Soloensis

6 Daftar Hewan yang Baru Dipastikan Punah

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Masuk tahun 2019, beberapa hal terjadi di dunia ini. Itu juga tidak semua tertangkap penilaian. Banyak kejadian yang masih lepas dari perhatian.

Salah-satunya berkaitan jejeran hewan yang belakangan ini dipastikan punah. Apa anda sensitif dengan kejadian memilukan ini?

Posting ini membuat kita semua sedih. Tapi bagaimana juga, realitasnya memang pahit. Beberapa ilmuwan, pencinta hewan, serta warga umum pantas bersedih. Terlebih, kita – manusia – jadi dalang di balik kepunahan beberapa hewan.

Sebab tingkah manusia, hewan jadi tertekan serta kehilangan habitatnya. Deforestasi atau penebangan rimba terus berguling. Selanjutnya iklim jadi tidak menentu. Hingga kenyataan jelek ini tidak terelakkan untuk berlangsung. Jangankan di alam liar, hewan yang masih ada di penangkaran juga tidak dapat bertahan. Ujung-ujungnya mereka binasa.

Nah, di bawah ini 6 hewan punah baru-baru Ini:

1. Spix’s Macau/Macaw Spix (Cyanopsitta spixii

Familier dengan burung bayan ini? Mereka adalah anggota tunggal dari genus Cyanopsitta. Makaw ini makin terkenal saat tampil dalam film animasi, Rio (2011). Sang burung jadi ciri-ciri penting namanya Blu, lantas ia mengejar-ngejar betina namanya Jewel. Pasangan ini selanjutnya membuahkan 3 anak makaw yang lucu.

Narasi film animasi itu memanjakan mata serta hangat. Sayangnya, di dunia riil sendiri, populasi nuri asli Brasil ini tidak dapat dipertahankan. Dikutip oleh studi Birdlife International, makaw spix telah punah di alam liarnya. Data itu diperkokoh oleh kesaksian beberapa masyarakat Brasil.

Fakta intinya yakni deforestasi. Menurut Kepala Ilmuwan Birdlife, Dr. Stuart Butchart, unsur yang lain tidak jauh dari kemunduran habitat sebab terdapatnya penebangan serta kegiatan pertanian yang tidak berkepanjangan. Automatis beberapa hewan jadi kehilangan tempat tinggalnya.

2. Po’ouli/ Poo-uli (Melamprosops phaeosoma)

Burung vokalis ini adalah hewan asli dari Hawaii. Seputar 50 tahun waktu lalu, burung ini diketemukan serta dikagumi beberapa orang. Tetapi menurut US Fish and Wildlife Service, keberadaan sang burung terus-terusan menukik. Lebih sesudah terdapatnya spesies invasif yang dikenalkan ke Pulau hawaii. Pada tahun 2018 tempo hari juga, burung ini sah dipastikan punah.

3. The cryptic songbird/cryptic treehunter

Pada tahun 2002, kita suka sebab ada spesies burung baru dari lokasi Brasil timur laut. Walau baru diketemukan, saat itu sang cryptic treehunter telah terhitung kelompok ‘terancam punah’ karena banyaknya yang sedikit. Saat ini keberadaannya malah makin turun serta gawat. Sekarang mereka serta telah membuat kita kehilangan.

4. Alagoas Foliage-gleaner (Philydor novaesi)

Burung vokalis endemik Brasil ini memberikan info jelek. Spesies burung ini diketemukan pada tahun 1979. Tetapi saat itu mereka telah terhitung burung langka karena banyaknya yang terbatas. Makin hari, populasinya makin tipis. Saat ini mereka malah di konfirmasi telah punah.

5. Vaquita (Phocoena sinus)

Di laut sendiri, ada mamalia laut yang menurut World Wildlife Foundation dapat hancur kapanpun. Lumba-lumba langka ini adalah endemik Teluk California utara. Mereka terbunuh sebab turut terjerat dalam jaring ikan. Direncanakan cuma seputar 30 ekor yang masih bertahan di alam liar. Keberadaan mereka benar-benar terancam.

6. Badak putih

Untuk hewan daratnya, ada sang megafauna ‘badak putih’ yang demikian mencemaskan. Jumlahnya mereka makin tertekan oleh pemburu liar. Justru pada Bulan Maret 2018, salah satu badak putih jantan yang masih ada pada akhirnya wafat.

Cuma ada dua badak putih betina yang masih sisa. Mereka benar-benar dilindungi, hingga dijaga oleh anggota bersenjata selama saatnya. Sebab reproduksi alami tidak bisa saja, karena itu kita cuma dapat tergantung pada reproduksi pertolongan. Itu juga tidak ditanggung sukses.

Di tahun 2019 ini, kita cuma dapat menanti nasib beberapa hewan yang dihantui kepunahan. Mungkin mereka akan habis semua. Walau sela untuk bertahan demikian kecil, tapi keinginan harus dihembuskan.

Sekarang-sekarang ini, kampanye untuk tingkatkan kesadaran akan kepunahan hewan terus digaungkan. Diinginkan warga luas berperan serta untuk jaga kelestarian bumi serta beberapa penghuninya. Demikian, 6 hewan punah baru-baru Ini.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang berbagai jenis hewan, kalin bisa kujungi situs Pawanghewan.co melalui browser ponsel maupun laptop. Ada banyak pembahasan tentang hewan yang bisa anda baca secara gratis.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Marioline Jeslyn

Add comment