Soloensis

Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Merambat Yang Cocok Menghiasi Rumah

images (15)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah Anda terlihat lebih indah dan menarik. Salah satunya dengan menambahkan taman atau berbagai jenis tanaman hias di sekitar rumah. Misalnya jenis tanaman merambat atau tanaman gantung.

Memiliki beberapa jenis Tanaman Merambat tentunya bisa Anda terapkan pada pagar rumah, dinding rumah, atap, balkon dan lorong rumah. Agar terlihat lebih hidup, Anda juga bisa menambahkan beberapa ornamen sebagai penghiasnya.

Jenis Tanaman Merambat

Ada cukup banyak jenis tanaman merambat yang bisa Anda gunakan untuk menghiasi rumah Anda. Di bawah ini kami mencoba merangkum beberapa jenis tanaman merambat yang cocok untuk menghiasi rumah Anda.

Mandevilla

Mandevilla merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang kesekian kalinya bisa Anda pilih untuk menghiasi rumah Anda. Tanaman merambat jenis ini memiliki bunga dengan warna yang beraneka ragam. Seperti merah, pink dan putih. Tanaman ini sering dipilih untuk menghiasi pagar atau dinding luar rumah dan dapat tumbuh dengan baik. 

Meski begitu, batang Mandevilla tidak terlalu kuat sehingga harus diikat di beberapa sudut agar bisa merambat dengan sempurna. Tanaman ini juga cukup rentan terhadap serangan cacing tanah, sehingga bila Anda berencana menggunakan Mandevilla sebagai hiasan pagar atau dinding luar, sebaiknya gunakan arang kelapa sebagai media tanamannya.

Alamanda

Jenis tanaman merambat selanjutnya adalah Alamanda. Tanaman dengan bunga berwarna kuning cerah ini sangat cocok dijadikan tanaman pagar atau penghias dinding luar rumah, karena dapat memberikan kesan ceria dan segar. Tanaman ini juga mempunyai kemampuan bertahan hidup yang baik. Termasuk kondisi di tempat yang beriklim tropis seperti Indonesia yang cenderung panas. 

Tanaman yang sering disebut bunga lonceng atau bunga terompet ini juga cocok dijadikan hiasan kanopi. Namun jika ingin menggunakannya sebagai kanopi penghias, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kanopi terpasang dengan kokoh karena tanaman rambat jenis ini memiliki daun yang lebat. 

Soapwort

Jenis tanaman rambat yang direkomendasikan selanjutnya adalah Soapwort. Tanaman ini termasuk jenis tanaman merambat yang pertumbuhannya relatif cepat dan menyebar sehingga cocok untuk menutupi dinding atau kanopi. Seperti namanya, bunga tanaman Soapwort juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan sabun alami.

Dollar

Tanaman dollar merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau cerah mengkilat sehingga mampu menghadirkan suasana dan kesan asri pada rumah Anda.

Tanaman ini juga memiliki struktur akar yang menempel erat pada tempat tumbuhnya sehingga cocok dijadikan tanaman penghias dinding atau pagar. Perawatan tanaman dollar juga terbilang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus yang ribet.

Flame of Irian

Jenis tanaman rambat yang direkomendasikan selanjutnya adalah Flame of Irian. Seperti namanya, tanaman merambat jenis ini berasal dari daerah Irian atau sekarang dikenal dengan nama Papua. Tanaman ini mempunyai kemampuan bertahan hidup yang sangat baik meskipun dalam situasi dan kondisi panas. Tanaman ini tumbuh menjuntai sehingga cocok dijadikan tanaman penghias kanopi di rumah anda.

Petrea Volubilis

Petrea Volubilis merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang direkomendasikan memiliki bunga seperti Lavender. Tanaman merambat ini biasa ditanam di dekat pagar karena keindahan bunganya yang mampu memberikan kesan ceria dan estetis.

Tanaman Petrea ini juga sangat mudah ditanam dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, mulai dari tanah lembab hingga kering. Namun sayangnya tanaman ini mempunyai umur tumbuh yang pendek sehingga bunganya hanya akan mekar beberapa hari saja, kemudian layu dan gugur.

Jalaran Api

Jalaran Api merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang bunganya berbentuk seperti semburan api. Bunga tanaman merambat ini memiliki warna yang cerah dan indah sehingga cocok untuk menghiasi rumah Anda. Terutama pada bagian kanopi, pagar atau dinding luar rumah. 

Dipladenia

Jenis tanaman rambat selanjutnya yang cocok dijadikan penghias dinding dan pagar rumah adalah tanaman Dipladenia. Tanaman merambat ini mirip dengan tanaman Mandevilla karena masih satu keluarga. Tanaman ini juga memiliki bunga indah berwarna merah cerah dengan daun kecil dan tampak subur.

Bunga Ivy

Bunga ivy juga merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang direkomendasikan untuk dijadikan hiasan dinding dan pagar di rumah Anda. Tanaman hias ini mempunyai batang menyebar dengan daun berbentuk segitiga, dan mampu tumbuh dalam waktu yang cukup lama.

Selain mempercantik tampilan rumah Anda, tanaman ini juga mampu menyerap polusi udara di lingkungan sekitar rumah Anda. Sehingga udara menjadi lebih segar dan bersih. Namun getah tanaman bunga ivy ini dapat menyebabkan alergi dan iritasi.

Bougenville

Bougenville juga termasuk salah satu jenis tanaman rambat yang direkomendasikan dan cocok untuk menghiasi pagar atau kanopi di rumah Anda. Tanaman ini mempunyai kelopak bunga yang tipis seperti kertas.

Variasi warna bunga bugenvil ada banyak sekali, seperti merah, pink, putih, kuning, ungu, dan lain-lain. Warna-warna ini mampu memberikan sentuhan ceria pada rumah Anda. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan khusus dan dapat tumbuh subur di cuaca panas.

Demikian ulasan artikel tentang Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Merambat Yang Cocok Menghiasi Rumah seperti yang dilansir alexistogel login. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment