Soloensis

Mengenal Apa itu Vision Therapy?

Mengenal Apa itu Vision Therapy-b8600787

Terapi penglihatan dapat didefinisikan sebagai ilmu untuk mencapai penglihatan yang jelas dan nyaman. Inovasi VIO Optical Clinic dirancang untuk mengajarkan anak bagaimana otak mengontrol mata, meningkatkan keterampilan visual mereka, dan cara menerapkan keterampilan baru ini untuk meningkatkan kemampuan membaca, belajar, berkonsentrasi, dan memperhatikan.

Terapi penglihatan adalah program perawatan yang sepenuhnya disesuaikan dan dipersonalisasi untuk meningkatkan dan memperkuat keterampilan visual, serta melatih kembali sistem visual anak untuk menginterpretasikan input visual dengan akurasi dan kemudahan yang lebih baik.

Terapi penglihatan lebih dari sekadar latihan mata sederhana ia meningkatkan komunikasi otak-mata dan pengoperasian efektif sistem visual anak.

Tujuan dari terapi penglihatan adalah untuk meningkatkan keterampilan visual melacak mata, fokus, konvergensi, koordinasi mata-tangan, kecepatan pemrosesan visual, dan lain sebagainya!

Kondisi apa yang diobati dengan terapi penglihatan?

Terapi penglihatan biasanya meliputi program-program khusus untuk mengobati:

  • Insufisiensi Konvergensi

  • Ambliopia (mata malas)

  • Strabismus (mata silang)

  • Penglihatan ganda

  • Masalah tim mata dan pelacakan mata

  • Kesulitan fokus

  • Kelelahan mata

  • Ketidakmampuan dalam persepsi kedalaman dan penglihatan 3D

  • Kesulitan koordinasi mata-tangan

Masalah persepsi dan pemrosesan visual

  • Hubungi dokter mata terapi penglihatan di dekat Anda jika Anda merasa bahwa diri Anda atau anak Anda dapat diuntungkan dari terapi penglihatan – ini mungkin menjadi solusi yang Anda cari.

 

Bagaimana terapi penglihatan bekerja?

Terapi penglihatan terdiri dari latihan yang dipersonalisasi dengan menggunakan lensa, prisma, filter, penutup mata, dan peralatan lainnya bertujuan untuk mengembangkan keterampilan visual dan memproses informasi dari sistem visual secara efisien.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi canggih dan terapi berbasis komputer baru telah mengubah latihan terapi penglihatan tradisional menjadi aktivitas yang menyenangkan, menarik, dan interaktif.

Apakah ada batasan usia untuk terapi penglihatan?

Tidak, terapi penglihatan efektif untuk anak-anak maupun dewasa.

Neuroplastisitas memungkinkan otak untuk tetap dinamis dan fleksibel sepanjang hidup Anda. Pelatihan fungsi visual yang digunakan dalam terapi penglihatan dapat dibandingkan dengan mengendarai sepeda atau memainkan alat musik, semakin sering Anda berlatih atau berlatih, semakin kuat dan terampil Anda akan menjadi.

Seberapa cepat Anda akan melihat hasilnya?

Keterampilan visual yang lebih baik sering kali terlihat setelah beberapa minggu.

Namun, setiap pasien berbeda, dan tergantung pada rejimen terapi khusus mereka, dapat memakan waktu hanya beberapa minggu hingga enam bulan untuk melihat hasil optimal. Selama program, dokter Anda akan terus menilai peningkatan anak Anda untuk menentukan berapa banyak kunjungan yang dibutuhkan untuk mencapai hasil terbaik.

Bisakah terapi penglihatan memengaruhi kinerja akademik?

Ya.

Tantangan akademik bagi anak-anak dengan kemampuan visual yang berkurang muncul setiap hari.

Anak-anak dengan kemampuan visual yang berkurang akan merasa sulit untuk menjaga tingkat bacaan atau pemahaman yang sesuai dengan kelas mereka karena kedua tugas tersebut memerlukan kemampuan penglihatan yang fungsional yang mungkin sulit bagi anak tersebut.

Anak tersebut juga mungkin terburu-buru dalam menyelesaikan tugas untuk menghindari penglihatan yang kabur atau ganda, sakit kepala, dan kelelahan mata yang mengakibatkan kesalahan yang ceroboh dan dapat mempengaruhi kinerja akademik mereka secara keseluruhan.

Selain itu, anak dengan kemampuan visual yang berkurang mungkin menghindari membaca, atau mungkin melamun selama pelajaran, karena usaha ekstra yang diperlukan untuk fokus dan memproses informasi visual dapat menyebabkan sakit kepala atau kelelahan.

 

Untuk lebih jelasnya tentang Vision Therapy dan cara mengobati penyakit mata kamu bisa membaca artikel Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment