Soloensis

Toleransi Keberagaman di Indonesia

young-people-waving-hand-set_23-2148370645
Sumber: Freepik

Di Indonesia banyak sekali ragam budaya, dari adat istiadat,agama,suku daerah,makanan,tarian,dan lain lain. Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, maka dari itu dengan adanya keragaman, kita harus saling menghargai ada nya perbedaan, kita tidak boleh membeda-bedakan,kita harus bertoleransi antar sesama. toleransi sangat penting dalam keberagaman karena konflik dapat dikurangi dan kehidupan yang penuh perbedaan akan jauh lebih baik dan damai. hal ini dapat memperkaya pengalaman hidup kita.menghargai perbedaan memungkinkan kita untuk menerima dan menikmati berbagai aspek budaya lain seperti seni,sastra,kuliner, dll.

Toleransi dapat memudahkan mewujudkan persatuan terhadap perbedaan yang ada. Dengan begitu kehidupan yang lebih baik, nyaman, dan tentram di tengah perbedaan. Tanpa adanya toleransi akan mengakibatkan sumber perpecahan dan retaknya persatuan Indonesia serta kesatuan bangsa Indonesia. Sikap toleransi dan menghargai tidak hanya berlaku pada orang lain,tetapi juga kepada diri sendiri, bahkan sikap toleransi harus dimulai dari diri sendiri.

Sikap intoleransi adalah kebalikan dari sikap toleransi. Ada beberapa contoh sikap intoleransi diantaranya: membully, mengejek karena beda suku, agama, warna kulit, dll. Berprasangka buruk termasuk sikap intoleransi. Berprasangka buruk kepada oranglain seperti mengira orang itu pelit,jahat,dan lain lain memang dapat memecah persatuan. Bullying. Akhir akhir ini banyak sekali berita tentang korban bullying, perilaku kekerasan dan lain lain.

Bullying adalah perilaku yang disengaja yang bertujuan untuk menyakiti, merendahkan seseorang secara fisik maupun mental. Banyak orang yang di bully karena orang tersebut terlihat cupu, lemah, ada juga karena berbeda ras, agama, warna kulit, dll. pembullyan adalah hal yang fatal, yang seharusnya tidak dilakukan karena dapat membuat orang/korban jadi stres, takut untuk bersosialisasi, trauma, gangguan mental dan rasa ingin bunuh diri karena tak tahan. Ada beberapa cara untuk mengatasi intoleran dan bullying di masyarakat, yaitu menanamkan nilai nilai toleransi, menjaga kerukunan, meningkatkan kesadaran, tidak ovt dengan orang lain, berkomunikasi secara halus, memberi rasa perlindungan, tidak ragu untuk bertindak tegas dalam kebenaran. Perilaku intoleran harus segera diatasi,dan selalu menjunjung tinggi sikap toleransi.

Saya pernah melihat teman saya dibully hanya karena teman saya hitam, dan orang luar. Dia di ejek, di sindir,dan dikata katai tidak mampu padahal dia orang baik, kadang kadang saya juga di traktir,tetapi teman teman yang lain selalu mengejek bahkan tidak tahu asli nya. Disitu saya membela teman saya yang di bully, karena dia tak salah apa apa, tetapi saya malah disindir, ya saya punya prinsip seperti ini ”apa ngurusin orang, ga guna buang buang waktu” ya akhirnya mereka yang mengejek tidak saya gagas, pada akhirnya ya sudah mereka tidak mengejek lagi, tetapi kami tidak dekat dengan mereka,sudah pernah saya ajak ke kantin bareng tetapi malah ngatain, yasuda buat apa ngeladenin orang begitu, membuang waktu. Pesan saya, apabila kita berbuat baik maka suatu saat kita juga akan mendapatkan kebaikan, begitu juga sebaliknya.

 

Nama              : Lovellyn Putri Bandoro

Sekolah           : SMPN 5 Surakarta

                                                                                                                

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment