Soloensis

Hal yang Harus Dilakukan Saat Saham Turun

Berinvestasi dalam saham menawarkan pengembalian yang besar, tetapi juga sepadan  dengan risikonya. Banyak yang tidak segan untuk mulai berinvestasi dengan saham, dan ada juga yang merugi banyak dan sudah lelah menaruh uangnya di keranjang saham. 

Apalagi jika melihat kondisi  dunia saat ini, dilansir CNBC Indonesia, di mana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus dihantui kemungkinan krisis ekonomi akibat virus corona (COVID-19). Tentu saja, ini merupakan tantangan besar dan mengejutkan bagi seorang investor pemula, namun Anda bisa bernapas lega ketika memahami investasi saham  lebih baik melalui pembahasan pada artikel di bawah ini.

Investasi dalam saham

Secara umum, investasi saham adalah  kegiatan dimana Anda berinvestasi atau membeli saham suatu perusahaan. Modal merupakan kunci terpenting dalam menjalankan usaha yang dibutuhkan pengusaha untuk memulai dan mengembangkan usaha. Dalam hal ini, modal dapat diperoleh melalui  investor.

Oleh karena itu, muncullah investasi ekuitas, dimana  investor dapat menjadi pemegang saham suatu perusahaan dengan menginvestasikan modalnya. Modal yang diinvestasikan mempromosikan pengembangan  bisnis perusahaan. Untuk berinvestasi, investor membeli saham  perusahaan yang diinginkan pilihan mereka.

Baca Juga : 5 Langkah Mulai Trading Saham Dan Investasi Saham

Sebagai seorang investor, setelah Anda memilih untuk menginvestasikan modal Anda di sebuah perusahaan dan membeli saham, Anda secara otomatis  menjadi pemilik  tidak langsung dari perusahaan tersebut dan menerima hak, sebagai bagian dari akumulasi laba perusahaan tersebut.

Menurut situs CekAja, saat ini tidak semua perusahaan  menjual sahamnya ke publik. Namun hanya perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).  Pada dasarnya, BEI berperan sebagai pusat perdagangan yang menyediakan tempat bagi  investor untuk melakukan jual beli saham.

Tips Praktis Berinvestasi Ketika Saham Turun

Beberapa informasi di bawah ini  sangat umum bagi investor berpengalaman dan dalam hal ini Anda sangat membutuhkannya sebagai investor saham pemula.

1 Target Investasi Saham

Ada banyak alternatif instrumen investasi yang bisa menjadi salah satu cara investor mewujudkan masa depan keuangannya; reksadana, real estate, emas, investasi melalui platform pinjaman P2P yang populer di kalangan milenial dan termasuk saham. Untuk semua peluang investasi ini, investor, termasuk investor saham, harus memahami tujuan investasi yang mereka lakukan. Investor yang sudah mengetahui tujuan investasinya dapat memperoleh motivasi dan semangat untuk berinvestasi.  Selain itu,  investor juga mengetahui tindakan apa  yang harus dilakukan selanjutnya untuk mencapai tujuan keuangan  atau tujuan keuangan yang dapat dicapai.

2 Timeline untuk berinvestasi di saham

 Investasi memiliki jangka waktu dimana investor dapat memilih apakah itu investasi jangka panjang atau investasi jangka pendek.  Sekali lagi, masa investasi ini juga berkaitan erat dengan tujuan investasi Anda. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi saham jangka pendek, Anda harus memperhatikan waktu jual beli saham tersebut. Tak jauh berbeda dengan berinvestasi emas, salah satu trik investasi saham yang menguntungkan adalah membeli  saat harganya tidak terlalu mahal dan menjualnya kembali saat harganya tinggi. Tidak seperti investasi jangka panjang, Anda dapat lebih fokus pada saham yang Anda beli dan jual dan harga jual dan beli saham tersebut. Jika  ingin mendapatkan keuntungan dari investasi saham, sangat disarankan untuk memilih investasi saham jangka panjang karena hasil dari investasi tersebut  jauh lebih jelas. Salah satunya adalah pengalaman Lo Kheng Hong, seorang investor handal  yang dikenal dengan nama Warren Buffet of Indonesia.

3 Sesuaikan Dengan Modal

Tentu saja, investor berpengalaman  sudah mengetahui fakta umum tentang berinvestasi, di mana semakin tinggi return yang Anda dapatkan, semakin tinggi pula risikonya. Oleh karena itu,  investor yang cerdas mampu mengukur keterampilan dan pengetahuan yang mereka peroleh. Sangat disarankan bagi pemula untuk memulai investasi saham kapitalisasi kecil terlebih dahulu di awal  pembelajaran.  Selalu berhati-hati saat mengimplementasikan suatu keputusan dan lakukan dengan perencanaan yang matang untuk memitigasi risiko yang akan dihadapi.

4 Mulai Persiapkan Modal

Jika perencanaan  tujuan keuangan sudah matang dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan risiko, langkah selanjutnya yang harus disiapkan adalah investasi modal pada investasi saham. Mungkin bagi banyak investor pemula yang bertanya-tanya apakah perlu menyisihkan setidaknya beberapa juta rupiah untuk investasi saham. Sebenarnya banyak perusahaan yang menetapkan modal awal investasi sekitar Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000, namun tahukah Anda bahwa  ada juga modal penyertaan saham yang bisa dimulai dari Rp 100.000 (seratus ribu)? Anda bisa cek  investasi dengan modal kecil di artikel Finansialku.com. Anda juga dapat mempelajari tentang berbagai perusahaan yang tergabung dalam Bursa Efek Indonesia atau BEI dan persyaratannya yang berbeda, termasuk modal investasi awal.

5 Dapatkan Keuntungan Dari Investasi Saham

Ada beberapa keuntungan dari berinvestasi saham, diantaranya adalah

  • Dividen

Dividen adalah pembagian keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada  pemegang saham. Jika dividen itu sendiri berasal dari keuntungan  perusahaan selama satu tahun. Nah, dividen itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni tunai dan saham.  Dividen tunai adalah pembagian keuntungan berupa uang  yang dibagikan langsung oleh perusahaan kepada para pemegang saham per  lembar saham yang dimilikinya.

Dividen saham adalah perusahaan yang memberikan pendapatan berupa saham, sehingga jumlah saham yang dimiliki  investor  bertambah. Namun perlu diperhatikan bahwa ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada investor meskipun menghasilkan keuntungan. Biasanya perusahaan-perusahaan tersebut ingin memperluas atau mengembangkan usahanya, namun biasanya dibuat oleh perusahaan yang masih dalam tahap pengembangan.

  • Capital gain (kenaikan harga saham)

Capital gain merupakan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham atau investor dari hasil selisih harga beli dan harga jual. Sebaiknya, harga jual harus lebih tinggi dibandingkan harga beli.

Capital gain umumnya terbentuk karena adanya aktivitas perdagangan bursa efek.

Misalnya jika kamu membeli sebuah buku seharga Rp 5.000 dan kemudian menjualnya kembali dengan harga Rp 7.000 sehingga kamu mendapatkan margin.

Keuntungan Rp 2.000 tersebut disebut sebagai capital gain yang kamu hasilkan.

Baca Juga : Beda Trading Forex dan Saham

6 Kenali Risiko Dari Berinvestasi Saham

Baca tentang risiko berinvestasi di saham

Selain keuntungan yang diraih, investor saham juga harus memahami bahwa risiko harus selalu  dihadapi dan dikelola untuk  mengoptimalkan keuntungan, antara lain sebagai berikut:

  • Capital loss (penurunan harga saham)

Meski berinvestasi saham berpotensi menghasilkan capital gain  yang luar biasa, namun risiko capital loss atau jatuhnya harga saham  tidak bisa dihindari. Ini mungkin  salah satu risiko terbesar  berinvestasi di saham.  Berbeda dengan investasi emas yang penurunan harganya relatif kecil, penurunan harga  investasi saham bisa terasa seperti terjun bebas.

  • Suspend

Bukan hanya anjloknya harga saham, namun sebagai investor saham Anda berpeluang untuk terdepak dari pasar saham. Apa artinya “dipecat”? Intinya adalah Anda tidak bisa lagi berdagang atau berdagang. Namun, penangguhan tersebut biasanya berlangsung dalam waktu singkat, yakni satu hari kerja.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga suspensi berlangsung  berhari-hari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pasar saham berhenti berdagang dengan suatu perusahaan, yaitu:

  • ·         Harga saham mengalami penurunan secara drastis dalam waktu singkat
  • ·         Perusahaan dipailitkan oleh kreditor
  • ·         Perusahaan tidak memberikan persyaratan yang diminta oleh otoritas bursa, seperti tidak memberikan laporan keuangan hingga waktu yang ditentukan.

Tetap untung bahkan ketika saham jatuh

Ini adalah panduan untuk berinvestasi saham saat saham turun. Jangan takut, pelajari semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengatasi badai ini dengan baik

 

Komunitas ini berisi orang-orang yang ingin belajar tentang investasi saham, para ahli saham, dan orang-orang yang ingin membantu Anda sukses dalam berinvestasi saham.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    educat1on

    Add comment