Soloensis

Pablo Temanku dari Papua

ethnic-friendship-concept-illustration_114360-2357

   Saya mempunyai teman dari Papua yang bernama Pablo, Pablo lahir di Papua dan tinggal di Bekasi, Pablo berumur 14 tahun, Pablo beragama Kristen, tahun lalu Pablo berkunjung ke rumah kakanya dan tinggal dirumah kakaknya, Pablo tinggal dirumah kakanya bersama ibu, ayah dan saudaranya. Rumah kakanya sangat dekat dengan gereja yang sering saya kunjungi saat ibadah.

   Saya dan Pablo berteman dan memiliki karakteristik yang berbeda, dia sangat humoris , Pablo memiliki hobi bersepeda dan saya memiliki hobi berenang, saya sangat senang bisa berteman dengan Pablo, meskipun kami berbeda, tetapi kami senang bisa saling menghargai, kami juga sering ke gereja bersama.

    Pablo memiliki banyak teman meskipun ia memiliki rambut yang keriting, warna kulit coklat gelap, meskipun banyak perbedaan dengan teman-temannya, tetapi Pablo bisa menghargai perbedaan tersebut. Teman-teman yang sering bermain bersama Pablo tidak pernah mengejek atau membully Pablo.

    Pablo juga tidak pernah iri dengan teman-temannya, meski Pablo memiliki warna kulit dan jenis rambut yang berbeda dengan teman-temannya. Pablo percaya diri meskipun ia berbeda. Pablo bersyukur karena bisa mempunyai teman yang banyak tanpa ada yang mengejek atau membullynya.

    Pablo memiliki saudara yang bernama Luis, Pablo sangat dekat dengan saudaranya tersebut sering bermain bersama, sering ke gereja bersama, saya jarang melihat mereka bertengkar. Saya bisa mengambil sedikit amanat dari persaudaraan Pablo dan Luis “meskipun kita saudara dan memiliki karakteristik yang berbeda tetapi kita bisa saling menghargai.

    Saya senang bisa bertemu teman seperti Pablo, dari Pablo saya bisa mempraktekkan keberagaman dalam pertemanan.  Dari Pablo saya bisa belajar bahwa “kita harus percaya diri dengan perbedaan yang kita miliki dan harus saling menghargai agar kita juga bisa dihargai orang lain”.

Nama: Adriano Jevon Prasetyo

Sekolah: SMPN 18 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment