Soloensis

Bagaimana Caranya Memperbaiki Body Mobil Penyok?

images (29)

Setiap pengendara mobil tidak lepas dari resiko perjalanan, misalnya mengalami kejadian Mobil Penyok akibat tabrakan. Baik itu pada bagian pintu, bodi mobil, bemper, dan lain-lain. Namun, tak perlu cemas, terdapat beberapa metode untuk memperbaiki mobil yang mengalami penyok. pada artikel kali ini kami akan membahas cara memperbaiki body mobil yang penyok. Mari kita simak artikel ini sampai akhir.

Pengertian Bodi Mobil 

Bodi tersebut dibentuk dengan presisi dan terbuat dari pelat logam dengan ketebalan berkisar antara 0,6 mm hingga 0,9 mm, berfungsi sebagai tempat untuk penumpang atau barang. Konstruksi bodinya sendiri terbagi menjadi dua, yaitu terpisah atau composite dan menyatu atau monocoque. Tipe terpisah adalah bodi dan rangka tidak terintegrasi, sedangkan yang menyatu antara bodi dan rangka disusun menjadi satu.

Cara Memperbaiki Mobil Penyok

Bodi mobil merupakan bagian kendaraan yang rawan penyok akibat tertabrak atau terlindas. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki mobil yang penyok:

Atasi Dengan Pengering Rambut Dan Karbondioksida Cair

Salah satu metode awal untuk memperbaiki mobil yang mengalami penyok adalah dengan menggunakan hair dryer dan karbondioksida cair sebagai bahan utamanya. Metode ini memanfaatkan perubahan suhu yang drastis secara tiba-tiba dari panas ke dingin. Saat bagian mobil yang melengkung terkena perubahan suhu yang drastis ini dalam waktu singkat, akan terjadi gaya dorong alami. 

Perlu dicatat bahwa pengering rambut yang dapat memberikan suhu panas dalam waktu singkat ketika melekat padanya oleh karbon dioksida, efektif menurunkan suhu dengan cepat menjadi sekitar minus 109 derajat Celcius. Kami menggunakan transfer suhu ini untuk mengembalikan bodi mobil ke keadaan semula.

Menggunakan Air Panas

Sama seperti cara memperbaiki mobil penyok sebelum menggunakan temperatur. Kali ini kita akan menggunakan air panas sebagai media penghantar panas pada bagian bodi mobil yang penyok. Sesuai dengan hukum fisika yang saya pelajari ketika masih sekolah, dimana dengan menggunakan air panas akan dengan mudah menarik bagian body mobil yang masuk ke dalam akibat benturan hingga kembali seperti semula.

Sebenarnya, cara untuk mengatasi mobil yang mengalami penyok ini dapat dilakukan ketika bumper mengalami penyok. Meskipun bemper mobil kita memiliki sensor parkir belakang, namun cara ini tetap efektif. Namun, yang harus diingat adalah bahwa jenis bumper yang bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan penyok pada mobil adalah yang terbuat dari plastik atau serat karbon.

Menggunakan Pops A Dent

Mengingat cara menghilangkan penyok pada pintu mobil, body dan bumper yang sudah dijelaskan sebelumnya berpotensi menimbulkan karat pada mobil, faktor panas yang terlalu tinggi akan mengubah warna cat mobil yang nantinya terlihat pudar. Selanjutnya, cara memperbaiki mobil yang mengalami penyok tidak melibatkan perpindahan dan panas, namun menggunakan produk Pops A Dent yang berfungsi sebagai jembatan.

Bawa Ke Ketok Magic

Selain memperbaiki mobil di bengkel resmi, Anda bisa mencoba bengkel sulap ketok. Hal ini dikarenakan pengerjaan di bengkel sulap ketok bisa lebih cepat karena antrian pengerjaan tidak panjang. Selain menawarkan harga yang terjangkau, biaya perbaikan per panel bervariasi mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 550.000, tergantung pada tingkat kerusakannya. Harga ketok sakti sudah termasuk pengecatan pada body mobil yang rusak.

Keunggulan lainnya adalah fleksibilitas dalam pengerjaan di bengkel magic ketok. Sebab, pelanggan bisa meminta untuk mengganti suku cadang yang baru atau bekas. Bekerja di bengkel ketok sakti juga menghemat waktu. Hal ini dikarenakan pengerjaan dilakukan oleh banyak pengrajin dalam satu waktu. Sementara itu, pengerjaan di bengkel resmi memerlukan waktu lebih lama, bahkan bisa mencapai lebih dari satu minggu.

Lakukan Perbaikan Bodi Di Bengkel Atau Pusat Servis Resmi

Jika mobil masih bergaransi, Anda bisa memilih bengkel resmi yang sudah terjamin kualitasnya. Bengkel body repair resmi biasanya menggunakan merk cat dengan kualitas lebih tinggi seperti Sikkens, Spies Hecker dan Stansdoken. Sedangkan bengkel non resmi biasanya menggunakan cat duco. 

Pengerjaan body repair biasanya memakan waktu sekitar 1-2 hari, tergantung tingkat kerusakan mobil. Namun, saran kami jangan terlalu terpaku pada harga yang murah untuk biaya mobil penyok ya? Hal ini dapat berdampak langsung pada kerapihan body atau cat mobil. Pilih bengkel mobil yang terpercaya.

Ajukan Klaim Asuransi Mobil

Jika Anda berlangganan asuransi mobil, Anda bisa mengetahui bengkel mana saja yang menjadi rekanan asuransi. Selain itu, Anda juga harus mengetahui berbagai hal yang harus dilakukan saat melakukan klaim. Mobil yang tergores atau penyok bisa mendapatkan klaim dari perusahaan asuransi. 

Namun ada beberapa hal yang harus dipahami agar Anda bisa mengajukan klaim asuransi mobil gores tanpa ditolak oleh perusahaan asuransi. Sebagai contoh, Anda harus melengkapi dokumen persyaratan seperti fotokopi STNK dan SIM, serta mengisi formulir klaim dengan teliti.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Caranya Memperbaiki Body Mobil Penyok seperti yang dilansir slot,semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment