma berasal dari kawasan irak. Banyak ditanam di timur tengah dan afrika utara. Kebanyakan tanaman kurma tumbuh di negara-negara arab. Kurma telah menjadi makanan pokok di timur tengah, telah di yakini dizaman kuno seperti zaman mesopotamia kepra sejarah mesir yang mungkin pada awal abad 4000 SM.banyak bukti budidaya di arab timur pada tahun 6000 SM. Orang arab mnyebarkan kurma ke seluruh dunia.pohon kurma adalah pohon yang indah, tumbuh setinggi 60 kaki sampai 80 Kaki. Dan batangnya, yang sangat ditandai dengan batang rumput yang di pangkas dari basa daun tua, berakhir dengan mahkota daun anggun, bersinar, menyirip 10 kaki sampai 20 kaki panjangnya.

Kurma tak hanya nikmat di jadikan menu berbuka puasa,selain merupakan sunah nabi berbuka puasa dengan kurma,ternyata kurma mengandung banyak manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat kurma bagi kesehatan adalah :

1.      Untuk orang yang berpuasa

    Dengan kandungan gula yang tinggi, tentu saja buah kurma bisa menyumbang  tenaga tambahan bagi orang yang mengomsumsinya saat buka puasa, sehingga menyegarkan tubuh dan bertenaga lagi untuk melakukan ibadah tanpa ada lagi rasa letih ataupun mengantuk.oleh sebab itulah, untuk mencegah hal ini mengonsumsi buah kurma adalah solusinya. Kenapa seperti itu? Karena zat gula dalam buah kurma ini berbeda dengan kandungan gula pada buah-buah lainnya seperti tebu ataupun gula pasir yang justru mengandung sukrosa.

2.      Khasiat kurma untuk ibu hamil dan anaknya

      Jika dikonsumsi oleh anak-anak, buah kurma sangat berperan dalam mencerdaskan otak anak, sehingga sangat beralasan bila Rasul sampai menganjurkan kepada wanita yang sedang mengandung untuk sering-sering makan kurma .jika ibu hamil rajin makan kurma .insya allah anak yang dilahirkannya nantik akan tumbuh jadi anak yang sabar,sopan, dan cerdas.

3.      Mencegah anemia

       Kandungan kurma yang kaya akan zat besi yang sangat ampuh mencegah anemia kamu akan memiliki koleksi darah rendah di setujui untuk mengomsusmsi kurma secara teratur. Kandungan zat besi yang ada di kurma bisa diganti dengan zat besi yang hilang di tubuh.selain manfaat kurma bisa untuk tubuh.kurma bisa mengurangi perasan yang lelah dan lesu

4.      Mengurangi kadar kolestrol

       Mungkin kamu kaget dengan manfaat kurma yang satu ini. Buah yang kecil ini ternyata juga bisa mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

5.      Memperbaiki sel kulit rusak

        Manfaat buah kurma bagi tubuh lain adalah memperbaiki sel kulit yang rusak.manfaat yang satu ini juga baik untuk kecantikanmu.kurma juga memilik kandungan asam panthothenic yang masuk dalam kelompok vitamin B.

6.      Menjaga elastisitas kulit

       Kurma juga bisa melepaskan elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C pada kurma adalah bisa mengatasi dua masalah kulit yang sering dialami oleh wanita.

7.      Mengatasi masalah pencernaan

        Kurma juga bermanfaat untuk mengantasi masalah penceraan.kandungan serat dalam kurma yang cukup tinggi dapat membantu memenuhi kebutuhan serat .mengonsumsi 2 buah kurma setiap hari bisa melancarkan penceraan.

8.      Mencegah diabetes

         Kurma memenga memilik rasa yang sangat manis tetapi buah ini bisa mencegah diabetes.alasnya memiliki kandungan gula yang alami baik untuk tubuh. Kandungan serat dalam kurma ternyata justru bisa membantu mengontrol gula darah.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    shifa urrahma

    mahasiswa uinsu

    View all posts

    Add comment