Soloensis

Kemajemukan di Indonesia

cute-boy-holding-indonesian-flag-cartoon-vector-icon-illustration-people-holiday-icon-concept-isolated-premium-vector-flat-cartoon-style_138676-3820
Sumber: Freepik

Negara Indonesia merupakan negara yang majemuk. Seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia ini memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Negara Indonesia ini memiliki berbagai macam ras, suku, dan agama. Maka dari itu semua warga negara Indonesia di tuntut untuk memiliki pandangan yang luas. Agar semua warga negara Indonesia paham dengan perbedaan yang ada di negara Indonesia.

Tetapi, sampai detik ini saya masih melihat banyak sekali orang yang melakukan hal yang tidak baik seperti rasisme, melarang aktivitas keagamaan, merusak rumah ibadah, dan diskriminasi atas dasar keyakinan atau agama. Sebagai contoh rasisme misalnya membeda-bedakan warna kulit. Menurut saya sikap rasisme dan sikap lain yang merugikan orang lain harus di hilangkan karena memang negara kita adalah negara majemuk dimana terdapat keberagaman yang sangat banyak. Dan hal yang buruk seperti ini bisa di sebut dengan sikap intoleransi. Berikut ini cara untuk mengatasi intoleransi di masyarakat : Menanam nilai-nilai toleransi sejak dini, menjaga kerukunan antar umat beragama, meningkatkan kesadaran multikulturalisme, menegakkan hukum dan hak asasi manusia, serta membangun dialog dan kerja sama lintas sektoral.

Indonesia adalah negara yang besar. Dengan jumlah penduduk mencapai 281,64 juta jiwa yang di prediksi di tahun 2024. Tentulah pantas jika Indonesia di sebut negara besar. Dengan jumlah penduduk yang besar atau dapat di katakan sangat besar tentunya akan ada yang namanya perbedaan. Keberagaman ini tentunya harus di sikapi dengan baik agar tidak menimbulkan konflik. Beruntung kita memiliki semboyan yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Namun sering berjalannya waktu semboyan ini mulai luntur. Masyarakat Indonesia kini sulit untuk menerima perbedaan-perbedaan yang ada. Seperti perbedaan agama, perbedaan pendapat, ataupun perbedaan politik. Hal-hal seperti itu tentunya sangat mengancam kesatuan dan persatuan negara republik Indonesia jika tetap berlanjut.

Seperti yang kita ketahui keberagaman di Indonesia itu sangat kaya. Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan budaya yang beragam dari sabang sampai merauke. Bentuk keberagaman masyarakat Indonesia dapat di lihat dari berbagai aspek, mulai dari suku bangsa, ras, agama, bahasa, budaya, hingga ekonomi. Keberagaman ini merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus kita jaga dan di lestarikan sebaik mungkin.

 

Nama              : Pratita Khansa Rosselani

Sekolah           : SMPN 5 Surakarta

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment