Soloensis

Keberagaman Budaya di Indonesia

flat-galungan-celebration-illustration_23-2149900121

Keberagaman budaya atau “cultural diversity” adalah keniscayaan yang ada di tanah Indonesia.Indonesia banyak memiliki keragaman yang tidak dapat dipungkiri keberadaanya.Dalam pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok sukubangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok suku bangsa yang ada di daerah tersebut. Indonesia tidak hanya kaya dengan keberagaman alam, tetapi juga keberagaman suku,ras,etnis,golongan,agama dan lain sebagai nya. Pertemuan dengan kebudayaan luar juga mempengaruhi proses asmilasi kebudayaan yang ada di Indonesia sehingga menambah ragam nya jenis kebudayaan di Indonesia.

Bisa dikatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat keberagaman budaya yang tinggi. Tidak saja dengan keberagaman budaya sukubangsa, tetapi juga keberagaman budaya dalam peradaban, sopan santun dari tradisional hingga ke modern. Seperti yang kita ketahui keberagaman bangsa Indonesia merupakan bangsa dan budaya yang beragam dari sabang sampai merauke.Budaya  yang terjadi di masyarakat melibatkan sikap, nilai keyakinan, norma dan perilaku. Keragaman ini bisa dilihat dari banyak nya keragaman suku, adat istiadat, agama, dan sebagainya, keberagaman ini salah satunya timbul karena Indonesia berbentuk negara kepulauan.

Dengan keanekaragaman budaya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibanding negara lain.Indonesia mempunyai kebudayaan yang lengkap.Indonesia juga mempunyai budaya yang melekat pada zaman tradisional dan interaksi antar budaya yang sudah ada sejak dulu.Beruntung kita mempunyai semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda beda tetapi tetap satu juga,namun seiring berjalanya waktu semboyan ini mulai pudar.Masyarakat kini sulit untuk menerima perbedaan yang ada.

Interaksi antar budaya tidak hanya meliputi antar suku bangsa,namun juga meliputi antar peradaban yang ada di dunia.Labuhnya kapal portugis di banten pada abad pertengahan,misalnya telah membuka diri Indonesia pada pergaulan dunia internasional.Namun keberagaman juga menjadi tantangan,hal itu disebabkan karena orang yang mempunyai perbedaan pendapat bisa lepas kendali.Munculnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dan bersamaan dengan tindakan yang dapat merusak persatuan,hal tersebut dapat mengancam keutuhan NKRI. Karena itu adanya usaha untuk dapat mewujudkan kerukunan bisa dilakukan dengan menggunakan kerjasama dengan prinsip kesetaraan,kebersamaan,toleransi,dan juga menghormati satu sama lain.

 

Nama              : Aldillaziza Cahya Ramadhani

Sekolah           : SMPN 5 Surakarta

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment