Soloensis

Tips Melakukan Upgrade Laptop

Tips Melakukan Upgrade Laptop

Mungkin laptop yang Anda miliki sudah mulai mengalami penurunan kinerja, atau body yang mulai lecet? Melakukan upgrade adalah langkah yang tepat untuk mengembalikan kinerja laptop tersebut. Namun, sebelum Anda memutuskan melakukan upgrade, ada baiknya untuk mengetahui Tips Melakukan Upgrade Laptop. Dengan mengenali tips-tips ini, Anda bisa melakukannya dengan cermat dan bijak.

Nah daripada penasaran, langsung saja Anda bisa simak artikel ini hingga selesai, ya!

2 Tips Melakukan Upgrade Laptop

Setidaknya dalam melakukan upgrade laptop ada 2 hal penting yang harus dilakukan di mana antaranya ialah sebagai berikut ini:

Ketahui Apa yang Bisa Diupgrade

Untuk bisa melakukan upgrade dengan tepat dan jelas, maka penting sekali bagi Anda mengenali bagian atau komponen mana saja yang dapat di upgrade untuk bisa membuat laptop memiliki kinerja yang lebih bisa diandalkan. Mana saja komponen yang dimaksud?

RAM

RAM menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi performa laptop dan ketersediaan memori yang cukup untuk menyimpan segala data dalam laptop. Jika laptop Anda sudah mulai lambat, upgrade RAM bisa menjadi solusinya. Upgrade RAM ke yang lebih besar untuk mencegah lambatnya kinerja laptop dan keterbatasan ruang penyimpanan. Semakin berat kebutuhan Anda, maka semakin besar pula RAM yang dibutuhkan.

Processor

Melakukan upgrade Processor adalah upgrade yang terbilang cukup sulit, sebab melakukan proses upgrade processor sangatlah berisiko, jika terjadi kesalahan bisa menimbulkan masalah kompatibilitas yang tinggi. Biaya yang dibutuhkan untuk upgrade processor ini sangatlah besar.

Data Drive

Ruang penyimpanan di laptop Anda sudah habis, bahkan setelah melakukan penghapusan data yang tidak diperlukan? Melakukan upgrade Drive bisa menjadi solusinya untuk meningkatkan ruang penyimpanan. Dengan kapasitas data drive yang meningkat, maka kinerja laptop pun akan ikut meningkat.

Graphics Card

Komponen yang dapat diupgrade selanjutnya ialah Graphics Card. Melakukan upgrade graphic card dapat memperbaiki performa dan kinerja laptop, di mana jika Anda membutuhkan kinerja komputer yang berat dan harus cepat, maka upgrade graphic card bisa Anda pertimbangkan

Melakukan Proses Upgrade dengan Tepat

Setelah mengenali apa saja yang dapat diupgrade untuk memperbaiki masa performa laptop Anda, selanjutnya Anda bisa memutuskan bagian mana yang ingin di upgrade.

Dalam melakukan upgrade komponen setidaknya ada 3 tahap yang harus Anda lakukan di antaranya:

Tahap Persiapan

Tentu saja sebelum Anda melakukan upgrade ada baiknya untuk melakukan persiapan terlebih dahulu semisalnya mempersiapkan spare part atau komponen baru untuk menggantinya, membaca buku tutorial proses service laptop termasuk cara upgrade hingga menentukan tempat nyaman untuk melakukan proses upgrade, utamakan di tempat yang rata ya.

Tahap Proses Upgrade

Pertama tentunya Anda harus mematikan laptop dahulu, pastikan laptop Anda sudah benar-benar mati barulah buka screw dan casing atau pelindung luar bagian bawah dengan perlahan. Setelah semuanya terbuka Anda bisa mulai melakukan upgrade perangkat sesuai langkah yang tepat dan terpercaya. Pastikan Anda melakukannya secara berhati-hati.

Tahap Penyelesaian

Setelah melakukan proses upgrade dengan berhasil, kini Anda bisa memasang Casing dan Screwnya kembali. Cek dan pastikan keseluruhan komponen telah terpasang dengan benar dan sesuai dengan tempatnya barulah pasang casing dan screw laptop.

 Setidaknya itulah 2 hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan upgrade laptop. Perlu Anda ingat tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik dan benar.

Jika Anda belum bisa mengikuti Tips Melakukan Upgrade Laptop dan langkah prosesnya dengan baik, Anda bisa meminta jasa service untuk melakukannya. Tentunya hubungi Net Computer Depok untuk menyelesaikannya. Anda bisa mengunjungi https://www.netcomputer.id/ untuk informasi lebih lanjut.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment