Soloensis

10 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Pasti Diterima

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Surat lamaran kerja yang dikirimkan ke instansi/perusahaan merupakan langkah awal yang menentukan proses selanjutnya. Sebelum memutuskan untuk mengirimkan, Anda harus memiliki strategi supaya dapat memperbesar peluang diterima. Nah, berikut ini ada tips membuat surat lamaran kerja pasti diterima:

Buatlah Surat Lamaran Kerja Menjadi Lebih Menarik

Beberapa instansi ingin mengetahui sejauh mana kreativitas pelamar kerjanya. Anda bisa menunjukkan melalui surat lamaran yang diajukan. Mungkin jika pada umumnya surat hanya latar putih dengan tulisan hitam, Tambahkanlah hiasan di samping kertas agar berbeda namun tetap terlihat resmi dan elegan.

Gunakan Bahasa yang Baik

Untuk mengetahui etika (attitude) pelamar kerja, biasanya dapat dilihat dari caranya mengajukan dokumen lamaran dan pemilihan diksi pada surat. Jika bahasa yang digunakan baik, maka instansi/perusahaan  terkait akan mempertimbangkan dan kemungkinan besar dapat diterima.

Gunakan Bahasa yang Tidak Berbelit-belit

Membuat surat lamaran kerja sebaiknya hindari penggunaan bahasa yang terlalu rumit. Anda harus memastikan memilih diksi yang mudah dipahami. Ada baiknya jika singkat, padat dan jelas. Kemudian, gunakan bahasa sederhana dan jangan memakai bahasa asing, sebab tidak semua orang mengerti.

Gunakan Bahasa Resmi

Menggunakan bahasa resmi merupakan syarat mutlak dan harus dilakukan. Baik untuk menulis surat ataupun berkomunikasi secara langsung. Dengan bahasa tersebut, Anda akan dinilai sebagai pelamar pandai yang menempatkan diri dalam setiap situsasi dan kondisi.

Cantumkan Profile Pribadi

Cantumkan data pribadi Anda secara lengkap dan runtut. Sebelum menyatakan maksud dan tujuan, biasanya di bagian atas harus menuliskan sekelumit data diri dasar, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telephone dan lulusan terakhir.

Cantumkan Data-data Pendukung Surat

Selain membuat surat, Anda juga harus melengkapinya dokumen-dokumen penting pendukung lainnya. Berkas-berkas tersebut meliputi curriculum vitae, Kartu Tanda Penduduk (KTP), SKCK, Ijazah, transkrip nilai semasa sekolah atau kuliah dan lain-lain. Lebih lengkap lebih baik.

Cantumkan Prestasi yang Pernah Diraih

Jika Anda pernah meraih prestasi, maka wajib untuk menyertakannya dalam surat. Bukti ini juga akan mendukung untuk diterima dan mendapatkan pekerjaan. Prestasi yang bisa dicantumkan biasanya dapat berupa sertifikat, surat pernyataan memenangkan lomba, penghargaan dan lain sebagainya.

Struktur Surat yang Baik

Tips membuat surat lamaran kerja pasti diterima selanjutnya yang harus diperhatikan adalah struktur surat harus memiliki baik dan sistematis.

Jika Anda asal-asalan membuat, maka jangan harap akan diterima. Selain itu, struktur yang baik biasanya akan diawali dengan kalimat pembuka, riwayat data diri singkat, kemudian maksud dan tujuan.

Pastikan Surat Bersih dan Rapi

Kerapian dan kebersihan surat lamaran kerja menjadi penilaian tersendiri bagi instansi/perusahaan. Pada awal proses ini, Anda harus memberikan kesan yang baik dengan memastikan surat bersih dan rapi. Hal tersebut juga berpengaruhi first impression melalui berkas pelamar kerja.

Surat yang Menjual

Menjual di sini dapat diartikan sebagai, sebuah usaha untuk memperkenalkan sisi positif pada diri Anda. Misalnya dengan cara menyebutkan kemampuan dan skil yang dimiliki, kelebihan pribadi dan mencantumkan pengalaman pekerjaan sebelumnya. Dengan begitu, akan nampak lebih istimewa.

Demikian ulasan dari GajiPekerja.com mengenai 10 tips membuat surat lamaran kerja pasti diterima. Jika Anda mencoba melakukan referensi usaha di atas, maka tidak menutup kemungkinan peluang untuk diterima bekerja akan semakin besar. Kuncinya adalah terus berusaha, mengasah kemampuan, memperbaiki etika dan berdoa. Jangan lupa doa orang tua.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment