Soloensis

Agar Tetap Produktif, Ini 5 Tips Time Manajemen Selama Work From Home (WFH)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Selama masa pandemi corona virus ini, setiap orang dituntut untuk bisa bekerja dari rumah. Semua itu demi mengurangi dampak dan memutus penyebaran virus corona

Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa work form home, tidak sulit untuk tetap bekerja dan produktif selagi di rumah. Mereka sudah terbiasa dan punya jadwal kerja yang paten.

Namun bagi sebagian orang yang sehari-harinya bekerja di kantor, bekerja dari rumah bisa jadi hal yang baru dan terasa asing. 

Meski bekerja dari rumah juga menawarkan kenyamanan sebab tidak lagi harus berurusan dengan macet ataupun jadwal kantor yang paten, tetapi meski begitu kita tetap dituntut akan bisa tetap disiplin agar bisa tetap produktif.

Karena itu, penting untuk tetap memiliki perencanaan waktu yang baik selagi work from home.

Nah, khusus untuk kamu yang merasa keteteran work from home, berikut 5 tips time manajemen agar bekerja tetap produktif.

1. Buat To Do List yang Simple

Agar bisa memaksimalkan waktu dengan sangat baik selagi work from home, hal yang paling penting adalah tetap memiliki list to do hari itu.

Ini akan menjaga alur kerja anda tidak merambat ke mana-mana.

Sebaiknya, mulailah hari dengan daftar hal-hal yang harus diselesaikan hari itu. Buatlah to do list yang simple dan jelas. Tidak perlu terlalu banyak poin.

Inti dari to do list adalah melatih diri anda agar tetap disiplin pada tugas yang paling penting. Dengan begini, anda akan merasa punya “sense of achievement” setiap harinya.

2. Atur Timer Anda

Selain daftar tugas yang arus diselesaikan penting juga untuk anda menentukan jadwal waktu untuk masing-masing tugas. Apakah ingin diselesaikan sekaligus atau di selesaikan satu per satu.

Tentu ini mengikuti jadwal anda di rumah. Seperti misalnya jika anda adalah seorang wanita karir dengan seorang anak, tentu perlu mengatur waktu juga yang tepat untuk mengurusi anak dan rumah tangga.

3. Berikan Reward Kepada Diri Sendiri

Langkah selanjutnya yang juga penting adalah menyediakan dan memberikan reward kepada diri sendiri setiap kali anda berhasil menyelesaikan setiap tugas.

Ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental anda selagi work from home. 

Reward sederhana seperti “me time” atau mentraktir diri sendiri dengan makanan favorit bisa mencegah anda dari stress akibat pekerjaan yang tidak karuan.

4. Hindari Gangguan

Dalam bekerja, pastikan anda memilih waktu dan tempat yang tepat. Agar terhindar dari segala macam gangguan. Seperti anak-anak atau suara bising dari orang lain.

Bagi anda seorang ibu rumah tangga, pastikan telah menyelesaikan semua kewajiban anda sebelum bekerja.

Sampaikan juga kepada orang-orang di rumah anda bahwa anda sedang bekerja dan tidak boleh di ganggu. 

Tapi ingat, setelah bekerja pastikan juga anda punya waktu untuk mereka.

5. Luangkan Waktu Untuk Makan dan Tidur Siang

Kesempatan bekerja dari rumah bisa jadi tidak setiap saat kita dapatkan, karena itu jangan habiskan waktu cuma di depan laptop seharian.

Ingat istirahat dan makan siang.

Jika di kantor anda tidak punya waktu untuk tidur siang, ini kesempatan untuk bisa melakukannya. Sebab riset membuktikan bahwa tidur siang barang 30 menit, justru mampu meningkatkan produktivitas.

Setelahnya anda bisa jadwalkan untuk kembali bekerja di sore atau malam hari.

Nah, itulah 5 tips time manajemen selagi bekerja dari rumah. Dalam hal ini semua kembali kepada kita. Bekerja dari rumah bisa menyenangkan bisa juga melenakan.

Mengatur waktu agar tetap produktif menjadi sangat penting agar kita tidak kewalahan atau terlena dengan nikmatnya rebahan di rumah aja.

Sekian, semoga berguna.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Edward Rhidwan

Seorang blogger dan digital content creator. Penikmat buku bisnis dan self development.

Add comment