Soloensis

Tips Penjualan Online yang Efektif – Panduan Menjual Secara Online Secara Efisien

Tren Desain Web di Tahun 2023 (2)-9de2fc7c

Belajar secara online mengenai tips dan teknik berjualan online bisa menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan kualitas pemasaran Sobat. Dengan belajar, Sobat bisa menerapkan strategi pemasaran online yang tepat untuk menjangkau audiens yang lebih luas gunak mendapatkan hasil jualan yang besar.

Menjual produk-produk berkualitas Sobat secara online merupakan salah satu terbaik untuk menghasilkan uang yang lebih banyak dengan biaya minimal. Belanja online sudah menjadi trend kekinian yang harus Sobat manfaat sebaik-baiknya. Dengan jangkauan yang mendunia, internet pastinya bisa menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan dan menjual barang atau produk Sobat.

1. Merancang E-commerce Strategy

Merancang strategi e-niaga/e-commerce sangatlah penting bagi Sobat yang ingin menjual barang dan jasa secara online dengan hasil yang maksimal. Hal ini dimulai dengan branding situs Sobat guna memposisikan (menempatkan) bisnis Sobat di benak konsumen. Karena itu, sangat penting bagi Sobat untuk mengetahui siapa pelanggan Sobat agar Sobat bisa menyampaikan citra secara benar pada target yang tepat. Jika Sobat mencoba menarik audiens yang muda dan funky, maka desain website Sobat harus bisa mendapat perhatian dan intensi dari target pasar. Dalam hal yang sama, organisasi yang lebih konservatif perlu memastikan bahwa citranya dijunjung tinggi.

 

2. Gunakan Software Ecommerce yang tepat

Ada banyak perangkat lunak pemasaran online yang berfungsi secara berbeda. Mereka bervariasi tergantung pada template dan kompatibilitas (beberapa biasanya dibuat untuk PC). Menurut Search Engine, analisis Tanah dan rata-rata 60% pembelian online dilakukan melalui ponsel. Jadi agar Sobat dapat menjual secara efektif secara online, perangkat lunak Sobat harus ramah seluler, jangan sampai Sobat berisiko kehilangan 60% penjualan. Perangkat lunak seperti Shopify, Woo-commerce, dan Big Commerce memungkinkan pembuatan halaman arahan, halaman afiliasi, membantu membuat backlink, dan bisa menulis konten promosi untuk merek Sobat.

3. Bersikap Jujur Dalam Hal Membuat Keterangan dan Detail Penjualan Sobat

Bersikap jujur dalam naskah penjualan Sobat tidak hanya penting untuk reputasi bisnis Sobat, tetapi juga menumbuhkan dan mempromosikan kepercayaan merek. Dalam salinan penjualan Sobat, jangan gunakan hiperbola secara sembarangan karena pembeli tertarik pada platform pemasaran. Menuliskan keterangan palsu mengenai ketahanan, kekuatan, jaminan, dan spesifikasi produk akan berdampak negatif pada ceruk online Sobat. Tekankan secara tegas realitas layanan atau produk Sobat. Komentar dan ulasan klien-konsumer sangat berpengaruh terhadap penjualan Sobat. Jika mereka mengulas sebagai penipuan, Sobat akan kehilangan prospek dan pelanggan lama. Prinsip kejujuran juga berlaku untuk cara Sobat berdiri sebagai bisnis. Misalnya, anggap diri Sobat seorang pembeli yang menemukan situs yang dijalankan oleh seseorang, tetapi fiturnya terlihat multinasional. Jadi, jika Sobat adalah perusahaan kecil, pertimbangkan untuk bersikap terus terang. Selain itu, banyak pembeli memilih bisnis yang lebih kecil karena layanan yang didapatkan lebih bersifat individual dan personal. Ingatlah pepatah yang mengatakan bahwa kejujuran adalah kebijakan terbaik.

4. Gunakan Iklan Berbayar

Iklan berbayar harus berjalan di media sosial, blog, dan beberapa mesin pencari. Jika teman blogger Sobat memiliki lalu lintas dalam jumlah besar, Sobat dapat membayar mereka untuk mengintegrasikan iklan Sobat di situs web mereka. Segera setelah diklik, lalu lintas yang Sobat targetkan akan langsung dikirim ke situs web Sobat.

Sobat juga dapat menggunakan kampanye bayar per klik (PPC) di mana Sobat harus membayar sedikit biaya ketika seseorang mengklik iklan Sobat. Jika Sobat menggunakan iklan Bing, biayanya $ 50 per klik, sedangkan Google hanya akan mengambil $ 2. PPC memikat pengguna online untuk mengklik organic listings tersebut. Jika iklan PPC Sobat diklik, pengguna online diarahkan ke halaman arahan Sobat dan dapat mengakses info bisnis Sobat. Ini menghasilkan lebih banyak lalu lintas, yang sebagai imbalannya dapat dikonversi ke penjualan. Iklan berbayar biasanya dirancang secara khusu untuk mengarahkan pelanggan ke platform penjualan online Sobat daripada situs pesaing.

 

5. Tampilkan Testimonial dan Indikasi Kepercayaan Sobat

Dalam platform pemasaran online saat ini, masukan dan ulasan pelanggan sangat penting. Untungnya, cukup banyak pelanggan yang dapat menawarkan Sobat alat yang hebat sebagai kepercayaan bisnis Sobat, yaitu testimonial. Google dan platfrom social media seperti Facebook memiliki fitur spesial di mana pengguna bisa memberi penilaian terhadap pengguna bisnis. 

Jumlah pelanggan yang puas jauh lebih berpengaruh dibandingkan dengan dokumentasi atau rekap penjualan terbaik. Sobat harus memastikan bahwa Sobat menyertakan testimoni dan ulasan positif teratas dari pelanggan terbaik yang menceritakan tentang kehebatan Sobat dan produk/jasa Sobat. Ulasan-ulasan positif ini dapat diintegrasikan pada halaman produk, berSobat, dan lebih banyak lagi halaman pada website Sobat. Hal ini tentunya akan membantu pembeli lain untuk mengatasi kemacetan saat membeli barang atau jasa Sobat. Jika merek Sobat memiliki penghargaan dan akreditasi profesional, maka hal itu akan menjadi keanggotaan biro bisnis yang lebih baik dan Sobat harus meletakkannya sebagai sinyal kepercayaan pada situs Sobat. Pastikan prospek Sobat mengetahui testimoni terbaik dari peklanggan yang merasa puas terhadap produk dan layanan Sobat.

 

6. Tawarkan Lebih Sedikit Pilihan

Menurut banyak pelaku bisnis beranggapan bahwa menawarkan lebih banyak produk merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, tidak terpikirkan bagi mereka untuk memberikan beberapa pilihan. Mereka lebih memilih untuk menawarkan banyak pilihan yang kemudian membuat klien dan prospeknya terjebak dalam dilemma pilihan. Apabila Sobat ingin meningkatkan hasil penjualan, maka sangat dianjurkan bagi Sobat untuk mebatasi pilihan yang akan ditawarkan ke pelanggan. Pastikan mereka tidak terjebak dalam dilemma pilihan. Apa bila merek terjebak, mereka akan semakin bingung, bimbang, ragu-ragu, dan pada akhirnya meninggalkan Sobat.

7. Tunjukkan Proposisi Nilai Sobat

Banyak penjual online kehilangan banyak waktu dengan berkonsentrasi pada diri mereka sendiri. Kenyataan yang menyakitkan adalah bahwa prospek Sobat tampaknya hanya peduli dengan esensi produk atau layanan Sobat — inilah alasan ideal untuk memusatkan proposisi nilai Sobat di semua bidang pemasaran dan bahkan konten yang Sobat ciptakan.

Secara kritis proposisi nilai Sobat adalah apa yang akan memikat hati pelanggan untuk membeli produk Sobat dan bukan dari pesaing. Hal ini bahkan lebih menjanjikan dalam memberi Sobat lebih banyak prospek yang tertarik dengan apa yang Sobat jual. Proposisi nilai dapat ditunjukkan dengan tiga cara.

    1. Relevansi – cara layanan dan produk Sobat akan memengaruhi kehidupan pelanggan.

    2. Nilai yang diberikan– manfaat khas dari apa yang Sobat tawarkan.

    3. Fakta pembeda– mengapa konsumen harus membeli dari Sobat dan mengapa tidak dari pesaing Sobat.

Salah satu cara terbaik untuk memberikan proposisi nilai adalah melalui konten ulasan produk. Di sini Sobat dapat menyertakan spesifikasi produk dan fitur unik lainnya serta cara menggunakannya.

Ketiga basis proposisi ini sangat penting dalam penjualan online yang efektif. Sobat dapat menggunakannya untuk mengarahkan pesan penting, mulai dari berSobat Sobat hingga kampanye pemasaran email. Sobat harus memeriksa ulang Salinan/keterangan halaman arahan Sobat, salinan penjualan, dan materi pemasaran lainnya untuk memastikannya menarik dan jelas. Segala sesuatu yang ditampilkan kepada prospek Sobat harus mengikat mereka kembali ke proposisi nilai Sobat. Semakin tinggi nilai yang Sobat buat untuk produk Sobat, semakin tinggi penjualan yang Sobat lakukan.

Tim Algo Sea Biz berharap kiat-kiat ini dapat menambah wawasan tentang cara kerja penjualan online untuk Sobat. Apa bila Sobat membutuhkan social media marketing service di Bali, tim kami siap membantu Sobat. Dengan kerja keras dan tekad yang kuat, Sobat akan berhasil. Kami berharap yang terbaik untuk Sobat!

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Algo Sea Biz

    Algo Sea Biz menyediakan jasa dan layanan pembuatan website, manajemen media sosial, pembuatan konten dan pelbagai jenis layanan lainnya yang dapat membantu menumbuhkembangkan bisnis online.

    View all posts

    Add comment