Soloensis

DESA CEMANI? AYAM CEMANI? FAKTA UNIK DESA CEMANI

Desa Cemani adalah salah satu desa yang berada di kabupaten Sukoharjo, tepatnya di kecamatan Grogol kabupaten Sukoharjo. Penamaan desa Cemani berawal pada masa penjajahan Belanda dan pemerintahan keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tersebutlah suatu daerah, sebelah barat keraton tempat untuk berburu keluarga keraton Surakarta Hadiningrat. Tetapi daerah tersebut juga merupakan daerah perkebunan dari keluarga keraton Mangkunegaran, pada masa pemerintahan Raja Mangkunegara V , diceritakan pada waktu itu keluarga-keluarga kerajaan bersama abdinya sedang berkuda ke daerah tersebut, rombongan keluarga berniat untuk berburu dan melihat kebunnya. Tetapi pada waktu itu terdapat suatu keanehan, rombongan kerajaan bertemu kuda dan ayam yang berwarna hitam dari ujung kepala sampai kakinya. Ayam tersebut membuat kagum semua rombongan kerajaan.
Karena rasa kagum dan senangnya pada saat itu daerah tersebut dinamakan Cemani. Diambil dari nama ayam berwarna hitam tersebut yaitu ayam Cemani. Kemudian nama Cemani digunkan sampai sekarang hingga berkembang menjadi sebuah Desa Cemani di wilayah Kec. Grogol Kab. Sukoharjo. Didukuh Cemani lama terdapat makam / petilasan dari keluarga keraton Mangkunegaran dan keraton Kasunanan Surakarta.
Tidak hanya itu ada beberapa fakta unik Desa Cemani antara lain :
1. Nama Desa Cemani
Nama Desa Cemani diambil dari salah satu jenis ayam yang mempunyai ciri fisik berwarna hitam pada seluruh tubuhnya. seperti yang tertulis di atas bahwa penamaan desa Cemani di berikan oleh Keluarga keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.
2. Desa Industri
Desa Cemani bisa disebut sebagai desa Industri karena di lingkup wilayah Desa Cemani terdapat Perusahaan Tekstill yaitu Batik Keris. Perusahaan Batik Keris sendiri telah berdiri sejak tahun 1920 namun baru di akui sebagai PT pada tahun 1970. Perusahaan ini umumnya menghasilkan berbagai macam produk tekstil, seperti baju dan produk kerajinan tangan.Batik Keris menjadi salah satu pendongkrak lapangan kerja bagi masyarakat Cemani sendiri dan sekitarnya. namun tidak hanya Batik Keris , desa Cemani juga mempunyai PT Dan Liris, meskipun sebagian PT. Dan Liris bertempat di kelurahan Banaran tetapi ada juga yang bertempat di Cemani.tidak hanya di bidang tekstil saja Desa Cemani juga mempunyai pabrik PT. Konimex. PT Konimex adalah kependekan dari Kondang Impor Ekspor yang didirikan pada tanggal 8 Juni 1967 oleh Djoenaedi Joesoef. PT Konimex bergerak di bidang Farmasi dan Makanan.
3. Mempunyai PONPES
Tidak Hanya bergerak di bidang Industri, desa Cemani juga bergerak di bidang pendidikan keislaman, yaitu dengan adanya pondok pesantren Al-Mu’min. Pondok pesantren Al-Mu’min didirikan oleh “enam serangkai” antara lain : Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Rosywadi, Abdullah Baradja, Abdul Qohar H. Daeng Matase, dan Hasan Basri. Pondok Al-Mu’min telah menghasilkan banyak santri-santri yang membanggakan.
4. Desa yang mulai tercemar
Ya benar desa cemani mulai tercemar. hal ini disebabkan oleh banyaknya pabrik-parbrik besar yang berada dikawasan desa Cemani. pembuangan limbah ke sungai menjadi salah satu pencemaran yang sering dikeluhkan warga sekitar. hal ini sangat terlihat pada saat musim hujan, yang dimana air dari sungai-sungai kecil meluap ke pemukiman warga dan berwarna hitam pekat.
5. Desa Padat Penduduk
Mungkin yang satu ini sudah terjadi di banyak desa.Kepadatan penduduk adalah imbas dari dampak yang ditimbulkan oleh industri-industri besar pada permukiman di Cemani, Grogol, Sukoharjo, antara lain: munculnya permukiman buruh/pekerja industri, munculnya kawasan permukiman kumuh, polusi air dan kawasan banjir. tidak hanya berhenti disitu, kemacetanpun seringkali terjadi di desa cemani penyebabnya antaralain :
a. Truk kontener/besar milik industri-industri.
Hal ini beberapa kali terjadi bilamana truk pengangkut tekstil ini melintasi desa Cemani pada waktu produktif.
b. Jam berangkat dan pulang kerja / sekolah.
Hal ini sering terjadi karena dampak dari kepadatan penduduk desa Cemani.

Itulah fakta-fakta desa Cemani. Desa Cemani adalah desa produktif, mungkin bisa disebut desa dengan lowongan kerja yang banyak karena banyak nya industri-industri besar yang sangat membantu perekomian warganya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Muh Rizky Fauzi

    Mahasiswa IAIN
    NIM : 161211112
    Broadcast A

    View all posts

    Add comment