Soloensis

Apa itu Ilmu Forensik?

 

Sempat bertanya seputar kejadian kriminal yang menyelidiki bukti dan tempat-tempat kejadiannya itu siapa dan dengan ilmu apa? Dalam bidang ini, ada yang namanya Ahli Forensik dengan ilmu keforensikkan. Kali ini yang dibahas adalah Jurusan Ilmu Forensik di Telkom University.

Pastinya beberapa diantara pembaca kerap bertanya kira-kira korban sebuah bencana itu bisa diketahui identitasnya dari mana. Kalau begitu, mau bahas dahulu seputar Ilmu Forensik.

Apa itu Ilmu Forensik?

Menurut salah satu sumber perpustakaan online, ilmu Forensik merupakan sebuah bidang yang mempelajari tentang penyelidikan menyeluruh di dalam sebuah kejadian. Misalnya seperti menyelidiki bukti dalam sebuah kasus kriminal, sampai membedah untuk mengetahui identitas para korbannya.

Nantinya para Ahli Forensik yang akan menjadi faktor penting dalam sebuah kasus apakah itu termasuk pidana atau tidaknya.

Misalkan seperti kejadian pembunuhan atau bencana alam yang mayatnya dalam posisi hancur dan susah terdeteksi identitasnya. Nah, dalam hal ini para Ahli Forensik lah yang akan menyelidiki identitas korban semacam DNA, bukti konkrit, dan lain sebagainya.

Tetapi menjadi Ahli Forensik juga sangat rumit dan menantang. Pasalnya, para Ahli Forensik harus bisa membantu para penegak hukum untuk menjabarkan bagaimana kejadian perkaranya. Seperti waktu kejadian, proses terjadinya, alat yang digunakan, siapa korbannya.

Di dalam ilmu ini Anda akan mempelajari yang namanya autopsi, atau bahasa umumnya seperti bedah mayat. Di sini ada beberapa diagnosa yang diselidiki, yaitu Anamnesa, tanda dan gejala, kelainan dalam tubuh, dan analisa lainnya.

 

Jurusan Ilmu Forensik di Telkom University

Jadi, bagaimana dengan Jurusan Ilmu Forensik di Telkom University sendiri? Apa itu Telkom University, dan di mana lokasinya?

Telkom University merupakan sebuah perguruan tinggi yang berdiri di tahun 2013. Lokasi tepatnya berada di JL. Telekomunikasi, Bandung, Jawa Barat. Universitas yang satu ini juga memiliki singkatan Tel-U agar lebih akrab di telinga banyak orang.

Jangan khawatir, di Telkom University juga menyediakan jurusan Ilmu Forensik loh. Telkom University pastinya juga menyediakan banyak jurusan lain yang bisa Anda pilih dan pastinya menarik.

Tetapi, untuk yang minat dan merasa ingin mempunyai bakat dalam bidang penyelidikan, bisa sekali untuk langsung gabung di Universitas satu ini.

Sejatinya, Ilmu Forensik merupakan ilmu yang mempunyai sistem belajar cukup rumit tetapi seru. Masing-masing mahasiswa harus belajar untuk lebih bisa berpikir kritis dalam sebuah keadaan. Apakah sudah tertarik untuk bergabung di Jurusan Ilmu Forensik di Telkom University?

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment