Soloensis

Toleransi agama dalam keluarga

IMG_20230406_080935
TOLERANSI AGAMA DALAM KELUARGA

Toleransi agama dalam keluarga 

Devya Monika Maharani adalah namaku, aku biasa dipanggil dengan nama devya,saat ini usiaku 15 tahun.

suatu hari pada bulan ramadhan tepatnya pada tanggal 29 April 2022 saudara saya yang bernama amanda pulang mudik ke rumah saya bersama keluarga besarnya,Amanda dan keluarga nya sampai di rumah pada jam satu siang . Saat itu saya sedang menjalankan ibadah puasa saya beragama Islam dan Amanda,dan keluarga beragama Kristen protestan.

Pada saat saya berpuasa , Amanda yang baru sampai rumah pun dia sangat kelaparan lalu ia mengambil makanan dan makan dengan sembunyi sembunyi agar saya tidak tahu katanya biar saya tidak tergoda dan batal puasa,Akan tetapi adik saya yang berumur 5 tahun mengetahui ketika Amanda makan lalu adik saya bertanya “LOH KAK AMANDA GA PUASA???KOK MAKANN SII??” Kurang lebih adik saya bertanya seperti itu dia tidak mengetahui jika Amanda sepupu saya ini beragama Kristen sebenernya adik saya hanya mengetahui bahwa hanya ada agama Islam lalu Amanda menjawab “Iya kakak ngga puasa kakak kan Kristen kalo kamu kan Islam” lalu adik saya bertanya lagi “HAH? KRISTEN?apa ituu?” Amanda menjawab “Kristen itu adalah sebuah denominasi dalam kesilaman yang menyembah Allah yang merujuk pada gerakan Reformasi Protestan oleh Martin Luther pada tahun 1517 dengan 95 dalilnya. gitu dek” adik pun menjawab “hah apa si kak aku ga ngerti jadi kesimpulannya itu kakak Kristen jadi kakak ga puasa gitu?”Amanda menjawab “iya dek gituuu jangan tanya lagi deh nanti kalo kamu udah besar pasti kamu tau hmm” adik berkata “hmmm iya deh terserah kakak tapi aku pengen makan deh tapi nanti dimarahin mama” lalu aku pun datang dan berkata “udah deh tunggu buka aja dek” adik menjawab “iya deh iya” 

Pada saat menjelang Maghrib Amanda dan saya ikut membantu ibu saya memasak untuk berbuka puasa lalu setelah adzan berkumandang kami semua makan bersama rasanya seru banget bisa berkumpul sama keluarga karna kumpul dengan anggota keluarga dengan lengkap hanya bisa setahun sekali kalo sudah selesai pasti pada mudik masing masing 

Setelah kami makan bersama saya melakukan sholat Maghrib di rumah, lalu setelah selesai sholat Maghrib saya siap siap untuk ke masjid untuk melakukan ibadah sholat isya dan sholat tarawih. karna saya males jalan kaki saya menyuruh amanda untuk mengantarkan saya ke masjid dengan mengendarai motor. lalu saya berterimakasih kepada Amanda karena sudah mengantarkan saya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment