Soloensis

Tempat Wisata di Klaten dan Sekitarnya

Tempat Wisata di Klaten dan Sekitarnya

Bagi para pelancong yang sedang berkunjung ke Klaten, pasti akan mencari tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu liburan mereka. Selain memiliki tempat-tempat wisata sejarah, Klaten juga menyimpan tempat-tempat wisata yang menyimpan sisi keindahan alamnya seperti air terjun dan bukit-bukit yang menarik untuk dijelajahi. Seperti apa sih tempat wisata di Klaten? Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi oleh para pelancong.

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Walaupun berada di kawasan yang rawan bencana, namun Gunung Merapi tetap menjadi destinasi wisata favorit bagi para pecinta alam dan pendaki. Di sini, para pendaki bisa menikmati Sunrise yang indah, serta panorama dari puncak gunung yang menakjubkan.

2. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Saat masuk ke goa ini, para pengunjung akan disuguhkan keindahan suasana yang terasa sangat natural dan indah. Selain itu, pecinta sejarah juga akan menyukai keberadaan prasasti Mardiwana yang terdapat di dalam goa.

3. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di Dusun Ngargosari, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jika kamu sedang mencari tempat wisata yang menyajikan keindahan alam yang hijau dan indah, Kebun Buah Mangunan adalah pilihan yang tepat. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan buah-buahan yang tumbuh di kebun ini, tapi juga bisa menikmati view yang indah dari atas sambil menikmati makanan ringan dalam tempat yang pas untuk bersantai.

4. Air Terjun Grojogan Gede

Air Terjun Grojogan Gede terletak di Desa Tamisari, Kecamatan Wonosari, Klaten. Air terjun yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 25-30 meter. Saat berkunjung ke sini, para pengunjung akan merasakan keindahan panorama alam yang sangat spektakuler. Selain itu, pengunjung juga bisa mandi di bawah air terjun untuk merasakan sensasi yang berbeda.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun yang satu ini memiliki keindahan alam yang berbeda dari air terjun lainnya karena memiliki medan yang cukup sulit diakses. Namun, saat sudah sampai di sini, para pengunjung akan merasakan keindahan air terjun yang sangat indah serta bisa berenang di aliran sungainya.

6. Bendungan Gn. Gajah

 

Bendungan Gn. Gajah terletak di Desa Sambirembe, Kecamatan Jogonalan, Klaten. Bendungan yang satu ini adalah spot favorit para pelancong yang ingin menikmati view kawasan perbukitan yang selayaknya anggun. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati indahnya horizon matahari terbit dan terbenam dari tempat ini.

7. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata yang satu ini menyediakan pengunjung dengan suasana kebun yang luas. Selain bisa cicipi berbagai jenis cokelat dengan cita rasa yang lezat sekali, pengunjung juga bisa mengetahui cara pembuatan cokelat secara langsung.

8. Alun-alun Klaten

Alun-alun Klaten terletak di pusat Kota Klaten. Alun-alun yang satu ini menjadi tempat favorit untuk warga setempat menikmati keindahan alam dan udara segar yang mengalir. Di sini juga digelar berbagai event yang cukup menarik.

9. Museum Negeri Batik Dan Kerajinan Yogyakarta

Museum Negeri Batik Dan Kerajinan Yogyakarta terletak di Jalan Soekarno Hatta, KM. 6, Yogyakarta. Museum ini merupakan pusat pengembangan dan pelestarian kerajinan Jawa khususnya batik dan produk kerajinan lainnya. Selain itu, museum ini juga memberikan edukasi terhadap pengunjung tentang sejarah batik dan bagaimana cara membuat batik yang benar.

10. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jalan Senopati No. 1-3, Yogyakarta. Taman wisata yang menyajikan edukasi dan hiburan ini menarik arti dan memberikan nilai tambah kepada para pengunjung. Dalam pengunjungnya, kamu bisa mencicipi untuk berbagai pengalaman dan ilmu baru ditambah dengan keindahan dari penataan taman yang ada di sana.

11. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata Krebet terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa wisata yang satu ini memberikan pengunjung dengan suasana yang sangat alami serta menampilkan wisata edukasi seperti penanaman tanaman organik, fenomena alam, dan berbagai kegiatan lainnya.

12. Taman Air Tirta Kencana

Taman Air Tirta Kencana terletak di Jalan Lawu No. 1, Kelurahan Kalijambe, Kecamatan Karangnongko, Klaten. Taman air yang berada di daerah pegunungan ini menyajikan pengunjung dengan suasana yang sangat alami dan tidak terlalu ramai. Selain itu, di taman air ini juga terdapat wahana seperti kolam renang, slide, dan berbagai permainan lainnya.

13. Pantai Depok

Pantai Depok terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai Depok menawarkan keindahan pemandangan pantai yang indah dan terjaga kebersihannya. Para pengunjung bisa bermain-main di pantai, menikmati sunset, atau mengikuti kegiatan-kegiatan yang banyak tersedia di sana.

14. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai Parangtritis menjadi daya pikat bagi banyak pengunjung mengingat keindahan pantainya serta waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini juga tidak terlalu jauh. Para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai di sana, mengikuti acara tradisional yang umumnya digelar pada malam hari, atau mengambil jasa jepang yang bisa menyewakan kuda untuk mengelilingi pantai.

15. Goa Pacitan

Goa Pacitan terletak di desa Punjungrejo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Goa yang satu ini menyajikan pengunjung dengan pemandangan gua yang sangat indah dengan stalagmit dan stalaktit yang bertaburan. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi mandi di sungai bawah tanah di sini.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Klaten yang wajib dikunjungi oleh para pelancong. Semoga saja pilihan ini bisa menjadi referensi kamu saat berkunjung ke Klaten dan pulang menggunakan travel Klaten Kuningan. Jangan lupa untuk menyiapkan diri kamu sebaik mungkin sebelum mengunjungi tempat-tempat tersebut, baik itu kesiapan fisik, pakaian, ataupun bekal yang dibawa. Selamat menjelajah!

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment